mural
homeforward
Kenal Lebih Dalam dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)

Kenal Lebih Dalam dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, ada banyak bank yang siap memberikan pelayanan terbaik mereka. Tidak hanya bank konvensional, bank syariah pun juga banyak bermunculan. Salah satu bank syariah yang populer di kalangan masyarakat adalah Bank Syariah Indonesia atau BSI. 

Tahukah kamu kalau BSI sebenarnya adalah bank hasil merger? Lalu, apa saja keuntungan membuat tabungan di BSI? Simak semua serba-serbi BSI di sini!

Sejarah Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Sumber: BSI

Singkatnya, bank syariah adalah sebuah bank yang berasaskan pada syariat Islam dalam menjalankan bisnisnya. Itulah mengapa, bank syariah memiliki produk yang cukup berbeda dengan produk-produk dari bank konvensional. 

Salah satunya adalah bagaimana praktik sistem bunga yang dianggap riba tidak dilaksanakan oleh bank syariah. Itulah mengapa bagi sebagian orang, bank syariah adalah bank yang tepat bagi mereka. Nah, Bank Syariah Indonesia datang untuk menjawab pertanyaan masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan bank syariah. 

Sebenarnya, BSI bisa terbilang baru karena secara resmi lahir pada tahun 2021 lalu. Namun, bukan berarti bank syariah satu ini tidak memiliki cukup pengalaman untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pasalnya, BSI merupakan hasil merger dari tiga bank syariah kenamaan, yaitu PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Meskipun saat ini BSI merupakan Bank Syariah Swasta, bukan berarti suatu saat bank ini tidak akan menjadi milik negara. Apalagi, mengingat bahwa pemerintah telah memiliki satu lembar saham Dwiwarna Seri A BSI pada Mei 2022 lalu.

Memangnya, kenapa harus menggunakan BSI?


Baca Juga : Ini Kode Bank BSI untuk Transfer dari Seluruh ATM Bank di Indonesia

Keuntungan yang Ditawarkan BSI

Secara umum, keuntungan menabung di bank syariah adalah nasabah akan terjauhkan dari praktik riba. Hal ini karena digantikannya sistem bunga dengan sistem lain yang lebih sesuai dengan syariat Islam. Jadi, kamu tidak perlu takut menabung atau meminjam modal di bank syariah dan terseret praktik riba yang melanggar norma syariah Islam.

Bank Syariah Indonesia sendiri menawarkan berbagai macam keuntungan bagi nasabahnya, tergantung dari produk yang dipilih. Misalnya, untuk produk BSI Tabungan Easy Wadiah, nasabah akan terbebas dari biaya administrasi bulanan, gratis tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri, dan masih banyak lagi.

Agar kamu lebih paham, berikut adalah beberapa jenis tabungan yang ada di BSI.

Jenis-Jenis Tabungan BSI

Photo by tirachardz on Freepik

Bank Syariah Indonesia sebenarnya memiliki banyak produk tabungan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Biar tidak bingung, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai jenis tabungan yang tersedia di BSI:

1. BSI Tabungan Bisnis

Pertama, BSI menawarkan BSI Tabungan Bisnis yang menjalankan akad Mudharabah Muthlaqah bagi para wiraswasta. Singkatnya, prinsip Mudharabah Muthlaqah merujuk pada kebebasan penerima modal untuk menentukan jenis usaha yang dilakukan. Jadi, pemberi modal hanya perlu memastikan kelancaran pemberian modal usaha serta proses bagi hasilnya.

Baca Juga : Ini Dia Berbagai Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional

2. BSI Tabungan Easy Mudharabah

Lalu, ada produk tabungan yang diberi nama BSI Tabungan Easy Mudharabah. Produk tabungan ini memudahkan nasabahnya untuk menabung dalam mata uang Rupiah karena adanya gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM BSM & Bank Mandiri, fitur mobile banking, dan fitur-fitur lainnya.

3. BSI Tabungan Easy Wadiah

Berikutnya, Bank Syariah Indonesia menawarkan jenis tabungan yang dinamakan BSI Tabungan Easy Wadiah. Produk tabungan ini menjalankan akad Wadiah Yad Dhamanah, yang berarti nasabah menitipkan uangnya kepada bank.

Kemudian, bank berhak memanfaatkan titipan tersebut untuk kegiatan perekonomian. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena bank tetap wajib untuk mengembalikan seluruh uang yang dititipkan kapan saja saat diminta oleh nasabah.

4. BSI Tabungan Junior

Kalau kamu pengin mengajari si kecil menabung sejak dini, BSI menawarkan produk yang bernama BSI Tabungan Junior. Dengan produk ini, si kecil yang berumur di bawah 17 tahun bisa memiliki buku tabungan dan ATM atas nama sendiri. Bahkan BSI membebaskan biaya administrasi bulanannya, lho!

5. BSI Tabungan Mahasiswa

BSI bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk menerbitkan BSI Tabungan Mahasiswa. Tabungan ini akan dijalankan dengan akad wadiah, dan kamu sebagai nasabah akan mendapatkan bonus setiap bulannya sesuai dengan kebijakan bank. Menarik, kan?

Setelah melihat ulasan di atas, apakah kamu jadi pengin punya rekening Bank Syariah Indonesia? Nah, kalau kamu sudah membuat rekeningnya, kamu bisa pakai aplikasi Flip untuk mendukung transaksi keuangan kamu, lho!

Misalnya saja, kamu dapat memindahkan dana dari bank lain ke BSI dengan bebas biaya admin*. Tidak cuma itu, kamu juga bisa top up e-wallet dari BSI dengan menggunakan Flip! Dengan aplikasi Flip, transaksi keuangan antarbank pun jadi lebih mudah, praktis, dan tentunya murah. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Flip sekarang juga!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi