mural
homeforward
Apa Itu Kuota Internet? Simak Pengertian dan Jenis-jenisnya Berikut Ini!

Apa Itu Kuota Internet? Simak Pengertian dan Jenis-jenisnya Berikut Ini!

Internet merupakan salah satu kebutuhan yang krusial bagi kita saat ini. Selain untuk kebutuhan komunikasi, internet juga diperlukan untuk hiburan bahkan berbagai aktivitas bisnis termasuk jual beli. Untuk bisa mengakses internet dari perangkat seluler, kuota internet adalah sesuatu yang kamu perlukan.

Apa yang dimaksud dengan kuota internet? Apa saja kegunaan kuota internet dan jenis-jenisnya? Kita bahas langsung yuk dalam artikel ini!

Baca juga: Mengenal Internet Lokal Telkomsel dan Cara Aktivasinya

 

Pengertian Kuota Internet

jenis kuota internet 1.jpeg

Sumber : Komputer Media

Secara bahasa, kuota internet terdiri atas 2 kata yakni kuota dan internet. Kuota sendiri secara umum bermakna batasan, jatah atau jumlah yang sudah ditentukan alokasinya. Misalnya saja kuota untuk pendaftaran sekolah menunjukkan berapa jumlah murid yang akan diterima untuk satu tahun ajaran.

Jadi, kuota internet bisa dimaknai sebagai jatah atau batasan jumlah data yang bisa kamu akses untuk satu kali pembelian. Misalnya, kamu membeli paket internet dengan kuota 5GB. Setelah kamu mengakses internet dengan besar 5GB, maka kuotamu habis dan kamu tidak akan bisa mengakses internet lagi sampai kamu melakukan pengisian pulsa atau membeli paket internet lagi.

Kuota internet biasanya hanya diberikan oleh provider seluler. Artinya, jika kamu mengakses internet dengan jaringan WiFi, tidak ada kuota yang diberikan oleh penyedia internet dan kamu bisa mengakses internet sesuai dengan ketentuan. Kelebihan kuota internet dibanding dengan non internet adalah kemudahan kontrol penggunaan internet. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikannya dengan bujet dan kebutuhan.

 

Jenis-jenis Kuota Internet

jenis kuota internet 2.jpeg

Sumber : Tribun

Provider seluler biasanya menyediakan berbagai pilihan kuota. Kuota ini dibagi berdasarkan beberapa faktor mulai dari waktu akses atau jenis jaringan yang digunakan. Beberapa jenis kuota internet tersebut antara lain adalah:

1. Kuota utama atau kuota reguler

Jenis kuota ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tanpa batasan waktu penggunaan atau jenis jaringan

2. Kuota malam 

Seperti namanya, jenis kuota ini hanya bisa dipakai di malam hari dengan syarat dan ketentuan tertentu. Misalnya saja kuota hanya bisa dipakai mulai dari pukul 00.00 tengah malam sampai pukul 07.00 pagi

3. Kuota bonus

Kuota bonus biasanya diberikan oleh provider seluler sebagai hadiah atau bonus bagi penggunanya. Kuota bonus juga memiliki syarat penggunaan tertentu yang perlu kamu perhatikan

4. Kuota streaming 

Sesuai dengan namanya, kuota streaming hanya bisa dipakai untuk aktivitas streaming di internet. Misalnya ketika kamu ingin mengakses Youtube, streaming film di Netflix dan lain sebagainya

5. Kuota download

Kuota download seperti namanya, hanya bisa dipakai untuk kebutuhan mengunduh atau men-download file

6. Kuota unlimited

Beberapa provider internet menyediakan kuota unlimited. Meski namanya unlimited atau tanpa batas, tapi sebenarnya ada aturan FUP (Fair Usage Policy) yang ditetapkan. Misalnya saja kamu membeli paket kuota unlimited dengan FUP 15GB. Setelah menghabiskan data 15GB, kamu tetap bisa mengakses internet, hanya saja kecepatannya akan diturunkan

7. Kuota 5G/4G/3G/2G

Jika kamu memiliki kuota 2G/3G dan kamu tidak memiliki kuota reguler atau berada di luar jangkauan jaringan 4G, kamu tetap bisa mengakses internet dengan jenis kuota ini. Ada juga kuota lain yang dikhususkan untuk jaringan 5G saja, 4G saja atau 3G saja. Di luar jaringan tersebut, kuota ini tidak bisa digunakan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua provider menyediakan semua jenis kuota di atas. Aturan penggunaan kuota untuk masing-masing provider juga berbeda-beda. Pastikan kamu memahaminya dengan baik sebelum membeli.

 

Bagaimana Cara Membeli Kuota Internet?

jenis kuota internet.png

Sumber : Pindah Lubang

Setelah mengetahui apa itu kuota internet, kamu juga perlu tahu bagaimana cara membeli kuota internet. Secara umum ada 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk membeli kuota internet antara lain:

  • Lewat USSD. Setiap provide menyediakan nomor USSD untuk mengakses layanan mereka, termasuk membeli paket kuota internet
  • Lewat SMS. Kirimkan SMS dengan format paket yang ingin kamu beli kemudian kirimkan ke nomor provider kamu
  • Lewat aplikasi. Saat ini, semua provider internet sudah memiliki aplikasi masing-masing yang bisa diunduh baik di Google Play Store atau Apple Apps Store. Kamu bisa mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh provider termasuk memilih dan membeli paket kuota internet yang kamu butuhkan
  • Lewat website. Pembelian kuota internet juga bisa dilakukan lewat website masing-masing provider
  • Lewat voucher. Untuk pembelian kuota yang lebih praktis dan mudah, kamu bisa membeli voucher. Voucher tersedia dalam berbagai nominal kuota dan harga beragam, tergantung masing-masing provider.

 

Baca juga: Cari Tahu tentang Kuota OMG di Sini!

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui terkait kuota internet. Mengingat kuota internet adalah kebutuhan yang sangat penting bagi aktivitas harianmu, jangan lupa beli, ya! Sekarang berbagai pilihan paket kuota internet bisa dibeli lewat Flip. Unduh aplikasinya sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_4.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi