mural
homeforward
Kenali Lebih Dekat tentang Jenis Dana Pensiun dan Manfaatnya

Kenali Lebih Dekat tentang Jenis Dana Pensiun dan Manfaatnya

Dalam siklus hidup manusia, menjadi tua adalah suatu kepastian. Saat seseorang menjadi tua, kondisi kesehatan akan makin menurun dan pendapatan juga berkurang karena memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dana pensiun agar saat memasuki usia tua, kondisi keuangan tetap aman dan dapat melakukan perawatan kesehatan sesuai kebutuhan. 

Berikut akan kita bahas tentang pengertian, fungsi, jenis dana pensiun serta manfaatnya.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Gangguan Indovision Di Rumah

Pengertian Dana Pensiun

dana pensiun

Sumber : Envato

Dana pensiun adalah sejumlah dana yang didapatkan dari iuran rutin seseorang, bisa juga ditambah dengan sejumlah laba perusahaan sehingga seseorang berhak mendapatkan dana tersebut saat memasuki usia tua atau pensiun. 

Sementara itu, pengertian produk dana pensiun yaitu produk dari lembaga keuangan yang menghimpun dana dari individu untuk jangka waktu lama agar dapat menghasilkan sejumlah dana yang dapat digunakan di masa tua.

Fungsi Dana Pensiun

Fungsi dana pensiun dapat ditinjau dari tiga sisi, yaitu dari sisi karyawan, sisi perusahaan, dan sisi lembaga penyelenggara dana pensiun. Berikut uraiannya:

Fungsi Dana Pensiun bagi Karyawan

Bagi karyawan, masa tua merupakan masa yang sulit untuk mendapatkan penghasilan aktif, oleh karena itu dana pensiun berfungsi untuk menggantikan pendapatan tersebut. Selain itu, jika pemilik dana pensiun meninggal, dana tersebut dapat diwariskan pada anggota keluarganya.

Fungsi Dana Pensiun bagi Perusahaan

Ditinjau dari sisi perusahaan, fungsi dana pensiun antara lain yaitu sebagai penghargaan terhadap pengabdian karyawannya, meningkatkan motivasi kerja dan produktivitas karyawan, meningkatkan rasa aman bekerja sehingga angka pengunduran diri karyawan dapat dikurangi. Selain itu, pemberian dana pensiun juga meningkatkan citra perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Fungsi Dana Pensiun bagi Lembaga Penyelenggara

Fungsi dana pensiun bagi lembaga penyelenggara yaitu menjadi kesempatan untuk mengelola sejumlah dana agar dapat memberikan keuntungan, karena produk dana pensiun dapat dikategorikan sebagai produk investasi. Selain itu, pengadaan produk dana pensiun juga mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan dana pensiun untuk kesejahteraan 

Jenis Dana Pensiun

Jenis dana pensiun terbagi menjadi beberapa kategori yaitu

Dana Pensiun Manfaat Pasti

Jenis dana pensiun ini merupakan program yang manfaatnya didapatkan dari perusahaan atau pemberi kerja. Dana yang digunakan dalam program ini merupakan hasil potong gaji karyawan ditambah dengan dana dari pemberi kerja. 

Dana Pensiun Iuran Pasti

Dana pensiun iuran pasti disebut juga defined contribution plan merupakan jenis dana pensiun yang iurannya ditetapkan terlebih dulu di awal, selanjutnya iuran beserta hasil pengembanagn dicatat dalam buku rekening peserta.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

DPPK merupakan program dana pensiun yang didirikan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada seluruh atau sebagian karyawannya.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah program dana pensiun yang diselenggarakan oleh bank atau perusahaan asuransi yang terpisah dengan DPLK.

Dan Pensiun dari BPJSTK

Jenis dana pensiun ini diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Program ini sifatnya wajib bagi perusahaan yang telah terdaftar menjadi wajib pajak. Besaran prosentase iuran dana pensiun yang wajib dibayar oleh perusahaan adalah 5,7% setiap bulannya, sedangkan iuran pekerja sebesar 2% per bulan yang diambil dari pemotongan gaji karyawan.

Manfaat Dana Pensiun

dana pensiun

Sumber : Envato

Secara garis besar, dana pensiun memiliki dua manfaat dana pensiun yang utama yaitu

Sebagai Penyambung Hidup di Masa Tua

Manfaat dana pensiun yang utama yaitu untuk membantu seseorang menghadapi masa tuanya. Dana ini dapat membantu kebutuhan finansial di masa tua, dapat digunakan untuk kebutuhan berobat serta mencegah lansia hidup terlantar. Terlantar yang dimaksudkan di sini yaitu mengalami kesulitan fisik, ekonomi, dan psikologis serta tidak tercukupi kebutuhan sandang, pangan, dan papannya.

Dana pensiun juga dapat menunjang kehidupan keluarga. Ketika seseorang menjadi tua, maka potensi untuk mengalami sakit dan kematian semakin besar. Saat seseorang tidak lagi dapat bekerja atau mengalami kematian, tentu hal ini dapat mempengaruhi ekonomi keluarganya. Dana pensiun dapat membantu meringankan kondisi tersebut.

Sebagai Modal Usaha saat Pensiun

Manfaat dana pensiun yang kedua adalah  sebagai modal usaha bagi lansia yang ingin tetap produktif dan mendapatkan penghasilan aktif dari usahanya.

Simulasi Dana Pensiun

Cara sederhana menentukan berapa dana pensiun yang kamu butuhkan yaitu dengan menghitung selisih usia harapan hidup dengan usia pensiun dikali besaran biaya hidup bulanan. Contoh dana pensiun dan perhitungannya:

Kamu pensiun di usia 55 tahun, kemudian perkiraan kamu hidup hingga usia 70 tahun. Maka besarnya dana pensiun yang kamu butuhkan adalah 70-15= 15 dikali besarnya biaya hidup bulananmu dikali 12. Jika besarnya biaya hidup bulanan Kamu sebesar 5 juta maka total dana pensiun yang kamu butuhkan adalah 15x Rp5.000.000,-x 12= Rp900.000.000,-.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Di Australia Yang Asyik Untuk Plesiran

Demikian ulasan tentang jenis dana pensiun, manfaat dana pensiun, dan contoh dana pensiun. Salah satu alternatif investasi yang bisa digunakan untuk persiapan dana pensiun yaitu investasi di Flip. Tak hanya transfer uang ke rekening lokal atau internasional lebih praktis dan cepat, Flip juga menjadi aplikasi pilihan yang terbaik untuk memudahkan kamu membayar tagihan. Mulai dari pembayaran listrik bulananPDAM, keanggotaan BPJS Kesehatan, hingga televisi dan internet

Selain itu, kamu tentunya juga bisa menggunakan Flip untuk isi pulsa dan paket data ponsel, serta mengisi token listrik. Bahkan, kamu pun bisa bersedekah dan membayar zakat lewat Flip! Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Flip ya, download sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi