mural
homeforward
Ini 5 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis yang Bisa Dicoba

Ini 5 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis yang Bisa Dicoba

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2020 atau lebih tepatnya ketika masa pandemi COVID-19, subsidi listrik menjadi salah satu jenis bantuan yang diharapkan. Kehadiran program bantuan sosial ini diharapkan mampu meringankan beban listrik masyarakat yang terdampak COVID-19, utamanya bagi mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. 

Kabar baiknya, pemberian bantuan token listrik gratis masih akan berlanjut di tahun 2023. Tentu saja, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk informasi yang lebih jelas, simak selengkapnya di sini, ya!

Baca Juga : Cara Isikan Token Listrik Praktis, Bisa Dari Jarak Jauh

 

Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Token Listrik Gratis

cara mendapatkan token listrik gratis 1.png

Image by pvproductions on Freepik

Subsidi listrik masih akan berlaku di tahun 2023 sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19. Meski memang, tidak semua masyarakat bisa mendapatkannya, melainkan hanya pelanggan dengan daya listrik 450 VA dan sebagian 900 VA. 

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020, pelanggan golongan 900 VA yang bisa mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen adalah kode R1. Sementara pelanggan 900 VA dengan kode R1M tidak berhak mendapatkan subsidi karena sudah dianggap mampu. Pembagian kategori ini sendiri mengacu pada data yang telah ditetapkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 

 

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

cara mendapatkan token listrik gratis 2.png

Photo by rawpixel.com on Freepik

Untuk kamu yang memenuhi syarat, ini dia beberapa beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan token listrik gratis:

1. Melalui Website PLN

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan mengunjungi laman resmi PLN. Silakan buka situs www.pln.co.id dan pilih menu stimulus COVID-19, token gratis, atau diskon. Kemudian masukkan nomor ID pelanggan di kolom pencarian. Isi kode captcha, dan klik menu cari. Lalu, nomor token listrik gratis atau potongan sebesar 50 persen akan muncul di layar. Simpan nomor tersebut dan masukkan ke kWh Meter sesuai ID pelanggan.

2. Melalui PLN Mobile

Selain melalui website resmi PLN, kamu juga bisa mendapatkan token listrik gratis melalui aplikasi PLN Mobile. Caranya, unduh terlebih dulu aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store dan pastikan telah terinstal di smartphone. Kemudian, buka aplikasi dan pilih menu “Info & promo.” Jika ada pilihan “PLN peduli COVID-19,” klik pada bagian tersebut. Lalu, masukkan nomor meter atau ID pelanggan kamu.

3. Melalui WhatsApp PLN

Tidak ingin men-download dan meng-install aplikasi PLN Mobile? Tenang, kamu masih bisa mendapatkan token listrik gratis melalui WhatsApp. Caranya, kirim pesan berupa nomor ID pelanggan ke nomor 08122123123 dan tunggu sampai kamu mendapatkan balasan otomatis dari PLN berisi langkah selanjutnya.

Ikuti instruksi tersebut dan pilih info listrik gratis/diskon. Kemudian, masukkan nomor ID pelanggan, dan kode token listrik gratis/diskon pun akan langsung muncul. Kamu bisa langsung memasukkannya ke meteran listrik di tempatmu.

4. Melalui Call Center PLN

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi nomor 123 atau Call Center PLN melalui telepon rumah atau smartphone. Setelah terhubung dengan salah satu agen CS PLN, kamu bisa menyampaikan kalau kamu ingin mendapatkan token listrik gratis. Ikuti langkah-langkah yang diberikan, dan pastikan kamu punya pulsa yang mencukupi karena layanan ini dikenakan tarif.

5. Melalui Kantor PLN Terdekat

Selain dengan cara online, kamu bisa mendatangi kantor PLN atau aparat desa yang paling dekat dengan lokasimu. Mana pun tujuan yang kamu pilih, pastikan kamu membawa salinan atau mengingat nomor meteran listrik/ID pelanggan karena kamu akan diminta menyebutkannya. Tunggu sampai proses verifikasi oleh petugas setempat selesai, dan kamu akan mendapatkan nomor token listrik gratis untuk digunakan.


Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan token listrik gratis dengan mudah. Pastikan kamu hanya mendapatkan informasi tentang token listrik dari channel resmi PLN, mulai dari call center sampai WhatsApp, alih-alih bergantung pada iklan subsidi listrik gratis dari internet. Hal ini sangat penting untuk menghindarkanmu dari penipuan dan pencurian data. 

Namun, kalau kamu mau solusi yang aman dan mudah, kamu bisa coba aplikasi Flip yang mudah digunakan! Cukup dengan pilih menu Token Listrik, kamu tinggal memasukkan nomor ID dan memilih nominal saldo sebelum lanjut ke tahap verifikasi. Dengan cara ini, metode pembayaran atau pembelian token menjadi lebih cepat dan praktis. Yuk, rasakan kemudahannya dan download aplikasi Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi