mural
homeforward
Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Apakah kamu termasuk pengguna listrik prabayar? Listrik prabayar adalah layanan alternatif dari PLN yang bisa menggantikan listrik pascabayar. Sejak beberapa tahun ke belakang, PLN mengimbau masyarakat untuk beralih ke listrik prabayar karena beragam keunggulan yang ditawarkan. Misalnya, memudahkan kontrol pemakaian daya listrik sehari-hari, lebih irit pengeluaran, serta bebas mengisi pulsa listrik kapan pun dan di mana pun.

Bicara soal isi ulang pulsa listrik, kadang-kadang seseorang bisa terkendala saat proses pengisian, seperti token listrik gagal terus. Apakah kamu sedang mengalami hal yang serupa? Jika iya, yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya lewat pembahasan berikut!

Baca Juga: Bebas Ribet, Inilah Cara Beli Token Listrik Lewat Flip!

Kenapa Token Listrik Gagal?

token listrik gagal terus

Sumber: Envato

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar? Berikut beberapa penyebabnya:

  • Kekeliruan saat mengetikkan digit kode token ke MPB (Meter Prabayar).
  • Kesalahan teknis instalasi saat layar MPB memunculkan kata “periksa”.
  • Sistem MPB sedang diperbaiki atau diperbarui dari pusat. Pembaruan dan perbaikan ini bertujuan agar performa kWh MPB milik pelanggan bisa tetap bekerja dengan baik.
  • Pelanggan belum menyelesaikan permohonan, seperti perubahan daya. Artinya, proses permohonan harus dituntaskan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menangani problem token listrik yang gagal:

1. Periksa ulang kode token listrik yang sudah dibeli

Kadang-kadang, pelanggan bisa saja salah membaca dan mengisi kode token listrik. Maka dari itu, jika gagal mengisi, bacalah ulang kode yang telah kamu beli dengan saksama. Hal ini untuk mencegah MPB terblokir akibat kekeliruan input hingga tiga kali berturut-turut.

2. Pastikan server PLN sedang bebas gangguan

Server PLN biasanya melakukan perbaikan secara berkala. Jadi, tunggulah sampai servernya pulih sebelum mengetikkan kode token lagi. Kamu bisa cek pengumuman pemulihan server di media sosial resmi PLN.

3. Cek kembali limit kWh

PLN telah mengatur limit maksimum kWh per bulan untuk setiap MPB. Jadi, kamu harus tahu limitnya agar mencegah kegagalan pengisian.

4. Pastikan instalasi listrik dan MPB dalam kondisi aman

Instalasi listrik yang rusak bisa membuat pengisian token gagal. Jika mengalami hal ini, berhenti untuk mengisi token supaya terhindar dari risiko korsleting! Selain itu, kamu bisa mengetahui mesin MPB rusak jika muncul pesan “Blocked” dan lambang telapak tangan pada layar.

5. Hubungi pihak PLN bila kendala masih berlanjut

Kalau cara-cara sebelumnya kurang membantu, segera hubungi PLN. Pihak PLN bisa dihubungi melalui Contact Center di nomor 123, e-mail [email protected], atau jejaring sosial resmi mereka.
 

Isi Token Berhasil dengan Membeli di Tempat Tepercaya

token listrik gagal terus

Sumber: Bank MAS

Selain memahami penyebab dan langkah-langkah penanganan, kamu juga harus tahu cara menghindari isi token listrik gagal. Salah satu caranya adalah dengan membeli pulsa listrik di tempat yang resmi dan tepercaya, seperti Flip.

Kamu bisa melakukan transaksi pulsa listrik secara aman melalui Flip. Biaya administrasi yang ditawarkan oleh platform ini pun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp1.350 untuk setiap nominal yang disediakan. Ditambah lagi, jika mengalami problem saat proses pengisian, tim Flip siap membantumu via live chat 24 jam.

Lalu, bagaimana cara membeli pulsa listrik prabayar di Flip? Cukup ikuti langkah-langkah berikut!

  • Buka aplikasi Flip di perangkatmu. Jika belum memiliki akun, daftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi data-data yang dibutuhkan. Setelah pendaftaranmu diverifikasi, kamu bisa mulai bertransaksi pulsa listrik.
  • Pada halaman “Beranda”, klik menu “Top Up & Tagihan”.
  • Lalu, tekan opsi “Token Listrik” pada submenu “Top Up”.
  • Tuliskan ID Pelanggan atau Nomor Meter milikmu di kolom yang tersedia. Pastikan nomor yang kamu ketikkan sudah benar. Kemudian, tekan tombol centang pada keyboard perangkat sampai muncul kalimat “Mengecek ID Pelanggan / No. Meter...”. Jika nomor yang dimasukkan telah diverifikasi oleh sistem, akan muncul nama pemilik listrik prabayar beserta tanda centang hijau di bawah kolom.
  • Pilih nominal token yang kamu inginkan. Flip menyediakan beragam nominal, mulai dari Rp20.000 hingga Rp1.000.000. Setelah itu, klik “Pilih Pembayaran”.
  • Tentukan metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Pembayaran bisa dilakukan dengan saldo, transfer bank, atau akun virtual. Klik tombol “Pakai Promo” jika ingin mendapatkan diskon atau cashback.
  • Klik “Lanjut” dan lakukan langkah-langkah yang tertera di halaman selanjutnya.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Cek Status Transaksi”. Bila transaksimu sukses, sistem akan langsung mengirimkan bukti transaksi yang berisi kode token.

Ingat! Flip memiliki jam transaksi isi pulsa listrik tersendiri. Kalau kamu membeli token di antara pukul 23.00–01.00 WIB, tak perlu panik saat pemberitahuan transaksi berhasil belum diterima. Hal ini karena transaksi di waktu tersebut baru akan diproses setelah pukul 01.00 WIB.

Baca Juga: Kompor Listrik Berapa Watt? Simak Infonya Di Sini!

Itulah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi token listrik gagal yang perlu kamu ketahui. Agar pengisian pulsa listrik bisa berhasil, jangan lupa untuk selalu membeli tokennya di Flip. Bukan cuma sebagai tempat isi ulang listrik yang resmi dan tepercaya, aplikasi Flip juga mudah digunakan dan menawarkan biaya admin yang terjangkau.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung dapatkan aplikasi Flip secara gratis melalui App Store ataupun Play Store!

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi