mural
homeforward
Catat! Ini Info Kerja Luar Negeri untuk Lulusan SMA hingga S3

Catat! Ini Info Kerja Luar Negeri untuk Lulusan SMA hingga S3

Kesempatan untuk bekerja di luar negeri saat ini semakin tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya info kerja luar negeri yang mudah ditemukan di berbagai platform, baik online maupun offline.

Pada dasarnya, bekerja di luar negeri merupakan pengalaman yang menarik. Selain iming-iming gaji yang menggiurkan, berkarier sebagai pekerja migran juga memberi berbagai wawasan. Namun demikian, bekerja di negeri orang tentu juga penuh risiko. Kamu harus siap jauh dari keluarga dan beradaptasi dengan lingkungan yang sangat berbeda.

Oleh sebab itu, jika kamu berminat untuk kerja di luar negeri, pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Perhitungkan plus-minusnya, dan perkirakan apakah kamu siap dengan segala konsekuensinya. Jangan sampai sudah berjuang dan keluar banyak biaya, kamu malah tidak kuat bekerja jauh dari keluarga.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Peluang Kerja di Luar Negeri

kerja luar negeri

Sumber: Ruang MenYALA

Jika berbicara soal peluang, seperti informasi di awal, tidak bisa dipungkiri kalau kesempatan untuk kerja di luar negeri sangatlah tinggi. Dikutip dari GoodStats, sepanjang semester pertama tahun 2023 ini ada sekitar 135.791 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ditempatkan di luar negeri.

Sebagian besar dari mereka bekerja di negara-negara  Asia. Di samping itu, ada juga yang dikirim ke wilayah Eropa, Amerika, hingga Afrika. Persebarannya hampir merata di seluruh penjuru dunia.

Tingginya jumlah PMI ini tak lepas dari adanya info kerja luar negeri yang tersebar di mana-mana. Selain itu, mudahnya syarat kerja yang dibutuhkan juga turut memengaruhi. Misalnya, kesempatan kerja di luar negeri terbuka bagi lulusan SMA hingga S3. Bahkan, tidak sedikit lulusan SMP yang berhasil menembusnya.

Sektor Pekerjaan di Luar Negeri untuk Warga Asing

Ada banyak sektor pekerjaan di luar negeri yang bisa dipilih oleh para PMI. Sepanjang Januari hingga Juni 2023 ini, Katadata telah merangkum bahwa lebih dari 50 persen PMI yang berangkat ke luar negeri bekerja di sektor formal. Jumlahnya sekitar 77.350 orang, dan sisanya, 58.441 PMI, bekerja di sektor informal.

Secara umum, berikut ini adalah berbagai sektor pekerjaan di luar negeri sebagaimana dilansir dari Kompas.

  • Asisten rumah tangga
  • Pengasuh
  • Karyawan
  • Pramusaji
  • Buruh pertanian dan perkebunan
  • Buruh industri
  • Operator
  • Perawat, dan sebagainya.

Di samping itu, masih banyak sektor pekerjaan lain yang bisa digeluti selama bekerja di luar negeri. Semua menyesuaikan minat dan skill yang dimiliki oleh para PMI.

Negara Tujuan Favorit PMI

kerja luar negeri

Sumber: VOI

Ketika sudah memutuskan untuk bekerja di luar negeri, maka calon PMI wajib mencari info kerja luar negeri sebanyak-banyaknya. Hal ini perlu dilakukan untuk memperoleh sektor pekerjaan sekaligus negara tujuan sesuai dengan harapan.

Nah, sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah daftar negara yang paling banyak didatangi PMI sepanjang Januari hingga Juni 2023.

  • Taiwan (39.178 PMI).
  • Malaysia (38.478 PMI).
  • Hong Kong (33.639 PMI).
  • Korea Selatan (6.999 PMI).
  • Jepang (4.927 PMI).
  • Singapura (2.572 PMI).
  • Arab Saudi (2.424 PMI).
  • Turki (1.632 PMI).
  • Italia (1.535 PMI).
  • Polandia (807 PMI).

Kisaran Gaji Kerja di Luar Negeri

Ada berbagai hal yang memengaruhi gaji PMI, sehingga membuat jumlahnya sangat beragam. Selain skill, sektor pekerjaan, dan tingkat pendidikan, besar kecilnya gaji PMI juga dipengaruhi negara tempat mereka bekerja.

Dikutip dari Kumparan, inilah urutan negara yang menggaji PMI dari paling tinggi ke rendah. Pencari info kerja luar negeri juga harus tahu.

  • Finlandia, sekitar Rp30 juta per bulan.
  • Jepang, sekitar Rp17 juta per bulan.
  • Singapura, sekitar Rp15 juta per bulan.
  • Taiwan, sekitar Rp12,6 juta per bulan.
  • Korea Selatan, sekitar 8-10 juta per bulan.
  • Turki, sekitar Rp8 juta per bulan.

Website Info Kerja Luar Negeri

Jika beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, serta Jerman, memiliki prosedur G to G dalam penerimaan PMI, negara-negara lain banyak yang menawarkan lowongan pekerjaan mereka kepada tenaga kerja asing melalui berbagai website. Berikut ini beberapa website penyedia informasi untuk kerja di luar negeri bagi lulusan berbagai jenjang pendidikan.

Itulah beberapa hal terkait info kerja luar negeri yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menjadi seorang PMI. Demikian halnya jika kamu ingin transfer dana ke luar negeri, sebelumnya kamu juga mesti tahu platform-platform mana yang cocok dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: Lengkap! Ini Cara Dan Rincian Biaya Pembuatan Paspor

Khusus untuk transfer dana antarnegara, Flip adalah solusinya. Melalui fitur Flip Globe yang dimiliki, kamu bisa transfer dana ke lebih dari 50 negara secara mudah dan murah.

Cukup unduh aplikasi Flip di Play Store (pengguna android), maupun  App Store (pengguna iPhone), dan pilih Flip Globe untuk bertransaksi ke luar negeri. Pakai Flip, semua pasti jadi lebih hemat!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi