Tutorial | 27 Oktober 2023
Oleh : Rizqi Akbar
Istilah HFIS BPJS Kesehatan mungkin tidak terlalu dikenal oleh banyak orang. Namun, jika kamu memiliki faskes (fasilitas kesehatan) atau bekerja di faskes yang ingin bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kamu wajib tahu apa itu HFIS.
Baca Juga: 9 Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan, Online Dan Offline
Photo credit: SehatQ
Health Facilities Information System atau disingkat HFIS adalah aplikasi berbasis situs web yang bisa diakses oleh calon faskes yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar proses kerja sama antara BPJS Kesehatan dan faskes bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.
Setelah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, faskes dapat menggunakan aplikasi HFIS untuk melihat data profil faskes dan mengajukan perubahan data.
Terdapat perbedaan hak akses antara calon faskes dan faskes yang sudah bekerja sama dalam penggunaan aplikasi HFIS. Bagi calon faskes, aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat proses kerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Sedangkan bagi faskes yang sudah bekerja sama, aplikasi HFIS berfungsi untuk melihat profil faskes dan mengajukan perubahan data yang perlu mendapat persetujuan dari Kabid BPJS Kesehatan di kantor cabang terkait.
Selain itu, sebagaimana dilansir dari website kemhan.go.id, manfaat HFIS BPJS Kesehatan lainnya adalah aplikasi ini juga ikut berperan dalam proses pelayanan rujukan online bersama dua aplikasi lain, yaitu PCare dan VClaim.
Dalam hal ini, PCare berguna untuk menerbitkan rujukan ke FKRTL, HFIS berfungsi untuk menyediakan informasi profil fasilitas kesehatan yang akan digunakan dalam rujukan, sementara VClaim digunakan untuk menerima rujukan dari PCare dan menjembatani rujukan antar rumah sakit.
Photo credit: DetikFinance
Sebelum dapat menggunakan HFIS, calon faskes perlu mengirim surat permohonan kerja sama ke kantor cabang BPJS, baik melalui kunjungan langsung, pos, atau email. Pendaftaran akun HFIS akan dilakukan oleh staf BPJS. Setelah itu, calon faskes akan menerima email aktivasi, lengkap dengan username dan password.
Selanjutnya, faskes harus mengaktifkan akun tersebut dengan mengeklik tautan yang dikirim melalui email. Setelah aktivasi berhasil, faskes dapat masuk ke akun HFIS dengan menggunakan username dan password yang diterima.
Selanjutnya, faskes bisa mulai mengentri data dan melakukan self-assessment. Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana disadur dari buku User Manual Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan:
Setelah pengajuan kerja sama disetujui, faskes akan akan mendapatkan hak akses baru, yaitu meninjau data profil faskes dan mengajukan perubahan data dengan persetujuan Kabid BPJS Kesehatan Kantor Cabang. Berikut langkah-langkahnya.
Saat mengajukan perubahan data faskes, perhatikan hal-hal penting berikut:
Demikianlah informasi tentang HFIS BPJS Kesehatan, mulai dari pengertian, fungsi, hingga penggunaannya. Meskipun aplikasi HFIS lebih ditujukan untuk faskes daripada peserta BPJS, tetapi manfaatnya juga dapat dirasakan peserta karena aplikasi ini terhubung dengan Aplicares.
Baca juga: Gak Ribet Kok, Begini Cara Skrining BPJS Kesehatan!
Dengan Aplicares, peserta JKN dapat mengakses informasi penting terkait faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, termasuk ketersediaan kamar. Namun, jangan lupa untuk membayar iuran tepat waktu agar kamu tetap bisa menikmati layanan di faskes mitra BPJS.
Nah, agar pembayaran BPJS Kesehatan bisa lebih hemat dan praktis, kamu bisa gunakan Flip untuk membayar tagihanmu. Yuk, download Flip sekarang juga!
Bagikan