mural
homeforward
Edabu BPJS Kesehatan: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftarnya

Edabu BPJS Kesehatan: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftarnya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau disingkat BPJS Kesehatan adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah dengan tujuan utama yaitu memberi jaminan kesehatan bagi semua Warga Negara Indonesia. Dalam operasionalnya, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai fasilitas dan manfaat untuk memudahkan peserta mendapatkan akses kesehatan terbaik. 

Adapun manfaat yang diperoleh pada setiap peserta termasuk pelayanan pengobatan sekaligus pencegahan penyakit, tidak terbatas pada pemberian obat dan penanganan medis sesuai dengan diagnosis. Agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, BPJS Kesehatan meluncurkan suatu aplikasi bernama Edabu BPJS kesehatan. 

Baca Juga: Kenapa Token Listrik Cepat Habis? Ternyata, Ini Penyebabnya!

Apa Itu Edabu BPJS Kesehatan?

edabu bpjs

Sumber : Sehatq

Jadi, apa itu Edabu BPJS kesehatan? Ini adalah suatu aplikasi atau sistem yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan utama untuk memberikan kemudahan bagi organisasi dalam memproses pendaftaran, memperbarui data, pembayaran iuran, dan aktivitas lainnya.

Munculnya aplikasi ini tentunya sangat bermanfaat. Sebab, tak sedikit organisasi maupun badan usaha peserta yang tercatat dalam BPJS Kesehatan mengalami kesulitan untuk memproses pendaftaran para karyawan. Inilah fungsi utama dari aplikasi yang bernama New Edabu atau Elektronik Data Badan Usaha BPJS Kesehatan. 

Melalui aplikasi ini, peserta (dalam hal ini adalah perusahaan) dapat memasukkan data para karyawan lebih mudah secara online. Sebenarnya, Edabu sendiri telah mengalami pembaruan hingga beberapa kali. Pertama pada tahun 2015 dan berikutnya tahun 2019 yang bernama Edabu 4.2. Pembaruan ini tentu saja tak lepas dari tujuan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pengguna. 

Kegunaan Edabu BPJS Kesehatan

Pemerintah mewajibkan semua Warga Negara Indonesia untuk bergabung dalam program BPJS Kesehatan. Namun, aktualisasi di lapangan menggambarkan banyak kesulitan dari para calon peserta yang ingin bergabung menjadi anggota, terutama dari badan usaha. 

Sebab, ada aturan yang menyebutkan bahwa iuran keanggotaan BPJS Kesehatan penerima kerja akan dibayarkan sebagian oleh pemberi kerja. Adanya aplikasi Edabu BPJS Kesehatan kali ini tentu saja sangat membantu para pemberi kerja yang memiliki banyak karyawan , terutama di bagian personalia atau HRD. 

Sebab, melalui aplikasi satu ini, badan usaha bisa mendaftarkan keanggotaan para karyawan lebih mudah dan cepat. Inilah yang menjadi kegunaan Edabu BPJS Kesehatan yang paling utama. Dengan begitu, perusahaan dapat berfokus pada kesejahteraan karyawan dengan lebih baik dan lebih efektif lagi. 

Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan

edabu bpjs

Sumber : Laci Usang

Bagi pemilik usaha yang ingin mendaftarkan keanggotaan para karyawan melalui aplikasi Edabu BPJS Kesehatan, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa diikuti: 

Siapkan data diri

Pertama, siapkan data diri dengan lengkap. Ini termasuk salinan kartu identitas (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Sementara itu, jika kamu ingin mengakses data dalam jumlah besar, sebaiknya siapkan dalam format excel. Jika sudah, kamu dapat memulai memasukkan semua data dalam aplikasi. 

Masukkan data peserta

Lalu, login ke Edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu/Home/Login dan masukkan nama pengguna dan kata sandi. Jika kamu belum punya keduanya, pastikan untuk melakukan pendaftaran lebih dulu melalui menu Registrasi. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini. 

  • Pilih menu Data Peserta, lalu lanjutkan dengan menu Tambah Peserta.
  • Isikan data diri peserta secara lengkap, seperti e-KTP. Selain itu, pastikan nomor KTP memang tercatat pada Dukcapil. 

Pilih Faskes

Cara daftar Edabu BPJS Kesehatan selanjutnya adalah memilih layanan Fasilitas Kesehatan atau Faskes. Kamu bisa menemukan Faskes pada menu Fasilitas Kesehatan. Pastikan kamu memilih layanan Faskes yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal peserta nantinya. 

Memilih Unit Kerja

Berikutnya, kamu bisa memilih unit kerja peserta dan isi semua informasi yang dibutuhkan. Apabila kamu ingin mendaftarkan anggota keluarga lain dari peserta, pilih menu Tambah Keluarga pada aplikasi.

Pilih menu Approval

Jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi dan tersimpan dengan baik, kamu bisa melanjutkan dengan memilih menu Approval, lalu Approval Peseta Baru, lanjutkan dengan Jenis Mutasi, dan terakhir Lihat Data. Tanggal yang tersimpan pada halaman aplikasi tersebut merupakan tanggal menyimpan data peserta yang baru kamu masukkan. 

Mengecek tiket pengiriman

Kalau kamu sudah memenuhi semua cara daftar Edabu BPJS Kesehatan tadi, maka data yang kamu isikan sudah terekam dengan baik oleh pihak BPJS Kesehatan. Kamu bisa kembali pada Menu Home untuk bisa melakukan pengecekan tiket pengiriman. Selain itu, kamu juga dapat mengunduh seluruh informasi tadi untuk mendapatkan keterangan registrasi yang lebih lengkap. 

Pengecekan nomor BPJS Kesehatan

Setelah itu, kamu bisa melakukan pengecekan nomor peserta BPJS Kesehatan. Caranya seperti berikut ini. 

  • Pilih menu Data Peserta, lalu pilih lagi Menu Mutasi Peserta.
  • Isikan semua informasi sesuai kebutuhan, misalnya nama peserta pada kolom yang sudah tersedia. 
  • Lanjutkan dengan klik tombol Cari dan semua data dari peserta secara lengkap akan muncul, berikut nomor keanggotaan BPJS. Selanjutnya, kamu bisa mencetak kartu dari e-ID. 

Baca Juga: Catat Ya! Begini Cara Cek BPJS Aktif Atau Tidak

Itu tadi ulasan mengenai Edabu BPJS Kesehatan yang pastinya sangat bermanfaat untuk para perusahaan. Jangan lupa untuk membayar iuran keanggotan tepat pada waktunya. Gunakan aplikasi Flip untuk memudahkan pembayaran tagihan. Semoga bermanfaat!

new banner bpjs
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi