mural
homeforward
Daya Listrik 1300 Watt Bisa untuk Apa Saja? Simak Tips Hemat Penggunaan Tokennya

Daya Listrik 1300 Watt Bisa untuk Apa Saja? Simak Tips Hemat Penggunaan Tokennya

Daya listrik 1300 watt adalah besaran kapasitas listrik yang cukup banyak digunakan dalam golongan rumah tangga kecil pada tegangan rendah. Dibandingkan dengan kapasitas 900 watt, listrik 1300 watt lebih bisa diandalkan ketika menggunakan berbagai perangkat elektronik. Jadi, daya listrik 1300 watt bisa untuk apa saja?

Baca Juga: Cara Mudah Isi Token Listrik pada Meteran Anti Ribet

Peralatan Elektronik yang Bisa Digunakan dengan Daya 1300 Watt

daya listrik 1300 watt

Sumber: Envato

Sebelumnya, Anda harus mengetahui bahwa daya 1300 watt, atau lebih tepat disebut dengan daya 1300 VA, tidak memiliki kapasitas full sebanyak 1300 watt. Hal ini karena adanya konversi daya akibat power factor yang memengaruhinya.

Cara menghitungnya yaitu daya VA x power factor = daya watt. Dengan asumsi rata-rata power factor sebesar 0,8, maka total penggunaan listriknya adalah 1300 x 0,8 = 1040. Inilah total kapasitas yang bisa Anda gunakan sehari-hari.

Nah, untuk rumah tangga yang tercatat memiliki daya 1300 watt, Anda masih bisa menggunakan beberapa peralatan elektronik berikut ini:

1. Mesin cuci

Bergantung pada mereknya, mesin cuci cenderung memakan daya listrik cukup besar, terutama jika digunakan untuk mencuci dengan mode pencucian cepat. Mode ini memungkinkan alat untuk bekerja lebih keras karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit supaya pakaian bisa selesai dicuci.

Normalnya, mesin cuci front loading membutuhkan daya sekitar 400-450 watt. Sementara itu, mesin cuci dua tabung rata-rata menghabiskan daya sekitar 190-420 watt. Konsumsi daya juga tergantung pada kapasitas mesin cuci dan lama pemakaian.

2. AC

AC atau air conditioner memerlukan daya listrik yang cukup besar, terutama jika digunakan saat musim panas. Oleh karena itu, penggunaan AC inverter lebih disarankan supaya bisa menyesuaikan dengan output AC dan tetap membuat ruangan Anda sejuk.

Rata-rata pemakaian AC pada rumah tangga adalah ½ sampai 1 PK. AC ½ PK rata-rata memakan daya sekitar 350-400 watt, sedangkan AC 1 PK memerlukan daya sekitar 700-800 watt. Jika rumah Anda hanya memiliki kapasitas listrik 1300 watt, sebaiknya pilih AC ½ PK saja.

3. Kulkas

Kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang memerlukan daya konstan dan harus menyala selama 24 jam. Besarnya daya yang diperlukan tergantung pada tipe kulkas, apakah 1 pintu atau 2 pintu, dan kapasitas kulkas itu sendiri.

Kebanyakan kulkas 1 pintu memerlukan daya 70-150 watt, sedangkan kulkas 2 pintu memerlukan 100-250 watt. Penggunaan daya listrik kulkas harian bisanya antara 1-2 kWh, atau antara 72 kWh per bulan. 

4. Oven listrik

Penggunaan oven listrik pada rumah tangga dengan daya listrik 1300 watt kurang disarankan. Namun, lain halnya jika Anda pilih oven low watt. Rata-rata oven listrik low watt membutuhkan daya 800 watt untuk beroperasi.

Namun, daya tersebut dibagi menjadi dua, yakni 400 watt untuk pemanas atas dan 400 watt untuk pemanas bawah. Untuk menggunakannya, pastikan tidak ada perangkat elektronik yang memerlukan daya besar lainnya menyala secara bersamaan. 

Baca Juga: 4 Cara Beli Token Listrik Mudah dan Hemat

Tips Hemat Penggunaan Listrik 1300 Watt

beli token dan bayar listrik di flip

Nah, sekarang Anda sudah punya gambaran soal daya listrik 1300 watt bisa untuk apa saja. Pastikan perangkat elektronik yang ada tidak melebihi daya tersebut. Anda juga bisa lakukan tips berikut untuk menghemat penggunaan listrik bulanan.

1. Pakai lampu LED

Lampu merupakan benda yang wajib ada di setiap rumah. Jika Anda ingin hemat penggunaan listrik bulanan, pakailah lampu LED yang memiliki kapasitas penerangan lebih terang, tidak panas, dan tentunya hemat energi. Lampu LED dengan watt kecil saja sudah cukup untuk menerangi kamar tidur Anda.

2. Cabut steker dari colokan saat tidak digunakan

Ini adalah hal penting yang sering disepelekan oleh banyak orang. Anda mungkin sering membiarkan steker charger ponsel tetap terhubung meski tidak digunakan. Padahal, hal ini bisa terus memakan daya listrik rumah Anda. 

Meski konsumsi daya listriknya tidak seberapa, mencabut steker dari colokan juga bisa mencegah terjadinya korsleting listrik yang membahayakan.

3. Pindah ke listrik prabayar

Sistem listrik prabayar PLN alias token secara tidak langsung bisa membuat Anda lebih hemat dalam menggunakan listrik. Ini karena Anda bisa memantau penggunaan listrik 1300 watt per bulan, dan bisa mengatur pemakaian alat elektronik supaya tidak terjadi pemborosan.

4. Bayar listrik atau beli token melalui Flip

Flip menyediakan layanan pembayaran listrik bulanan atau pembelian token dengan biaya admin yang murah. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih hemat dalam pengeluaran listrik bulanan dibandingkan membeli di penyedia token PLN lainnya. Selain itu, Flip juga memiliki layanan lain seperti bayar tagihan PDAM, dan BPJS Kesehatan.

Nah, itulah informasi jika Anda bertanya-tanya kira-kira daya listrik 1300 watt bisa untuk apa saja. Anda bisa memilih perangkat elektronik yang memiliki fitur hemat energi untuk menekan pengeluaran listrik bulanan.

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi