mural
homeforward
5 Langkah Cek Kecepatan Internet First Media

5 Langkah Cek Kecepatan Internet First Media

Jaringan internet atau wi-fi lemot memang bikin sebal, apalagi kala dikejar deadline atau saat kamu sedang asyik streaming drama Korea favorit. Kapasitas jaringan, jenis modem, jenis perangkat, jarak perangkat ke router wi-fi, dan aplikasi yang sedang dipakai, adalah beberapa faktor yang bisa memengaruhi kecepatan internet.

Jadi penasaran, seberapa cepat sih kecepatan jaringan internet First Media yang kamu gunakan saat ini? Untuk tahu jawabannya, yuk lakukan speedtest First Media melalui cara-cara berikut!

Baca Juga: Paket FirstMedia: Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Hiburan dan Internetmu

Speedtest via Ookla

tips speedtest internet firstmedia

Sumber: Unsplash

Cara pertama adalah via platform besutan Ookla, yakni Speedtest. Kamu bisa melakukan speedtest First Media melalui browser di ponsel atau laptop/PC dengan langkah-langkah:

  1. Buka alamat www.speedtest.net di browser.
  2. Ketuk tombol “GO”.
  3. Setelah beberapa saat, sistem akan menampilkan detail seputar koneksi internet kamu, seperti kecepatan mengunggah, kecepatan mengunduh, dan besaran Ping.

Selain itu, kamu juga bisa menginstal aplikasi Ookla di ponsel dan membuka aplikasinya kapan saja untuk mengecek kecepatan internet. Perlu diingat bahwa setiap perangkat yang kamu pakai mungkin punya kecepatan internet yang berbeda-beda.

SpeedSmart

SpeedSmart, layanan Bandwidth Place yang rilis pada 2002 lalu ini bisa dipakai untuk melihat seberapa cepat jaringan First Media kamu. Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Akses laman https://www.bandwidthplace.com/ 
  2. Ketuk tombol “Start”. 
  3. Selanjutnya, akan muncul informasi provider, kecepatan unduh, dan kecepatan unggah internet kamu.

Google Internet Speed Test

Opsi untuk speedtest First Media berikutnya adalah melalui layanan dari Google, yaitu Internet Speed Test. Ikuti langkah mudahnya di bawah:

  1. Akses website https://fiber.google.com/speedtest/.
  2. Ketuk tombol “GO”.
  3. Tunggu hingga tampilan layar menunjukkan info seputar kecepatan unduh, kecepatan unggah, jitter, dan kecepatan Ping.

Fast.com

Cara ini cukup praktis karena kamu tidak perlu meng-klik tombol apapun. Jadi, langsung saja buka browser, ketik alamat https://fast.com/, lalu Enter atau OK. Sistem akan langsung melakukan pengecekan dan menampilkan informasi kecepatan jaringan wi-fi kamu. Bila ingin melihat rincian kecepatan unggah dan lainnya, ketuk tombol “Show More Info”.

Meter.net

Speedtest First Media juga bisa dilakukan via Meter.net. Caranya cukup buka browser dan akses alamat https://www.meter.net/ lalu ketuk button “Start”. Tunggu sejenak hingga layar menampilkan data kecepatan koneksi wi-fi yang sedang digunakan, seperti jitter, kecepatan Ping, kecepatan download, juga kecepatan upload.

Tips Sebelum Cek Kecepatan Internet

cara tes speed internet firstmedia

Sumber: Unsplash

Pada dasarnya, kamu bisa langsung mengecek kecepatan jaringan wi-fi kapan saja. Namun, bila ingin mendapat hasil yang relevan dan lebih akurat, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut sebelum mengukur kecepatan koneksi internet:

1. Pastikan tidak ada aktivitas internet di perangkat lain

Bila ada perangkat lain mengakses jaringan internet yang sama denganmu, sebaiknya hentikan untuk sementara waktu. Pasalnya, aktivitas internet yang intensif pada perangkat lain bisa memengaruhi hasil speedtest.

2. Stop aplikasi yang memakan banyak bandwidth

Sebelum melakukan speedtest First Media, tutup semua program atau aplikasi yang sudah tidak digunakan atau terindikasi memakan banyak bandwidth, misalnya: unduhan atau streaming video.

3. Restart modem atau router

Bagi yang belum familier, router adalah perangkat yang mengalirkan koneksi internet melalui kabel LAN atau wi-fi. Nah, lakukan restart pada modem kamu untuk memperbarui koneksi.

4. Restart perangkat

Tidak hanya modem yang perlu dimulai ulang. Perangkat seperti laptop atau PC/laptop pun sebaiknya di-restart terlebih dahulu agar speedtest bisa dilakukan dengan kondisi perangkat yang prima.

5. Bersihkan cache

Secara sederhana, cache itu layaknya ruang penyimpanan sementara di browser, software, maupun hardware. Cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab koneksi wi-fi melambat. Untuk itu, bersihkan dulu cache pada perangkatmu sebelum melakukan speedtest.

Baca Juga: Indihome vs Firstmedia, Adu Provider WiFi Terbaik

6. Pilih waktu speedtest yang efektif

Beberapa penyedia layanan internet bisa mengalami lonjakan penggunaan pada jam-jam tertentu. Hal ini bisa memberi dampak signifikan pada kecepatan internet kamu. Untuk mengakali ini, kamu bisa melakukan pengecekan koneksi internet pada beberapa waktu berbeda dalam sehari.

7. Hanya gunakan layanan speedtest tepercaya

Meski kadang menampilkan data yang tidak sama persis, lima laman speedtest di atas disediakan oleh sumber kredibel, sehingga aman diakses. Jadi, tidak perlu ragu untuk mencobanya, ya.

Demikian lima cara mudah melakukan speedtest First Media untuk melihat seberapa cepat koneksi wi-fi yang kamu pakai. Kamu bisa melakukannya secara berkala, terutama ketika koneksi internet terasa mulai lemot.

Jangan lupa, pastikan membayar tagihan tepat waktu agar internet kamu tidak diputus. Nah, buat urusan bayar tagihan internet, kamu mesti pakai Flip. Kenapa? Pertama, cukup melalui ponsel dan bisa selesai dalam hitungan menit. Selain itu, bayar tagihan First Media di Flip itu lebih hemat biaya! Memang boleh semudah dan sepraktis ini? Ayo mulai pakai Flip dari sekarang!

bayar tagihan internet & tv kabel di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi