mural
homeforward
Ini Dia 6 Cara Transfer Uang yang Kamu Wajib Tahu!

Ini Dia 6 Cara Transfer Uang yang Kamu Wajib Tahu!

Cara transfer uang di zaman yang lekat dengan transaksi online seperti sekarang ternyata sangatlah banyak. Soalnya, perkembangan teknologi sudah semakin cepat dan canggih untuk mengakomodasi kemudahan pengguna. 

Maka dari itu, sudah ada banyak bank di tanah air yang menyediakan metode transfer uang dari mana saja. Ya, bahkan di saat kamu tidak memiliki rekening bank. Apa saja metode yang bisa kamu gunakan? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Baca Juga: Serba-serbi Internet Banking di Indonesia

1. Transfer Uang Antar Rekening Bank 

cara transfer uang antar rekening bank

Sumber: Freepik

Dalam dunia perbankan, cara transfer uang yang satu ini adalah metode yang paling sering digunakan. Misalnya, kamu bisa mengirim uang ke orang yang memiliki rekening di bank yang sama dengan milikmu. Cara ini sangat praktis karena kamu hanya perlu memasukkan nominal yang mau ditransfer, meng-input PIN transaksi supaya aman, dan uang akan langsung masuk ke rekening tujuan! Bahkan, kamu sama sekali tidak dikenakan biaya tambahan untuk transaksi ini.

Tapi, bagaimana kalau orang yang ingin kamu kirimkan uang malah punya rekening di bank berbeda? Tenang, kamu tetap bisa melakukan transfer antarbank, kok! Tapi, khusus untuk transaksi ini, biasanya kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp6.500,00. 

Di sisi lain, nominalnya bisa lebih rendah atau tinggi bergantung dari metode yang kamu gunakan. Contohnya, untuk transfer antarbank melalui ATM Link, kamu dapat menghemat biaya transfer jika bank rekening tujuanmu tergabung dalam jaringan ATM Link Himbara.

2. Transfer Uang dari Pengirim yang Belum Memiliki Rekening

Apakah kamu bisa mengirim uang ke orang yang punya rekening bank, tapi kamu sendiri malah belum memilikinya? Tenang saja, karena jawabannya bisa! Cara transfer uang satu ini mengharuskanmu datang ke kantor cabang bank terdekat di daerahmu sambil membawa sejumlah uang tunai. 

Setelah mengambil nomor antrean, kamu akan diminta mengisi dokumen atau formulir transfer yang berisi rekening tujuan serta nominal yang akan kamu transfer. Lalu, kamu tinggal menunggu hingga nomor antreanmu dipanggil. Kalau giliranmu sudah tiba, kamu akan dilayani oleh teller bank yang bertugas memproses permohonan pengiriman uangmu. Tunggu sampai mereka selesai, dan kamu akan mendapatkan bukti transfer. 

Simpanlah bukti transfer ini untuk berjaga-jaga, terutama kalau penerima uangmu ingin mendapatkan kabar bahwa kamu sudah mengirim dana. Tapi, perlu diingat bahwa proses transfer uang dengan metode ini memiliki biaya administrasi yang berbeda-beda di tiap bank, bergantung dari kebijakannya.

3. Transfer Uang Tanpa Rekening Bank 

Transfer uang tanpa rekening

Sumber: Freepik

Terakhir, ada cara transfer uang yang bisa kamu lakukan kalau baik kamu maupun penerima dana sama-sama tidak punya rekening bank. Apa saja contohnya? Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga metode berikut ini: 

Datang ke Bank

Cara pertama untuk melakukan transfer uang tanpa rekening bank adalah dengan langsung mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Langkah-langkah yang harus kamu selesaikan pun tidak berbeda jauh dengan cara transfer uang ke penerima dengan rekening bank di saat kamu tidak punya. 

Wesel Pos

Cara kedua adalah melalui wesel pos yang langkah-langkahnya mirip dengan proses transfer di bank. Hanya saja, kamu perlu mendatangi kantor pos yang paling dekat dengan lokasimu. Di sana, kamu perlu mengisi formulir transfer uang, tujuan pengiriman, lalu membayar biaya pengiriman, dan terakhir adalah tanda tangan dan simpan struk pembayaran. Penerima transfer uang melalui wesel pos ini harus mengambil uangnya di kantor pos juga.

Baca Juga: Kode Bank CIMB Niaga untuk Transfer Uang

Western Union

Cara terakhir adalah melalui penyedia jasa transfer uang Western Union (WU). WU melayani permintaan transfer uang secara internasional, termasuk saat kamu ingin menerima uang dari luar negeri. Sehingga, metode ini cocok untuk kamu yang sering berbisnis dengan pelaku usaha mancanegara atau ingin mengirim uang ke orang tercinta di negara yang berbeda.

Dengan banyaknya pilihan cara transfer uang di zaman sekarang, kamu hanya perlu memilih metode yang paling pas dengan kebutuhan dan kondisimu. Selain cepat dan mudah, layanan transfer uang dari bank maupun penyedia jasa lainnya sudah terjamin aman karena dana akan segera masuk ke rekening tujuan. 

Tapi, kalau kamu ingin cara kirim uang yang lebih gampang dan cepat, gunakan saja aplikasi Flip! Flip menawarkan proses verifikasi transaksi hanya dalam waktu kurang dari 10 menit dan dukungan untuk ratusan bank di tanah air. Kabar gembiranya, proses transfer uang ini juga hanya memerlukan biaya admin yang sangat murah, sehingga jadinya lebih hemat! Yuk, buat hidupmu lebih praktis dengan download Flip!

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat


 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi