mural
homeforward
7 Cara Transfer Uang Tanpa Kartu ATM, Praktis Tanpa Ribet

7 Cara Transfer Uang Tanpa Kartu ATM, Praktis Tanpa Ribet

ATM membantu pemilik rekening bank untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti menarik uang dan melakukan transfer, tanpa harus mengunjungi teller. Hampir seluruh nasabah saat ini sudah memiliki kartu ATM. Namun demikian, ada saja pengalaman nasabah merasa kesulitan bertransaksi karena kartu ATM habis masa berlaku atau ketinggalan di rumah. 

Nah, jika kamu juga mengalami kondisi ini, tujuh cara transfer uang tanpa kartu ATM berikut mungkin bisa membantu.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang yang Bagus di Indonesia

1. Melalui Teller Bank

transfer uang tanpa atm

Sumber : Envato

Salah satu fungsi ATM adalah menggantikan peran teller. Tanpa ATM, cara pertama yang bisa diambil untuk mengirim uang adalah mendatangi teller bank. Untuk mengirim uang melalui teller, kamu perlu mempersiapkan KTP dan buku rekening untuk berjaga-jaga.

Saat memasuki bank yang kamu pilih, biasanya ada petugas keamanan yang akan mengarahkanmu untuk menuju bilik formulir. Di sana, kamu harus mengisi formulir pengiriman uang yang disediakan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor antrean.

Begitu nomor antreanmu dipanggil, teller akan memeriksa KTP dan formulir dan buku rekening jika diperlukan. Setelah itu, permintaanmu akan diproses, lalu tunggu hingga teller menyatakan pengirimanmu berhasil.

2. Melalui Western Union

Jika ingin melakukan transfer ke luar negeri, Western Union biasanya jadi pilihan banyak orang, terutama tenaga kerja Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri. Caranya hampir mirip dengan mengirim uang melalui teller.

  1. Kunjungi lokasi agen Western Union terdekat dari tempat tinggalmu.
  2. Sesampainya di sana, isi formulir yang disediakan yang meliputi informasi rekening bank penerima.
  3.  Setelah diisi lengkap, serahkan formulir itu ke petugas beserta uang dan biaya transfernya.
  4. Simpan tanda terima dan uangmu akan dikirimkan ke penerima dalam jangka waktu tiga hari kerja.

3. Melalui Kantor Pos

Jika jarak kantor pos lebih dekat daripada bank, kamu bisa memilih mengirim uang melalui kantor pos melalui layanan wesel. Kantor pos memiliki empat jenis wesel yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Wesel pos transfer tunai: transfer ke rekening bank mana pun tanpa ATM secara real time.
  2. Wesel pos instan: proses transfer paling cepat dengan PIN dan Nomor Transaksi Pusat (NTP) dari pengirim ke penerima secara real time.
  3. Wesel pos kemitraan: transfer antara kantor pos dengan pihak lain dengan biaya transfer yang disesuaikan dengan kesepakatan.
  4. Wesel pos prima: transfer menggunakan surat pemberitahuan yang diantar langsung oleh petugas kantor pos tujuan kepada penerima.

Cara mengirim uang melalui kantor pos sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP, uang tunai yang akan dikirim dan untuk biaya administrasi, dan nomor ponsel penerima untuk memudahkan pengiriman. Lalu, datangi petugas dan pilih wesel yang ingin digunakan. Setelah itu, pengirimanmu akan diproses dan kamu akan dikenakan biaya administrasi.

4. Melalui Minimarket

Transfer bank lebih hemat biaya

Cara transfer uang tanpa kartu ATM yang mirip dengan cara-cara sebelumnya adalah dengan meminta bantuan kasir minimarket. Minimarket biasanya telah bekerja sama dengan pihak bank sehingga transfer juga bisa dilakukan di tempat perbelanjaan tersebut. Caranya sebagai berikut:

  1. Sampaikan ke kasir bahwa kamu ingin mengirim uang. Biasanya minimarket mengharuskan kamu membeli sejumlah nominal tertentu agar bisa menikmati layanan ini.
  2. Jika telah disetujui, tunjukkan KTP dan nomor ponselmu. Lalu, berikan nomor rekening tujuan, jumlah uang yang akan ditransfer dan biaya administrasinya.
  3. Jika transfer sukses, kamu akan menerima pemberitahuan di ponsel.

5. Dengan E-Wallet

GoPay, Dana, dan OVO adalah tiga contoh e-wallet yang banyak digunakan orang. Tanpa ATM, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengirim uang. Cara transfer melalui aplikasi ini cukup beragam. 

Kamu tinggal pakai saja aplikasi yang ada atau unduh salah satunya jika belum ada yang terpasang. Di beranda, pilih menu “Bayar” atau “Transfer”, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Baca Juga: Sebelum Transfer Uang, Simak Dulu Kode Bank Seabank, yuk!

6. Pakai Mobile Banking

Bank-bank besar biasanya menyediakan layanan mobile banking. Jika bankmu menyediakannya, gunakan cara ini untuk melakukan transfer. Proses transfer biasanya cukup mudah dan hanya perlu mengikuti petunjuk dari masing-masing aplikasi m-banking yang disediakan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan pada umumnya adalah (1) menekan menu “transfer”, (2) memilih bank tujuan, (3) memasukkan nomor rekening penerima, dan (4) memasukkan nominal uang yang akan ditransfer.

7. Pakai Flip

Flip adalah aplikasi keuangan yang bisa membantumu mengirim uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia tanpa ada potongan atau biaya administrasi. Setelah mengunduh aplikasinya melalui Play Store atau App Store, ikuti langkah-langkah transfer berikut.

  1. Di beranda utama aplikasi, pilih menu “Transfer” dengan ikon pesawat kertas di bagian bahwa tengah.
  2. Lalu, pilih menu “Rekening Bank” untuk mengirim uang ke rekening bank. Ada juga pilihan lain, yaitu e-wallet dan luar negeri.
  3. Klik tombol “Tambah Tujuan Baru” di pojok kanan bawah, lalu pilih bank tujuan.
  4. Setelah itu, masukkan nomor rekening, lalu pilih “Cek Rekening”.  Tunggu hingga sistem selesai mengecek rekening. Setelah itu, pastikan data penerima yang muncul sudah sesuai.
  5. Masukkan nominal transfer, lalu pilih “Lanjutkan”.
  6. Pilih bank yang akan digunakan untuk mentransfer, lalu klik “Lanjutkan”.
  7. Akan muncul nominal transfer. Pastikan kamu men-transfer sesuai dengan nominal yang tertera hingga tiga digit terakhir agar transfer berhasil.

Itulah ketujuh cara transfer uang tanpa kartu ATM yang praktis dan tanpa ribet. Pastikan keamanannya ketika akan mentransfer uang, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi