mural
homeforward
3 Cara Tarik Tunai Dana dan Persyaratannya

3 Cara Tarik Tunai Dana dan Persyaratannya

Transaksi digital sudah merajalela belakangan ini, dan salah satu aplikasi populer yang menyediakan layanan tersebut adalah Dana. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa sering kali kita masih membutuhkan uang tunai dalam keadaan tertentu. Contohnya, saat pergi ke lokasi yang masih minim transaksi digital seperti membayar parkir di area non-mall, beli makanan di warung kaki lima, dan banyak lagi. 

Oleh sebab itu, melalui artikel ini, kita akan mencari tahu bersama-sama bagaimana cara tarik tunai Dana dengan mudah dan praktis.

Baca Juga: Cara Transfer Flip Ke Berbagai Bank, Bebas Biaya Admin!

Cara Tarik Tunai Dana yang Praktis

Tarik Tunai Dana

Photo by benzoix (Freepik)

Aplikasi ini sudah menyediakan berbagai pilihan cara tarik tunai Dana yang bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan. Ketiga pilihan tarik tunainya mencakup: 

1. Tarik tunai di ATM tanpa kartu

Dana bisa menjadi alternatif tarik tunai tanpa kartu di ATM. Misalnya, kamu sedang butuh uang mendesak, tapi lupa bawa ATM. Sementara, saldo Danamu nominalnya sangatlah mencukupi. Jadi, kamu bisa pergi ke ATM tanpa perlu membawa kartu, hanya bermodalkan akun Dana saja. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, pilih menu ‘Kirim’ pada main page aplikasi Dana. Lalu, pilih kolom ‘Kirim & Tarik Tunai’. Saat ini cara tarik tunai Dana tanpa kartu hanya bisa dilakukan di ATM Bank BCA. Input jumlah tarik tunai yang diinginkan. Kamu akan menerima kode otp melalui sms dan selesaikan verifikasi tersebut. 

Setelah proses verifikasi selesai, kamu akan mendapatkan ID Pelanggan dan kode transaksi yang bisa kamu gunakan di ATM. Cari ATM BCA terdekat dan pilih menu Transaksi Tanpa kartu. Lalu, masukkan ID dan kode transaksi yang kamu dapatkan. Kamu hanya perlu menunggu uang keluar dan selesai! Mudah, kan? 

2. Tarik tunai di minimarket

Cara kedua bisa kamu coba melalui minimarketCara tarik tunai Dana di Alfamart adalah yang paling mudah karena minimarket ini sudah tersebar merata di mana-mana, mulai dari perkotaan sampai ke pedesaan. 

Cukup serupa dengan langkah sebelumnya, kamu bisa masuk ke halaman ‘Kirim & Tarik Tunai’. Kali ini, kamu bisa memilih opsi Alfamart yang lengkap dengan logonya. Lalu, pilih logo biru yang bertuliskan ‘Tarik Tunai’. Saat memasuki langkah ini, pastikan kamu sudah berada di kasir Alfamart. Katakan nomor akun Danamu ke kasir. Klik tampilkan token dan sampaikan nomor token tersebut kepada kasir. 

3. Tarik tunai di pegadaian

Cara tarik tunai Dana yang terakhir adalah melalui Pegadaian. Sebelum membuka aplikasi Dana, kunjungilah terlebih dulu ke Pegadaian terdekat. Selanjutnya, langkah-langkah penarikannya mirip dengan tarik tunai Dana di Alfamart. Kamu hanya perlu memberikan nomor handphone dan token dari aplikasi Dana. Selain itu, petugas biasanya akan meminta bukti identitas diri, seperti KTP atau SIM untuk tujuan keamanan.

Berapa Minimal Tarik Saldo Dana? 

tarik tunai

Photo by Freepik

Ketentuan minimal tarik saldo Dana berbeda-beda bergantung dari opsi yang kamu pilih sebelumnya. Penarikan Dana melalui ATM minimal Rp100.000,00 dan ditambah dengan biaya admin sebesar Rp4.500,00. Sementara itu, penarikan uang Dana lewat Alfamart minimal sebesar Rp50.000,00 dengan biaya admin Rp3.000,00. Kemudian, kalau ingin tarik tunai Dana lewat Pegadaian minimal nominalnya adalah Rp53.000,00 dan biaya adminnya Rp3.000,00. 

Syarat untuk Tarik Tunai Dana

Sebelum memilih cara tarik tunai Dana di atas, kamu perlu memastikan bahwa akun Danamu sudah berstatus Premium. Sebab, Dana Basic tidak dilengkapi dengan fitur tarik tunai. Selain itu, kalau ingin tarik tunai, pastika jumlah saldo yang ingin kamu tarik cukup dengan minimal saldo yang ditetapkan. 

Sementara itu, ada juga ketentuan maksimal penarikan Dana. Untuk batas maksimal tarik tunai Dana di Alfamart dan Pegadaian adalah Rp250.000,00, sedangkan penarikan maksimal lewat ATM BCA cukup besar, yaitu Rp10.000.000,00. Jadi, kalau kamu ingin menarik Dana dengan nominal yang besar, maka kamu bisa memilih cara tarik tunai Dana di ATM. 

Baca Juga: 2 Cara Tarik Tunai ShopeePay Yang Gampang Abis

Pilihan cara tarik tunai Dana sudah beragam dan cukup fleksibel, sehingga kamu tidak perlu khawatir kalau ingin menarik saldo Dana untuk kebutuhan mendesak. Jadi, Dana memang pilihan yang praktis untuk menyimpan uang sekaligus transaksi di dompet digital. 

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman transaksi melalui Dana, gunakan fitur top-up e-wallet Flip! Flip adalah solusi top-up yang lebih hemat. Informasi lain terkait kelebihan Flip bisa kamu temukan di sini

banner ewallet

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi