mural
homeforward
Bebas Ribet, Begini Cara Setor Tunai di ATM BRI

Bebas Ribet, Begini Cara Setor Tunai di ATM BRI

Di tengah teknologi yang makin canggih dan penggunaan internet yang kian massif, kebutuhan masyarakat terhadap akses perbankan juga turut meningkat. Untuk memudahkan masyarakat dalam menyetorkan dana, saat ini sudah tersedia ATM setor tunai.

Salah satu bank yang menyediakan layanan setor tunai via ATM adalah Bank BRI. Cari tahu lebih jauh mengenai cara setor tunai di ATM BRI dalam ulasan berikut ini!

Sekilas tentang Bank BRI

Cara Setor Tunai di ATM BRI Sumber: Tempo

Bank Rakyat Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bank BRI, merupakan salah satu bank terbesar milik pemerintah Indonesia. Didirikan di Purwokerto pada tahun 1895, Bank BRI juga merupakan bank tertua di Indonesia.

Jika dilihat dari jumlah aset yang dimiliki, BRI adalah bank terbesar kedua di Indonesia setelah Bank Mandiri. Saat ini, BRI memiliki 130 juta nasabah yang tersebar di berbagai cabang di Indonesia. Tidak heran jika akses terhadap bank ini cukup mudah.

Banyak desa-desa kecil telah memiliki cabang BRI sendiri. Setiap tahunnya, BRI selalu berusaha meningkatkan layanannya. Salah satunya menyediakan ATM setor tunai untuk memudahkan para nasabahnya.

2 Metode Setor Tunai di Bank BRI

2 Metode Setor Tunai di Bank BRI Sumber: Tempo

Secara umum, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menyetorkan dana ke rekening BRI milikmu. Kedua cara itu adalah:

  • Setor tunai lewat teller. Kamu cukup datang ke cabang BRI terdekat yang ada di kotamu. Datanglah ke teller dan sampaikan tujuanmu untuk menyetorkan dana
  • Setor tunai lewat ATM. Jika kamu tidak ingin repot mengantri, kamu bisa melakukan penyetoran secara mandiri lewat ATM. Caranya adalah dengan mencari mesin ATM yang melayani setor tunai.

Keuntungan Setor Tunai di ATM BRI

Keuntungan Setor Tunai di ATM BRI Sumber: Tempo

Melakukan setor tunai lewat ATM BRI memiliki sejumlah keuntungan. Apa saja?

  • Tidak perlu repot mengantri di bank
  • Dana bisa disetorkan kapan saja tanpa batasan jam kerja karena ATM buka selama 24 jam dalam sehari
  • Cara penyetoran dana di ATM juga sangat mudah dan praktis. Selama kamu memiliki kartu debit BRI yang masih aktif, kamu bisa melakukan penyetoran dana yang kamu inginkan.

Langkah-langkah Setor Tunai di ATM BRI

Langkah-langkah Setor Tunai di ATM BRI Sumber: WisataBdg

Setor tunai ATM BRI bisa kamu lakukan ke rekening milikmu sendiri atau ke rekening milik orang lain. Untuk mengetahui bagaimana cara setor tunai di ATM BRI, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Setor Tunai ke Rekening Sendiri Lewat ATM BRI

  • Pastikan kamu memiliki kartu debit BRI yang masih aktif, tidak kadaluarsa dan tidak dalam keadaan terblokir
  • Cari ATM BRI yang menyediakan fitur CDM (Cash Deposit Machine) atau CRM (Cash Recycling Machine). ATM CDM bisa digunakan hanya untuk penyetoran saja sementara mesin CRM dapat digunakan untuk penyetoran dan penarikan dana sekaligus
  • Masukkan kartu ATM milikmu ke dalam mesin kemudian pilih bahasa yang dikehendaki (bisa bahasa Inggris atau bahasa Indonesia)
  • Tekan nomor PIN. Pastikan kamu memasukkan PIN yang benar
  • Pada bagian layar, pilih menu “Setor Tunai” lalu pilih “Lanjutkan”
  • Selanjutnya akan muncul pilihan di halaman baru, pilih “Rekening Tabungan” untuk memasukkan dana ke rekening milikmu sendiri
  • Mesin ATM secara otomatis akan terbuka di bagian kotak tempat setor
  • Sebelum memasukkan uang, pastikan uang dalam kondisi baik, tidak kusut, terlipat apalagi rusak. Jika uang tidak memenuhi syarat, maka mesin ATM akan menolaknya
  • Tunggu sampai layar ATM memunculkan halaman konfirmasi uang yang disetorkan. Jika sudah benar, tekan “Setor” untuk melanjutkan proses penyetoran
  • Di layar, kamu akan melihat tulisan “Setoran Anda Telah Diterima” kemudian mesin akan mengeluarkan struk. Di sana akan tertera saldo akhir yang kamu punya
  • Kalau sudah tidak ada transaksi lain yang ingin kamu lakukan, tekan pada menu “Tidak” saat muncul pertanyaan “Ingin Melakukan Transaksi Lainnya?”
  • Ambil kartu ATM dan struk sebelum meninggalkan ATM.

Cara Setor Tunai di ATM BRI ke Rekening Orang Lain

Cara menyetorkan dana dari ATM BRI ke rekening orang lain juga sangat mudah dilakukan. Caranya kurang lebih sama seperti langkah setor tunai ke rekening sendiri.

Hanya saja ketika kamu sampai pada pilihan rekening yang akan dituju, alih-alih memilih “Rekening Tabungan” kamu bisa memilih menu “Rekening Lain”.

Selanjutnya masukkan rekening yang ingin dituju dan kode bank (jika rekening bukan dari Bank BRI). Untuk setor tunai ke rekening bank lain. Kamu akan dikenakan biaya.

Cara Setor Tunai di ATM BRILink

Selain dengan menggunakan mesin ATM, setor tunai dengan ATM juga bisa dilakukan lewat Agen BRILink. BRILink sendiri adalah perluasan wilayah perbankan yang dilakukan oleh BRI bekerja sama dengan nasabah sebagai agen.

Agen tersebut menyediakan layanan transaksi perbankan baik untuk penyetoran maupun penarikan dana nasabah. Bagi nasabah yang ingin menyetorkan dana lewat ATM via BRILink, langkah-langkahnya adalah:

  • Temukan agen BRILink terdekat yang ada di tempat tinggalmu
  • Kamu bisa membawa ATM, bisa juga tidak
  • Utarakan maksud dan tujuanmu untuk menyetorkan dana. Serahkan uang yang ingin disetorkan sekaligus nomor rekeningnya
  • Untuk transaksi di BRILink kamu akan dikenakan biaya. Sebelum meninggalkan kantor agen, jangan lupa minta struk bukti transaksi.

Penyebab Gagal Setor Tunai di ATM BRI

Penyebab Gagal Setor Tunai di ATM BRI Sumber: Qoala App

Setor tunai terutama yang dilakukan langsung di ATM mungkin akan membuatmu menemui sejumlah kendala yang menyebabkan kegagalan setor. Apa saja penyebab gagal setor ini?

  • Kondisi uang tidak sesuai dengan persyaratan (ada yang rusak, robek, basah atau terlipat). Pastikan juga uang tidak dalam keadaan terjepit staples karena uang akan ditolak. Uang palsu juga tidak akan diterima oleh mesin
  • Kerusakan pada mesin ATM. Mesin ATM yang rusak biasanya dapat diketahui dari tulisan yang ada di monitor atau yang ditempelkan di badan mesin. Jika mesin rusak, sudah pasti kamu akan gagal setor tunai
  • Kamu melakukan setor tunai bukan di ATM Bank BRI
  • Mesin ATM sudah penuh sehingga tidak bisa menampung setoran tambahan lagi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara setor tunai di ATM BRI. Setelah setor, kamu bisa mentransfer dana milikmu ke rekening lain. Agar bebas biaya kirim, pastikan kamu hanya menggunakan Flip, terutama saat akan mentransfer dana ke rekening bank lain.

Bagikan

Lainnya

Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi