mural
homeforward
Ternyata Gak Sulit! Ini Cara Menurunkan Daya Listrik

Ternyata Gak Sulit! Ini Cara Menurunkan Daya Listrik

Ada beberapa alasan orang ingin turun daya listrik. Pertama, pelanggan tersebut memang ingin meringankan beban biaya listrik bulanannya. Alasan lainnya adalah karena pelanggan merasa konsumsi dayanya setiap bulan terbilang rendah. Sebab itu, ia merasa tidak perlu memasang listrik dengan kapasitas daya saat ini. 

Kendati demikian, pelanggan hendaknya perlu mempertimbangkan secara matang sebelum membuat pengajuan turun daya PLN. Jangan sampai, setelah mengajukan penurunan daya, kamu malah sering mengalami kendala teknis. Misalnya saja, meteran listrik yang jadi gampang anjlok lantaran beban pemakaian yang melebihi kapasitas dayanya.

Namun, bila memang dirasa perlu untuk menurun daya PLN dan kamu sendiri sudah memikirkannya secara matang, coba cara menurunkan daya listrik berikut ini. 

Baca Juga: Biar Gak Kena Denda, Ketahui Batas Waktu Bayar Listrik!

Syarat Mengajukan Turun Daya PLN 

turun daya listrik

Photo by Katadata

Sebelum membahas tentang cara menurunkan daya listrik, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi bila ingin turun daya PLN. 

  • Siapkan nomor ID atau meteran listrik pelanggan PLN 
  • Alamat lengkap dari bangunan yang daya listriknya hendak kamu turunkan
  • Nomor KTP
  • Nomor ponsel atau telepon rumah
  • Sertakan surat kuasa bila pengurusan turun daya listrik ini dibantu orang lain

Akan tetapi, jika kamu melakukan penurunan daya ke kapasitas 900 VA atau 450 VA, ada beberapa syarat tambahan seperti Kartu Keluarga Sehat (KKS) dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa melampirkan surat keterangan yang diberikan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 

Satu lagi syarat mutlak yang wajib kamu penuhi jika ingin turun daya PLN, yakni pastikan tagihan listrikmu sudah lunas dibayarkan. Jika belum, sebaiknya lunasi dahulu tagihan tersebut agar proses pengurusan turun dayamu jadi lebih lancar. 

Prosedur Turun Daya PLN 

Adapun cara menurunkan daya listrik terbagi atas dua prosedur, yaitu melakukannya secara online atau datang langsung ke kantor PLN terdekat. 

Mengajukan Turun Daya Listrik di Kantor PLN 

Cara menurunkan daya listrik yang pertama dan paling umum dilakukan adalah datang langsung ke kantor PLN terdekat. Bila dokumen persyaratannya sudah lengkap, kamu bisa langsung menunjukkannya kepada petugas berwenang di kantor PLN.

Petugas biasanya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan datamu sesuai dan valid. Setelah hasil verifikasi datamu keluar dan dinyatakan benar, petugas akan memberi tahu berapa biaya penurunan daya listrik. Besarnya biaya yang perlu dikeluarkan sangat bergantung pada kebutuhan material hingga pengadaan jasa untuk golongan daya yang kamu inginkan. 

Mengajukan Turun Daya Listrik Melalui PLN Mobile 

Untuk cara menurunkan daya listrik berikutnya, kamu bisa melakukannya secara daring. Caranya pun hampir mirip dengan langkah-langkah menaikkan daya listrik secara online. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ikuti. 

  1. Pertama, kamu wajib mengunduh aplikasi PLN Mobile di App Store atau Play Store.
  2. Kemudian pasang dan tunggu sampai proses instalasinya selesai. Jika sudah, masuklah ke halaman utamanya.
  3. Setelah itu, pilih menu Perubahan Daya.
  4. Bila sudah, masukkan nomor ID Pelanggan yang terdaftar dan pilih opsi Lanjutkan.
  5. Lalu ketik koordinat lokasi bangunan yang listriknya hendak kamu turunkan daya listriknya. Cek lagi, apakah letak koordinatnya sudah sesuai? Bila sudah benar, segera tap Iya. 
  6. Di halaman berikutnya, pilih kapasitas daya baru yang mau kamu pasang. Tentukan juga jenis koneksi serta tujuan dari penggunaan listrik tersebut.
  7. Berikutnya, pilih jenis permohonannya. Apakah pengajuan turun daya listrik ini kamu lakukan untuk diri sendiri atau orang lain? Bila untuk orang lain, isi kolom Data Pelanggan dan Data Pemohon. 
  8. Pada proses berikutnya, keterangan tentang Ringkasan Data Permohonan akan muncul di layarmu. Cek kembali dan tap Kirim Permohonan bila sudah benar.
  9. Kemudian, kamu pun akan melihat keterangan Syarat dan Ketentuan pada layar. Baca sebentar dan tap Setuju.
  10. Pemberitahuan soal permohonan yang berhasil diajukan bakal muncul di layar ponselmu. Lanjutkan dengan tap OK. 
  11. Setelah Detail Permohonanmu muncul, langkah selanjutnya adalah mengecek biaya penurunan daya yang perlu kamu bayarkan.
  12. Apabila proses pembayarannya sudah rampung, petugas PLN akan mendatangi tempatmu beberapa hari kemudian. 

Namun tenang, petugas PLN tidak akan datang ke bangunan yang hendak diturunkan dayanya secara dadakan. Biasanya, mereka akan menghubungi pihak pelanggan terlebih dahulu, guna memastikan apakah proses penurunan daya di tempat tersebut bisa segera mereka lakukan atau tidak. 

Baca Juga: Cara Dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terkini, Kamu Wajib Tahu!

Itulah cara menurunkan daya listrik yang patut kamu pahami agar proses pengurusannya jadi lebih lancar. Nah, kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa menggunakan Flip untuk membayar tagihan listrik. Selain menyediakan metode pembayaran yang beragam, bayar tagihan listrik pascabayar di Flip cuma kena biaya Rp1.800 saja lho. Tidak hanya bayar tagihan listrik bulanan, beli token listrik di Flip juga bikin hemat. Pasalnya, biaya admin yang dikenakan kepada pelanggan cuma Rp1.350. 

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi