mural
homeforward
Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

Kartu BPJS termasuk salah satu barang yang mudah hilang atau rusak seperti halnya KTP dan SIM. Mengingat kartu ini punya banyak manfaat, siapa pun pasti akan merasa khawatir jika kartu tersebut hilang.

Ada dua cara mengurus kartu BPJS yang hilang. Untuk pengurusan secara online, kamu bisa menggunakan smartphone atau PC. Sementara itu, cara offline bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan di kotamu. 

          Baca Juga : Ragu Sudah Punya BPJS? Coba 4 Cara Cek Peserta BPJS Ini

Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Offline

Sebelum mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kartu yang hilang, pastikan bahwa kartu memang benar-benar tidak ada. Jika sudah yakin, siapkan dulu beberapa dokumen sebagai kelengkapan administrasi agar proses pembuatan kartu baru bisa lebih mudah dan cepat lagi.

Adapun dokumen tersebut adalah:

  1. Surat kehilangan dari kantor polisi
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. KK asli dan fotokopi

Apabila semua sudah lengkap, kamu bisa langsung mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Begitu sampai di kantor BPJS, biasanya pihak keamanan akan memberi kartu antrian atau mengarahkan untuk mengantri di tempat yang sesuai. Ketika sudah sampai giliran kita, serahkan dokumen yang dibawa tadi ke petugas.

Petugas biasanya akan menanyakan alasan pembuatan kartu baru dan memverifikasi dokumen yang dibawa. Apabila ada tunggakan pembayaran pada kartu BPJS, biasanya kita diminta untuk membayar terlebih dahulu dan kembali keesokan harinya. Jadi pastikan tagihan BPJS sudah lunas ketika kita membuat kartu baru.

Setelah verifikasi selesai, tagihan BPJS dipastikan aman, dan dokumen dinyatakan lengkap, petugas akan menyerahkan proses selanjutnya ke bagian pencetakan dan kamu bisa langsung pulang. Untuk cara mengurus kartu BPJS yang hilang secara offline, kartu BPJS yang baru bisa diambil keesokan harinya.

Lalu, kartu BPJS hilang apakah bisa berobat? Tentu bisa, terutama jika kita hafal nomor BPJS Kesehatan. Jika tidak, satu-satunya opsi adalah mengurus pembuatan kartu baru. Apabila kartu benar-benar dibutuhkan dan kita tidak bisa menunggu besok untuk berobat, cara mengetahui nomor BPJS yang hilang bisa dilakukan dengan bertanya langsung ke petugas.

Gunakan nomor tersebut untuk urusan administrasi di Rumah Sakit. Pihak RS atau klinik biasanya akan memberikan kompensasi, terutama saat kasusnya darurat. Kartu BPJS yang baru bisa ditunjukkan atau diserahkan ketika sudah jadi.

          Baca Juga : Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online Bagi Freelancer, Mudah Lho!

Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Online

Apabila tidak punya banyak waktu untuk mengurus kartu BPJS yang hilang tetapi kita butuh kartu tersebut, jangan khawatir. Pengurusan BPJS juga bisa dilakukan secara online. Untuk membuat kartu baru secara online, pastikan kamu sudah mengunduh dan memasang aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di smartphone

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah:

  1. Masuk ke aplikasi menggunakan nomor kartu atau username atau email, lalu masukkan pula password yang sudah didaftarkan
  2. Setelah itu kita akan masuk ke halaman utama aplikasi lalu pilih menu “Cetak Kartu E-ID,” lalu klik ikon email
  3. Berikutnya ikuti proses yang muncul di layar gadget, dan tidak lama kamu akan menerima email dari BPJS berisi kartu digital atas nama kamu. 
  4. Terakhir, cetak kartu digital tersebut dan kartu BPJS yang baru bisa langsung digunakan untuk berobat

Melihat ulasan di atas, cara mengurus kartu BPJS yang hilang secara online tentu lebih praktis. Tanpa harus keluar rumah, kita bisa membuat kartu dan menggunakannya untuk kepentingan kesehatan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, pastikan kartu BPJS disimpan di tempat yang aman.

Jangan lupa pula untuk selalu membayar tagihan BPJS rutin supaya kartu bisa selalu digunakan ketika dibutuhkan. Saat ini ada banyak pilihan metode pembayaran BPJS yang mudah dan praktis. Salah satunya melalui aplikasi transfer bank, Flip. Adapun langkah-langkah pembayaran BPJS melalui Flip adalah:

  1. Buka aplikasi Flip dan pilih menu BPJS Kesehatan
  2. Masukkan nomor kartu BPJS atau nomor peserta dan pastikan nama yang muncul sesuai
  3. Jika nama sudah sesuai, pilih periode tagihan yang ingin dibayar. Misal, kita ingin membayar tagihan Bulan Februari, maka pilih pilihan Bulan Februari
  4. Setelah itu akan muncul nominal yang harus dibayarkan dan pilihan metode pembayaran. Jika saldo memadai, gunakan pilihan Saldo Flip. Namun jika tidak, pilih opsi “Transfer Bank”
  5. Lakukan konfirmasi sesuai pilihan pembayaran dan masukkan 6 digit PIN akun Flip kamu
  6. Tidak lama transaksi akan diproses, dan pembayaran tagihan BPJS pun selesai
  7. Biasanya setelah transaksi berhasil, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkannya ke email

Bagaimana, mudah bukan? Nah, itulah ulasan tentang cara mengurus kartu BPJS yang hilang baik secara online maupun offline. Untuk kemudahan segala transaksi keuangan dan pembayaran BPJS, pastikan untuk men-download Flip melalui Play Store dan App Store

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi