mural
homeforward
Mudah Kok, Ini Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati!

Mudah Kok, Ini Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati!

Di masa kini, listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Hal ini karena setiap rumah tangga modern telah menggunakan alat-alat bertenaga listrik untuk keperluan sehari-hari. Alat-alat yang dimaksud, misalnya, lampu, penanak nasi, mesin cuci, kipas angin, gawai, kipas angin, atau mesin pompa air.

Oleh karena perannya yang sangat penting, momen mati listrik mendadak sering membuat orang-orang panik maupun frustrasi. Mati listrik bisa terjadi karena berbagai penyebab. Selain itu, jika terjadi hal ini, kamu harus tahu cara menghidupkannya kembali.

Apakah kamu menggunakan listrik prabayar? Jika iya, simak cara menghidupkan listrik token yang mati lewat pembahasan berikut!

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Apa Penyebab Matinya Listrik Token?

listrik token mati

Photo credit: Rumah123

Sebelum menghidupkan listrik token yang mati, kamu harus mengetahui hal-hal yang menyebabkannya terlebih dahulu. Berikut poin-poinnya!

1. MCB pada alat meter prabayar mengalami kerusakan

Setiap alat meter listrik memiliki komponen yang disebut MCB (Miniature Circuit Breaker). MCB merupakan sakelar listrik yang beroperasi secara otomatis dan berguna untuk mencegah kerusakan pada sirkuit bervoltase rendah akibat kelebihan beban atau arus pendek.

Nah, kalau MCB rusak, listrik token pun bisa mati secara mendadak. MCB dapat mengalami kerusakan karena umur pemakaiannya relatif pendek.

2. Terjadi korsleting

Penyebab listrik token mati selanjutnya adalah korsleting. Korsleting dapat terjadi pada alat meter listrik prabayar atau instalasi kabel. Instalasi kabel yang mengalami korsleting biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti kabel yang terkena air, kabel yang terkelupas, ataupun pertemuan antara arus plus dan minus.

3. Kehabisan pulsa listrik

Selain kedua penyebab di atas, listrik token juga bisa mati karena kehabisan pulsa. Berbeda dengan listrik pascabayar yang bisa terus digunakan dan membayar tagihan di akhir periode, listrik token harus diisi secara berkala agar tetap bisa dipakai.

Biasanya, pulsa listrik yang hampir habis akan membuat alat meter prabayar berbunyi dan memunculkan lampu warna merah yang berkedip-kedip. Akan tetapi, kalau pemberitahuan berupa bunyi tersebut dimatikan, kamu tak akan tahu kalau pulsa listrik sudah hampir habis sampai nantinya listrik mati secara tiba-tiba.

4. Kelebihan beban

Listrik token juga bisa mati jika kelebihan muatan. Hal ini karena setiap rumah tangga punya kapasitas daya tersendiri.

Sebagai contoh, suatu rumah punya kapasitas daya sebesar 900 VA. Lalu, pemilik rumah menggunakan banyak alat elektronik sekaligus. Nantinya, mati listrik bisa terjadi jika total konsumsi daya dari seluruh alat elektronik tersebut melebihi 900 VA.

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghidupkan listrik prabayar yang mati!

  • Ketika MCB berada pada posisi “OFF” akibat mati listrik, diamkan alat meter prabayar selama beberapa detik. Kemudian, pindahkan sakelar MCB ke posisi “ON”.
  • Bila MCB kembali ke posisi “OFF” setelah dinyalakan, cobalah untuk mematikan beberapa alat elektronik di rumah. Lalu, pindahkan lagi sakelarnya ke posisi “ON”.
  • Jika masih tidak bisa hidup, bisa jadi pulsa listrik sudah habis. Lakukanlah isi ulang dengan mengisi kode token ke alat meter prabayar.
  • Listrik masih belum menyala? Sangat disarankan untuk menghubungi pihak resmi dari PLN untuk melakukan tindak lanjut.

Cegah Listrik Prabayar Mati dengan Isi Ulang lewat Flip

beli pulsa

Photo credit: Flip

Nah, kamu sudah tahu kalau salah satu penyebab listrik prabayar mati adalah kehabisan pulsa listrik. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan aplikasi Flip. Flip bisa digunakan untuk membeli pulsa listrik, di mana saja dan kapan saja.

Yuk, ikuti langkah-langkah isi ulang pulsa listrik token di Flip berikut!

  • Masuk ke aplikasi Flip.
  • Pada “Beranda”, tekan menu “Top Up & Tagihan”.
  • Kemudian, pada menu “Top Up”, klik opsi “Token Listrik”.
  • Isikan ID pelanggan atau nomor meter yang kamu miliki di kolom yang tersedia. Tekan “Enter” atau tombol centang pada papan ketik.
  • Tunggu hingga pengecekan selesai. ID pelanggan atau nomor meter yang terverifikasi akan memunculkan pemberitahuan berupa nama kepemilikan listrik dengan tanda centang warna hijau.
  • Klik nominal pulsa listrik yang diinginkan. Flip menyediakan berbagai nominal, mulai dari 20.000 sampai 1.000.000. Kemudian, klik “Pilih Pembayaran”.
  • Pilih metode pembayaran sesuai keinginan. Kamu bisa memilih antara metode transfer bank atau akun virtual.
  • Klik “Pakai Promo” jika ingin menggunakan promo yang sedang berlaku. Pilih promo yang tersedia, lalu tekan “Pakai”.
  • Berikutnya, tekan “Lanjut” dan kamu akan dibawa ke laman selanjutnya. Ikuti dan selesaikan langkah-langkah yang dijelaskan di laman tersebut. Kemudian, klik “Cek Status Transaksi” atau “Saya Sudah Transfer”.
  • Kamu bisa cek status transaksi melalui menu “Beranda” atau “Transaksi”. Jika transaksi berhasil diproses, tinggal isikan kode token yang tertera di setruk digital ke alat meter prabayarmu.

Baca Juga: Cara Dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terkini, Kamu Wajib Tahu!

Nah, apakah sudah paham tentang penyebab dan cara menghidupkan listrik token yang mati? Kalau sudah, pastikan untuk selalu isi ulang listrik prabayarmu lewat Flip, ya! Flip bukan cuma menghindarkanmu dari mati listrik, tetapi juga membantumu menghemat bujet dengan biaya admin yang terjangkau.

Jika belum punya aplikasinya, langsung saja unduh melalui Play Store ataupun App Store, sesuai sistem operasi gawaimu!

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi