mural
homeforward
Air PDAM Kecil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Air PDAM Kecil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Air merupakan kebutuhan yang krusial bagi keseharian kita. Tidak hanya di rumah, industri juga membutuhkan air yang cukup untuk melakukan kegiatan operasionalnya. Karena itu, aliran keran yang kecil dan pelan bisa jadi permasalahan yang mengganggu. Apa sebenarnya yang menyebabkan aliran air keran kecil?

Masalah air keran kecil bisa terjadi pada pengguna air sumur maupun pengguna PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai penyebab solusi air PDAM kecil. Simak sampai tuntas, ya!

Baca Juga: Ternyata Gak Sulit! Ini Cara Menurunkan Daya Listrik

Penyebab Air PDAM Kecil

air pdam

Photo by Suara Surabaya

Ada beberapa penyebab yang membuat aliran air PDAM di rumahmu tekanannya berkurang. Apa saja?

Terlalu Banyak Belokan pada Instalasi Pipa

Instalasi pipa air dengan terlalu banyak belokan dapat mengurangi debit air yang mengalir ke keran. Ini akan menyebabkan aliran air dari keran menjadi kecil dan lambat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konfigurasi pemipaan yang memiliki banyak belokan agar laju aliran air tetap optimal.

Pipa Tersumbat atau Kotor

Seiring dengan lamanya pemakaian, permukaan pipa bagian dalam bisa kotor dan mengalami penumpukan sedimen. Jika dibiarkan, diameter pipa akan terus berkurang dan pada akhirnya akan membuat laju aliran air berkurang.

Kondisi Infrastruktur yang Buruk

Tidak hanya pipa yang kotor atau tersumbat, pipa yang sudah tua, bocor dan rusak bisa menyebabkan gangguan dan penurunan pasokan air.

Peningkatan Permintaan

Jika jumlah penduduk atau kebutuhan akan air meningkat tanpa dibarengi dengan peningkatan kapasitas sistem PDAM, ini bisa menyebabkan pasokan air menjadi terbatas. Efeknya, aliran yang keluar dari keran juga akan terbatas.

Kerusakan atau Gangguan Teknis

Masalah operasional seperti gangguan pada pompa, instalasi listrik, atau komponen sistem lainnya dapat mengurangi pasokan air.

Kerusakan Alam 

Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau kekeringan dapat memengaruhi pasokan air PDAM. Ini menyebabkan pasokan air menurun dan pada akhirnya akan membuat aliran keran di setiap rumah menjadi lemah/kecil.

Manajemen yang Tidak Efektif

Kurangnya perencanaan, pemeliharaan yang tidak teratur, atau manajemen yang kurang efisien dapat menjadi faktor penyebab air PDAM yang terbatas.

Solusi Air PDAM Kecil

Ketika mengalami masalah air PDAM kecil, banyak masyarakat yang berpikir untuk menggunakan pompa air. Penggunaan pompa air ini mungkin bisa mempercepat aliran air, tapi cara ini tidak dibenarkan oleh PDAM. Ada beberapa alasan kenapa hal ini dilarang:

  • Menggunakan pompa untuk memperlancar aliran air di rumahmu sendiri akan mengganggu sistem distribusi air. Efeknya, nanti pelanggan yang lain bisa tidak kebagian air
  • Menggunakan pompa bisa membuat meteran PDAM milikmu berputar lebih cepat sehingga tagihan akan membengkak.

Lantas, apa solusi air PDAM kecil yang bisa kamu lakukan? Jika air PDAM yang mengalir jadi sangat terbatas dan kamu mengalami kesulitan melakukan aktivitas harian, hubungi kantor PDAM setempat untuk menyampaikan keluhanmu. Mungkin saja ada kendala teknis yang terjadi dan kamu tidak tahu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tips sebagai berikut:

  • Gunakan air dengan hemat. Edukasikan kepada seluruh anggota keluargamu untuk menggunakan air dengan hemat. Termasuk mematikan keran saat tidak dibutuhkan dan memperbaiki kebocoran kran di rumah
  • Melakukan pemasangan tangki air. Jika aliran air kecil dibarengi dengan air yang sering mati, kamu bisa memasang tangki atau toren air di rumahmu. Tangki ini akan berfungsi menyimpan cadangan air sehingga kamu bisa menggunakannya dalam kondisi darurat. Jangan lupa lakukan perawatan tangki secara berkala
  • Perbaiki infrastruktur. Cek secara berkala semua pipa-pipa yang ada di rumahmu. Jika ada kebocoran, segera lakukan perbaikan untuk mencegah masalah menjadi semakin parah
  • Membuat rencana peningkatan pasokan air. Jika masalah air terbatas di daerahmu terjadi secara merata, mungkin kamu bisa mendiskusikan dengan masyarakat di sekitarmu untuk mencari cara meningkatkan pasokan air. Misalnya saja dengan membuat sumur bor yang bisa digunakan ketika air dari PDAM sedang mati atau alirannya kecil.

Dalam mengatasi masalah air PDAM yang kecil, peran serta aktif masyarakat sangat diperlukan. Dengan pemahaman akan penyebab dan solusi yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan memastikan pasokan air yang memadai. Edukasi, perawatan infrastruktur, dan kolaborasi dengan pihak PDAM adalah langkah-langkah kunci untuk menjaga ketersediaan air yang optimal bagi kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Begini Ciri-Ciri, Manfaat, Dan Upaya Menjaga Air Bersih

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan tagihan PDAM kamu dibayar tepat waktu setiap bulannya. Sekarang, bayar PDAM semakin mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan aplikasi Flip. Makin mudah bayar beragam tagihan dengan mengunduh aplikasi Flip di Google Play Store dan Apps Store!

bayar PDAM di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi