mural
homeforward
Biar Nggak Lemot, Ini Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

Biar Nggak Lemot, Ini Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

Kesal saat koneksi IndiHome tiba-tiba lemot terutama saat kamu sedang belajar atau bekerja? Jangan-jangan, penyebabnya adalah karena jumlah pengguna wifi IndiHome terlalu banyak. Kalau sudah begini, maka kamu harus tahu cara membatasi pengguna wifi IndiHome agar penggunaan internet jadi optimal sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Bayar Indihome Tepat Waktu Agar Tidak Kena Blokir

Jumlah Pengguna Ideal Indihome 

Indihome

Foto: Ayo Bandung

Nah, sebelum membahas tentang cara membatasi pengguna wifi IndiHome, kamu harus terlebih dahulu tahu berapa sebetulnya jumlah pengguna yang ideal. Untuk mempermudahnya, simak ilustrasi berikut.

Kamu sedang melewati jalan selebar 6 meter. Saat kamu berkendara melalui jalan tersebut sendiri dengan lebar mobil 2 meter, maka jalanan akan terasa lengang. Pun jika ada satu lagi mobil selebar dengan 2 meter, maka masih cukup lega untukmu berkendara. Namun, jika ada satu lagi mobil selebar 2 meter sehingga membuat jalan selebar 6 meter terisi penuh, tentu akan jadi lebih sulit untuk berkendara beriringan, bukan?

Dalam konteks internet, jalan dapat disamakan dengan bandwidth. Adapun kapasitas ideal pengguna IndiHome sesuai bandwidth-nya dalam satu waktu bersamaan adalah sebagai berikut.

  • 20 Mbps : 3-5 perangkat
  • 30 Mbps : 5-7 perangkat
  • 40 Mbps : 7-10 perangkat
  • 50 Mbps : 10-12 perangkat
  • 100 Mbps : 12-18 perangkat

Ingat, ya, bahwa jumlah pengguna yang dimaksud adalah jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan IndiHome. Artinya, jika kamu mempunyai satu laptop dan satu hp yang sama-sama memerlukan dan terkoneksi ke jaringan wifi IndiHome, maka sudah terhitung ada dua pengguna.

Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome 

Indihome

Foto: UMSU

Setelah tahu berapa jumlah ideal pengguna IndiHome dalam saat yang bersamaan, kini saatnya kamu melakukan pengaturan mengenai jumlah pengguna yang bisa masuk dan menggunakan layanan IndiHome milikmu. Berikut ini beberapa cara membatasi pengguna wifi IndiHome yang bisa kamu coba.

Via Pengaturan Modem 

Setiap modem yang disewakan mempunyai pengaturan yang dapat kamu akses, kok. Caranya pun cukup mudah menggunakan web browser dengan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan laptop atau komputer terhubung dengan layanan IndiHome.
  2. Buka browser, masukkan kode IP 192.168.0.1
  3. Isi data username dan password pada kolom yang tersedia (username: user dan password: user).
  4. Klik Login.
  5. Masuk ke pengaturan, klik Network → SSID → Setting → tentukan jumlah maksimal pengguna yang bisa mengakses di kolom Maximum Clients.
  6. Klik Save.

Via Aplikasi 

Sebenarnya ada beberapa cara membatasi pengguna wifi IndiHome menggunakan aplikasi yang bisa kamu lakukan, yakni NetCut dan P2Pover. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

NetCut

  1. Download dan instal aplikasi Netcut.
  2. Selesai terpasang, NetCut akan melakukan pencarian pengguna WiFi yang terkoneksi dengan IndiHome. Tunggu sekitar 2 sampai 3 menit.
  3. Setelah muncul daftar pengguna yang terhubung dengan IndiHome, lakukan pengaturan jumlah pengguna bahkan kecepatan akses wifi tiap pengguna. Kamu juga bisa memblokir pengguna yang tidak diinginkan.

P2Pover

  1. Download dan instal aplikasi P2Pover.
  2. Pilih menu System Setting dan masuk ke halaman pengaturan.
  3. Pilih Adaptor Jaringan, klik OK.
  4. Pilih menu Schedule Setting → New → Select All → OK.
  5. Pilih Control All → Start → Apply Rule to Host Selected (klik kanan di salah satu sisi) untuk mengatur jumlah pengguna.
  6. Klik Drop → Host Selected untuk memblokir pengguna yang tidak kamu inginkan.

Via Bandwidth Management pada Router

Cara ini biasanya banyak digunakan di instansi karena keberadaan router yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas trafik yang padat. Kalau kamu menggunakannya, coba praktikkan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka browser, masukkan alamat IP 192.168.0.1.
  2. Masukkan username dan password.
  3. Pilih LAN pada pengaturan modem.
  4. Pilih DHCP Server, lalu ubah IP Pool sesuai keinginan atau kebutuhan.

Nah, itulah beberapa cara membatasi pengguna wifi IndiHome sehingga akses internet jadi lebih nyaman dan optimal. Pastikan kamu juga melakukan pengaturan sesuai batas maksimal pengguna yang direkomendasikan sesuai bandwidth yang kamu miliki, ya.

Selain itu, ada baiknya pula kamu mengganti password IndiHome secara berkala. Hal ini untuk meminimalkan risiko tersambungnya perangkat yang pernah tersambung sebelumnya padahal tidak kamu “undang”.

Oh ya, sebagai catatan, internet yang tidak bisa digunakan juga bukan cuma karena perangkat yang tidak mendapat “jatah” lantaran pengguna yang sudah terlalu banyak. Boleh jadi, koneksi IndiHome memang tidak bisa digunakan karena kamu belum melakukan pembayaran biaya berlangganan setiap bulannya.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Lupa Password IndiHome, Jangan Panik!

Batas akhir pembayaran IndiHome adalah tanggal 20 setiap bulannya. Agar lebih praktis, kini kamu bisa membayar tagihan IndiHome lewat aplikasi Flip, lho. Caranya pun cukup mudah: buka aplikasi Flip → pilih menu Top Up & Tagihan → pilih Internet & TV → pilih IndiHome → masukkan nomor pelanggan. 

Sistem secara otomatis akan menampilkan jumlah tagihan yang harus kamu bayar. Kamu pun dapat menyelesaikan tagihan lewat Saldo Flip atau transfer ke rekening Flip sesuai rekening bank yang kamu miliki. Dijamin praktis, nyaman, dan aman!

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi