mural
homeforward
Tips dan Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker, Tidak Sulit, Kok!

Tips dan Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker, Tidak Sulit, Kok!

Dengan beragam pilihan pekerjaan, jenjang karier menjanjikan serta gaji yang besar, banyak orang bermimpi ingin bekerja ke luar negeri. Selain dengan menggunakan jasa agen kerja di luar negeri, ternyata ada cara kerja lewat Depnaker yang bisa ditempuh.

Mencari pekerjaan di luar negeri lewat Depnaker atau Departemen Tenaga Kerja secara langsung memang dianggap lebih aman karena diawasi langsung oleh pemerintah. Jika kamu memilih untuk bekerja ke luar negeri melalui Depnaker, artinya pemberi kerja di luar negeri sudah memiliki perjanjian tertentu dengan pemerintah Indonesia sebagai penyedia tenaga kerja.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Prosedur Kerja ke Luar Negeri Lewat Depnaker 

kerja luar negeri

Foto: Pexels

Lalu, bagaimana cara kerja ke luar negeri lewat Depnaker? Simak langkah-langkah berikut ini!

  • Datang ke Depnaker atau Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) yang ada di masing-masing kota. Kalau kamu sedang tidak berada di tempat, kamu bisa mengakses situs resmi Depnaker
  • Untuk kunjungan secara online, kamu bisa membuka lama www.kemnaker.go.id/ kemudian pilih “Kunjungi Layanan”. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk membuat akun dan melakukan registrasi
  • Setelah mendaftar, pilih layanan yang kamu inginkan misalnya “Cari Lowongan Kerja”
  • Cek persyaratan kerja yang dibutuhkan baik dokumen ataupun syarat fisik dan skill. Setiap negara tujuan kerja memiliki aturan berbeda-beda yang harus kamu pahami dengan baik
  • Periksa emailmu secara berkala untuk mengetahui perkembangan mengenai aplikasimu (apakah lolos atau tidak). Kamu mungkin akan diminta memenuhi persyaratan lain untuk melengkapi berkas yang sudah kamu masukkan sebelumnya.

Untuk bisa bekerja di luar negeri, secara umum persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pekerja adalah sebagai berikut:

  • Berumur setidaknya 18 tahun saat melakukan pendaftaran
  • Sehat secara fisik maupun mental
  • Memiliki pendidikan minimal SMA atau sederajat, sarjana maupun diploma 3
  • Mempersiapkan persyaratan umum sesuai dengan ketentuan negara tujuan.

Tips bagi yang Ingin Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker 

Setelah mengetahui cara kerja di luar negeri lewat Depnaker beserta persyaratannya, ada beberapa tips penting yang juga perlu kamu perhatikan. Apa saja?

Tentukan Jenis Pekerjaan yang Kamu Inginkan

Sebelum mencari lowongan, ada baiknya kamu menentukan jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan karena ini berhubungan dengan rencana jangka panjangmu. Apakah kamu ingin bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusanmu atau justru ingin beralih karier?

Jangan lupa persiapkan juga plan B seandainya nanti ada hal-hal yang terjadi di luar rencana. Kamu juga bisa mempersiapkan pekerjaan jangka pendek apa yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu sebelum mendapatkan pekerjaan jangka panjang yang diinginkan.

Tentukan Negara yang Ingin Dituju

Kalau sudah tahu pekerjaan apa yang ingin dijalani, saatnya melakukan riset negara tujuan. Pelajari peluang kerja di sana dan budayanya. Kamu juga bisa melakukan wawancara dengan pihak pemberi kerja atau perusahaan yang akan kamu lamar.

Pahami Semua Persyaratan

Seperti yang sudah disebutkan, setiap negara tujuan punya syarat berbeda untuk pekerja asing yang ingin berkarier di sana. Teliti dengan baik syarat dan prosedur yang diberlakukan oleh Depnaker untuk pekerja migran ke luar negeri.

Persiapkan Visa

Selain dokumen yang berkaitan dengan persyaratan kerja, kamu juga harus mempersiapkan berkas yang berhubungan dengan keimigrasian. Ini termasuk paspor dan visa. Visa berpengaruh pada keberlangsungan kerjamu di negara tujuan. Apakah kamu akan menggunakan visa permanen atau semi permanen?

Untuk melakukan pembuatan visa kerja, biasanya ada aturan tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya bukti kepemilikan dana awal dalam mata uang yang sesuai dengan negara yang akan dituju untuk bekerja. Aturan ini tentu berbeda-beda, tergantung negara mana yang kamu pilih.

Mencoba Kerja Remote Terlebih Dahulu

Bekerja di luar negeri sebenarnya tidak harus dilakukan dengan pindah ke negara tersebut. Jika kamu memiliki skill tertentu, kamu bisa melakukan kerja remote atau freelance. Ada banyak posisi yang tersedia mulai dari desainer, web developer hingga konsultan. Kalau kamu merasa sudah yakin dan memang ingin meniti karier langsung di luar negeri, barulah kamu bisa mempersiapkan diri untuk berangkat ke negara yang diinginkan.

Nah, itu dia persiapan dan cara kerja di luar negeri lewat Depnaker yang perlu diketahui oleh setiap calon tenaga kerja. Jika kamu nantinya sudah berangkat ke negara tujuan, kamu tentu akan membutuhkan platform andal untuk mengirim maupun menerima uang dari Indonesia.

Baca Juga: Catat, Cara Unreg Dan Ganti Baru Jika Kartu By.U Hilang

Flip Globe dengan berbagai keunggulannya siap menjadi mitramu selama bekerja di luar negeri. Hanya dengan Flip, kamu bisa mengirimkan uang dengan mudah dan praktis tanpa khawatir dengan biaya tersembunyi. Yuk, bangun karier di negara impianmu sekarang juga!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi