mural
homeforward
4 Cara Gampang Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

4 Cara Gampang Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK merupakan bentuk perlindungan yang sangat penting bagi para pekerja maupun pegawai perusahaan. Fungsinya adalah agar peserta bisa mendapatkan jaminan di hari tua atau setelah tidak lagi bekerja. Karena itu, tidak peduli apa jenis pekerjaan kamu, baik pegawai atau pekerja lepas, sangat penting untuk memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. 

Jika sudah mendaftar, kamu akan memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan. Contoh nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah 13 digit angka yang ada pada kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu. Nomoe ini berfungsi penting untuk mengetahui segala informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan kamu dan untuk melakukan pembayaran.

Jika tidak tahu berapa nomornya, jangan khawatir! Berikut ini beberapa cara untuk cek nomor BPJS Ketenagakarjaan dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 6 Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan

 

Lewat Situs Resmi

Kamu bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan online melalui situs resmi. Langkahnya sangat mudah karena kamu hanya perlu masuk ke akun BPJS Ketenagakerjaan yang sudah didaftarkan sebelumnya. Karena tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu, kamu juga bisa melakukan pengecekan secara langsung menggunakan mesin pencari di komputer maupun ponsel.

Caranya sangat mudah, pertama masuk ke laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, centang pada kotak “Saya Bukan Robot” dan lanjutkan dengan klik Login.

Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat tampilan kartu BPJS Ketenagakerjaan virtual di layar ponsel atau komputer. Dari kartu ini kamu bisa melihat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, nama peserta, hingga jumlah saldo yang sudah terkumpul.

Lewat Aplikasi

cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan 2.jpeg
Sumber: Pexels

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan berikutnya adalah secara online menggunakan aplikasi resmi. Aplikasi ini dapat menyediakan berbagai informasi termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan hingga jumlah saldo yang terkumpul.

Untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan metode ini, kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi BPJSTKU dulu di ponsel. Setelah berhasil terpasang, langsung klik login dan masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya. 

Setelah berhasil masuk, pilih menu, dan klik Kartu Digital. Selanjutnya, kartu BPJS Ketenagakerjaan virtual akan muncul di layar ponsel. Jadi, kamu bisa langsung mengetahui berapa nomor BPJS Ketenagakerjaan yang tercantum di kartu tersebut.

Menghubungi Call Center

Cara cepat lainnya untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menghubungi call center atau layanan telepon resmi. Sebelum menghubungi call center, pastikan untuk menyiapkan KTP lebih dulu. Pasalnya, admin akan cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP kamu.

Jika sudah siap, kamu bisa menghubungi call center pada jam kantor melalui nomor telepon khusus 175. Selain melalui telepon, kamu juga bisa langsung menghubungi layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi WhatsApp. Nomor untuk menghubungi via WhatsApp adalah 0811-9115919 atau 0855-1500910.

Lewat Media Sosial

Cara terakhir adalah melakukan pengecekan menggunakan media sosial. Tapi jangan sembaran menghubungi akun media sosial, ya! Pastikan kamu mencari tahu lebih dahulu media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan di Twitter, Instagram, atau Facebook. Kamu juga bisa mengirimkan e-mail ke alamat resmi instansi ini di [email protected].

Akun resmi BPJS Ketenagakerjaan di Twitter maupun Facebook adalah @BPJSTKinfo. Selanjutnya, kirimkan pesang langsung atau DM ke akun resmi tersebut. Sampaikan pertanyaan atau permasalahan kamu secara tertulis melalui DM. jangan lupa untuk menyantumkan juga nama lengkapmu, tempat tanggal lahir, dan NIK yang terdaftar.

Kamu mungkin tidak akan langsung menerima respon, tapi tidak apa-apa. Tunggu sebentar dan tim admin akan segera membalas DM kamu. Setelah menjelaskan permasalahan, admin mungkin akan minta informasi lebih lanjut dan kamu bisa menerangkannya. Setelah informasi yang dibutuhkan sudah didapatkan, admin akan bisa memberitahumu nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu. Jika sudah mengetahui nomor tersebut, jangan lupa untuk menyimpannya agar tidak kebingungan lagi, ya! Nomor ini penting untuk pembayaran iuran sama seperti BPJS Kesehatan.

Agar mudah dan praktis, membayar iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi Flip. Caranya mudah, langsung saja masuk ke akun Flip, lalu pilih menu “Top up dan Tagihan”. 

Selanjutnya, pilih “BPJS Kesehatan” dan masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan kamu. Pilih periode tagihan yang akan kamu bayar, lalu lakukan transaksi pembayaran. Dalam beberapa saat, kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pembayaran berhasil! Mudah bukan?

 

Baca juga: 5 Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan, Mudah dan Praktis

Berbagai kegiatan keuangan seperti transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan, dan lain-lain bisa kamu lakukan dengan Flip. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengunduh terlalu banyak aplikasi untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Cukup satu aplikasi, kamu bisa melakukan semuanya. Makanya, yuk download Flip sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi