mural
homeforward
Berapa Biaya Hidup di New Zealand untuk Mahasiswa dan Pekerja?

Berapa Biaya Hidup di New Zealand untuk Mahasiswa dan Pekerja?

Biaya hidup di New Zealand adalah komponen pertama yang harus kamu pertimbangan jika ingin tinggal di negara tempat syuting film The Lord of The Rings ini. Terlebih, New Zealand selama ini dikenal sebagai negara dengan biaya hidup tinggi.

Lantas, berapa bujet yang perlu kamu persiapkan jika memutuskan kuliah atau bekerja di New Zealand? Artikel ini akan membahas estimasi biaya hidup bulanan di New Zealand bagi mahasiswa asing atau pekerja.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Obligasi Syariah, Pas Untuk Muslim!

Pengeluaran Wajib Bulanan di New Zealand

new zaeland

Sumber : Envato

Pengeluaran wajib bulanan merupakan biaya-biaya yang akan kamu keluarkan rutin setiap bulannya. Pengeluaran wajib ini meliputi biaya sewa tempat tinggal, listrik, air, transportasi, sampah, telepon, dan internet. Rata-rata biaya listrik, pemanas, sampah, dan air yang perlu kamu keluarkan setiap bulannya sebesar NZD 223. Untuk bujet telepon dan internet per bulan, berkisar antara NZD 60-80.

Bujet transportasi tergantung pada kota tempat tinggal, jarak tempuh, dan kendaraan yang digunakan. Jika menggunakan transportasi umum, kamu perlu mempersiapkan bujet untuk tiket bulanan dengan nominal antara NZD 183. Sedangkan harga tiket untuk sekali jalan sekitar NZD 3,5.

Biaya Makanan di New Zealand

Bujet biaya makan di New Zealand bisa berbeda-beda bagi setiap individu, tergantung pada kebiasaan makan masing-masing. Secara umum, berikut perbandingan estimasi biaya makan apabila kamu makan di restoran atau beli bahan makanan di supermarket:

Biaya Makan di Luar

Makan di luar bisa jadi opsi ketika kamu malas memasak. Jika ingin hemat biaya makan di luar, kamu bisa pilih restoran murah dengan bujet NZD 25 per orang. Namun, jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Auckland dan Wellington, bujetnya bisa lebih tinggi lagi.
 

Apabila kamu makan di restoran menengah, setidaknya perlu menyediakan bujet NZD 120 untuk 2 orang. Sedangkan untuk makan di restoran cepat saji seperti McD, bujetnya bisa lebih murah sekitar NZD 15.

Harga Bahan Makanan di Supermarket

Nah, untuk kamu yang ingin menghemat biaya makan, membeli bahan makanan di supermarket dan masak sendiri adalah solusinya. Dilansir dari Numbeo, berikut rata-rata harga beberapa bahan makanan di supermarket wilayah New Zealand:

  • Susu (1 liter) NZD 3.07
  • Sepotong white bread (500g) NZD 3.14
  • Beras (1 kg) NZD 3.20
  • Telur biasa (12 butir) NZD 8.27
  • Keju lokal (1 kg) NZD 14.46
  • Ayam fillet (1kg) NZD 14.93
  • Air botol (1,5 liter) NZD 1,8

Biaya Akomodasi di New Zealand

Biaya akomodasi merupakan bagian penting dalam budgeting biaya hidup di New Zealand. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu tinggal tanpa menyewa apartemen (misalnya, tinggal di asrama atau homestay) atau menyewa apartemen sendiri.

Tanpa Sewa Apartemen

Jika memilih tinggal di asrama atau homestay, biaya bulanan yang kamu keluarkan untuk tempat tinggal berkisar antara NZD 800-1.500. Harga ini sudah termasuk sewa tempat tidur dan fasilitas umum. Di beberapa universitas, harga tersebut kadang sudah termasuk  makanan. Oleh karena itu, kunjungi situs resmi universitas terlebih dahulu sebelum menyewa, untuk survey harga dan fasilitas asrama yang ditawarkan.

Sewa Apartemen

Biaya sewa apartemen di New Zealand cukup bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitasnya. Secara umum, biaya sewa apartemen dengan 1-3 kamar tidur di kota-kota besar seperti Auckland atau Wellington berkisar antara NZD 1.800-3.000 per bulan. 

Jika kamu ingin harga sewa yang lebih terjangkau, apartemen di kota-kota yang lebih kecil bisa jadi alternatif. Harga sewa yang ditawarkan mulai dari NZD 1.500-2.500 untuk apartemen dengan 1-3 kamar.

Rincian Biaya Hidup di New Zealand

biaya kuliah di eropa 1.jpeg

Sumber : Envato

Rincian biaya hidup di New Zealand sangat bervariasi tergantung pada gaya hidup dan lokasi tempat tinggal. Namun, sebagai gambaran umum, berikut adalah perkiraan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa dan pekerja di New Zealand:

  • Pengeluaran wajib bulanan: sekitar NZD 600-800
  • Biaya makanan: sekitar NZD 200-300
  • Biaya akomodasi tanpa sewa apartemen: sekitar NZD 800-1.500
  • Biaya sewa apartemen: sekitar NZD 1.500-3.000

Perkiraan total biaya hidup di New Zealand tanpa sewa apartemen sekitar NZD 1.650 per orang atau NZD 5.952 untuk satu keluarga berisi 4 orang anggota keluarga.

Selain biaya-biaya di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan seperti asuransi kesehatan, transportasi tambahan, dan hiburan atau rekreasi. Penting untuk merencanakan anggaran dan mengatur pengeluaran dengan bijak agar sesuai dengan pemasukan atau pendapatan. Rata-rata gaji bersih bulanan di New Zealand sendiri sekitar NZD 4.722 (setelah pajak).

Nah, demikian estimasi biaya hidup di New Zealand untuk mahasiswa maupun pekerja. Berencana transfer uang dari atau ke New Zealand? Kamu bisa menggunakan Flip Globe, ya!

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Untuk Pemula

Flip Globe merupakan fitur dari Flip yang memudahkan transfer internasional dengan murah, cepat, aman, dan telah memiliki lisensi dari bank Indonesia. Dengan Flip Globe, status transaksi kirim biaya hidup di New Zealand jadi lebih aman, tanpa biaya tersembunyi, dan bisa dicek secara real time. 

Unduh aplikasi Flip dan gunakan Flip Globe untuk transaksi transfer internasional sekarang juga!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi