mural
homeforward
Biaya Hidup di Brunei: Bisa Hemat Gak Ya?

Biaya Hidup di Brunei: Bisa Hemat Gak Ya?

Berapa biaya hidup di Brunei Darussalam? Negara penghasil migas terbesar dunia ini populer sebagai negara tujuan TKI—Tenaga Kerja Indonesia, karena menawarkan peluang kerja besar dengan gaji yang tak main-main.

Pekerja asing di Brunei dibayar per bulan sebesar 1.300 BND - 11.300 BND atau sekitar Rp15 juta hingga Rp128 juta (di bidang pertambangan). Lalu, bagaimana dengan biaya hidupnya? Simak ulasan singkatnya berikut!

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Biaya Tempat Tinggal

brunei

Sumber : Envato

Di Brunei, bujet untuk biaya tempat tinggal yang dibutuhkan adalah sekitar 602 BND - 745 BND atau sekitar Rp6, 8 juta - Rp8,4 juta per bulan. Harga sewa tersebut biasanya untuk apartemen studio dengan satu kamar tidur.

Menyewa apartemen tiga kamar secara patungan bisa meringankan biaya hidup untuk mahasiswa di Brunei. Biayanya berkisar 1.180 BND - 1.600 BND (Rp13, 3 juta - Rp18,1 juta).

Biaya Transportasi

Meski biaya hidupnya relatif lebih mahal daripada di Indonesia, harga bensin di sana justru lebih murah. Alasannya, karena pemerintah Brunei Darussalam memberikan subsidi tinggi untuk bensin.

Bila kamu bepergian dengan angkutan umum, biasanya akan dikenakan biaya tiket 1 BND sekali jalan. Bila ingin naik taksi, biayanya adalah mulai dari 5,80 BND atau sekitar Rp65 ribu.

Selain itu, jika kamu tinggal di daerah yang mengharuskanmu menyebrangi sungai, kamu bisa menyewa water taxi. Biayanya cukup murah, rata-rata hanya 1.34 BND. Bila jago nego, kamu bahkan bisa mendapat harga yang lebih murah lagi dari warga lokal.

Komunikasi dan Internet

Di mana pun kamu tinggal, rasanya tidak bisa jauh dari kebutuhan komunikasi dan internet. Biaya hidup di Brunei untuk berkomunikasi via ponsel adalah mulai dari 40 BND atau kisaran Rp453.000 per bulan. Sementara itu, jika ingin menggunakan wi-fi, siapkan kocek sebesar 200 BND atau sekitar Rp22 jutaan setiap bulan.

Pengeluaran Bulanan Wajib

Biaya hidup untuk keluarga di Brunei Darussalam bisa membengkak karena kebutuhan bulanan ini. Beberapa pengeluaran bulanan yang wajib dibayar adalah biaya listrik, air, sampah, juga asuransi. Tidak hanya itu, membeli bahan makanan mentah, camilan, dan alat mandi juga merupakan pengeluaran rutin setiap bulan.

Ini beberapa rincian kisaran harga bahan makanan di Brunei:

  • Susu 1 liter: 2,50 BND atau sekitar Rp28.366
  • Beras 1 kg: 2,10 BND atau sekitar Rp23.827
  • Telur 1 lusin: 3,20 BND atau sekitar Rp36.309
  • Daging sapi 1 kg: 26,80 BND atau sekitar Rp304.090
  • Daging ayam fillet 1 kg: 9,70 BND atau sekitar Rp110.062
  • Tomat 1 kg: 5.9 BND atau sekitar Rp66.945
  • Bawang 1 kg: 3,20 BND atau sekitar Rp36.309
  • Kentang 1 kg: 3 BND atau sekitar Rp34.039

Jika dikalkulasi, setidaknya kamu mengeluarkan 334 BND - 468 BND atau sekitar Rp3,7 juta - 5,3 juta setiap bulan.

Biaya Makan di Brunei

Jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara, biaya hidup di Brunei untuk urusan harga makanan itu relatif lebih tinggi. Namun, pilihannya banyak. Mulai dari makanan lokal nan autentik seperti ambuyat dan nasi lemak, hingga makanan ala western seperti burger, pizza, atau sushi.

Di rumah makan biasa ataupun restoran cepat saji, rata-rata harga seporsi makanan dan minuman adalah 6,7 BND - 9,3 BND. Bila ingin menjajal fine dining, siapkan kocek minimal 53,55 BND atau sekitar Rp607.000 untuk dua orang. Sementara itu, harga air mineral botol di Brunei cukup terjangkau, yakni tidak sampai 2 BND atau di bawah Rp30 ribu.

Pengeluaran Tak Terduga

Kehilangan barang, mengalami kecelakaan, atau sakit adalah beberapa hal tak terduga yang sangat mungkin terjadi. Nah, siapkah kamu bila suatu hari mengalaminya? Jangan sampai pengeluaran tidak terduga ini membebanimu nanti. Mulai siapkan tabungan darurat dari sekarang!

Selain itu, sesekali kamu akan membutuhkan hiburan untuk sejenak menghilangkan stres akibat kuliah atau bekerja. Harga tiket bioskop di Brunei adalah maksimal 13,4 BND atau sekitar Rp152 ribu per orang. Bagi kamu yang hobi gym, kamu bisa membayar biaya member sebesar 93 BND sampai 133 BND (Rp152 ribu - Rp1,5 juta) setiap bulan. 

Cara Menghemat Biaya Hidup di Brunei

brunei

Sumber : Envato

Bagi yang ingin tinggal di Brunei Darussalam, ini tips menghemat biaya hidup yang bisa kamu jadikan acuan agar tidak boros:

  • Untuk meringankan biaya hidup untuk pekerja di Brunei, kamu bisa tinggal di asrama yang disediakan oleh perusahaan.
  • Pilih lokasi tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau perusahaan tempat bekerja.
  • Nonton bioskop atau pergi rekreasi hanya sesekali.
  • Memasak makanan sendiri.
  • Menggunakan listrik dan air secukupnya saja. Bila sedang tidak dipakai, maka matikan.

Ingat, rincian biaya hidup di Brunei ini adalah biaya kisaran dan rata-rata. Angkanya bisa jadi fluktuatif, tergantung beberapa faktor termasuk kebutuhan dan gaya hidup masing-masing. Jadi, sudah siap hidup di Brunei? 

Baca Juga: Begini Cara Dapat Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Saat sudah di Brunei nanti, keluarga atau kerabat di Indonesia bisa kirim uang ke Brunei dengan cepat, loh. Caranya, dengan menggunakan aplikasi Flip. Kurs-nya terbaik, tidak ada biaya tersembunyi, status transaksi juga bisa dicek secara real-time. Tak hanya ke Brunei, kamu juga bisa transfer uang ke 55+ negara dengan Flip Globe! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buruan pakai Flip dan rasakan manfaatnya!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi