mural
homeforward
Berikut 3 Cara Unreg Kartu 3: Gampang, Kok!

Berikut 3 Cara Unreg Kartu 3: Gampang, Kok!

Siapa yang hobi gonta-ganti kartu? Apapun alasannya, saat ini gonta-ganti kartu operator seluler tidak semudah dahulu. Karena jumlah nomor yang boleh dimiliki satu nomor KTP jadi terbatas, kamu perlu tahu cara unreg kartu–khususnya unreg Tri kalau kamu adalah pengguna kartu 3 yang ingin pakai nomor baru. Apakah unreg kartu 3 mengharuskanmu untuk pergi ke kantor operator 3 yang ada di kotamu? Tidak, kok! Kamu bahkan bisa melakukan unreg sambil rebahan. Bagaimana caranya? Cek informasi berikut, ya!    

Baca juga: Gampang, Ini 3 Cara Mengaktifkan Nomor Tri yang Sudah Mati

 

Cara Unreg Kartu 3 dengan Mudah dan Praktis 

Seperti apa sih cara unreg Tri yang mudah dan praktis? Secara umum, ada tiga cara yang biasanya digunakan. Kamu bisa memilih salah satunya untuk menonaktifkan layanan kartu 3. 

1. Unreg Via SMS 

Untuk melakukan penonaktifan kartu 3 melalui SMS, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

- Pastikan kamu menggunakan kartu 3 yang ingin di-unreg. Siapkan juga KTP-mu karena nanti kamu perlu memasukkan nomor NIK. 

- Lalu, buka aplikasi SMS di handphone kamu. 

- Pilih fitur buat SMS. 

- Lalu, ketik UNREG#NIK (nomor KTP). Contohnya adalah seperti ini: UNREG#6378754692312654. 

- Lalu, atur 4444 sebagai penerima pesan. 

- Periksa ulang isi SMS-mu. Jika sudah benar, maka kamu bisa mengirimkan SMS unreg Tri tersebut. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hingga ada SMS notifikasi dari 4444. SMS tersebut adalah SMS konfirmasi bahwa nomor 3 yang kamu gunakan telah dinonaktifkan. 

2. Unreg Via Website/Online 

Selain lewat SMS, kamu juga bisa melakukan unreg Tri melalui website resmi mereka secara online. Cara ini adalah cara unreg kartu 3 yang mudah, lho. Begini cara melakukannya. 

- Pertama, siapkan smartphone atau komputer yang terkoneksi ke internet. Gunakan juga kartu Tri yang akan di-unreg. Jangan lupa menyiapkan KTP-mu. KTP dibutuhkan karena nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor KTP. 

- Lalu, buka internet browser baik di smartphone atau di komputer. 

- Di search bar, ketikkan alamat URL berikut: https//registrasi.tri.co.id/unreg. Lalu, kunjungi laman tersebut. 

- Pada laman tersebut, kamu akan menjumpai dua kolom, yaitu kolom untuk nomor Tri-mu dan NIK (nomor KTP). Isi kedua kolom tersebut dengan benar dan teliti. 

- Klik pada menu ‘Minta Kode Rahasia’. Setelah kamu meng-klik ini, kamu hanya perlu menunggu SMS yang memberikan kode rahasia yang dimaksud. 

- Isikan kode rahasia yang kamu terima ke kolom yang tersedia di website. 

- Terakhir, kamu hanya perlu centang verifikasi ‘I’m not a robot’. Klik tombol kirim setelahnya. 

3. Unreg dengan mengunjungi gerai resmi 3 

Alternatif dari dua cara unreg kartu Tri di atas adalah dengan mendatangi langsung gerai resmi 3. Dengan cara ini, kamu bisa langsung meminta petugas untuk menonaktifkan nomormu dengan mudah. Untuk melakukan cara unreg kartu Tri yang ini, kamu hanya perlu cari tahu di mana lokasi kantor pusat Tri (3Store). Lalu, kunjungi 3Store dan sampaikan bahwa kamu ingin melakukan penonaktifan kartu Tri. Jangan lupa membawa Kartu Keluarga, KTP, dan nomor yang ingin di-unreg. Pasalnya, ketiga data ini diperlukan untuk melakukan verifikasi data nantinya.   

 

Bagaimana Cara Unreg Kartu 3 yang Hilang? 

![Unreg Tri ](https://storage.googleapis.com/flip-prod-mktg-strapi/media-library/UnregTri2d85c6cfe9b/UnregTri2d85c6cfe9b.jpg) 

Sumber : Wigatoz 

Apakah bisa unreg Tri apabila kartunya hilang atau rusak? Jawabannya adalah bisa. Untuk melakukan penonaktifan kartu tri yang sudah hilang/rusak, kamu bisa memilih salah satu dari dua pilihan berikut. 

1. Mengunjungi 3Store langsung. 

Jika kamu memilih cara ini sebagai cara unreg kartu Tri, maka pastikan untuk membawa serta Kartu Keluarga dan KTP pada saat berkunjung. Sampaikan kepada petugas bahwa kamu ingin unreg kartu 3, namun kartumu hilang. Petugas akan membantumu untuk melakukan penonaktifan kartu. 

2. Menghubungi call center 3 (Tri) 

Kalau kamu berhalangan untuk datang langsung ke 3Store, kamu juga bisa menghubungi call center 3 di nomor 0896-4400-0123. Kamu bisa menghubungi nomor ini dari nomor operator lain selain 3 (Tri). Pastikan pulsa kamu mencukupi karena layanan ini berbayar. 

 

Alasan Mengapa Kamu Perlu Unreg Tri 

Mungkin kamu penasaran, mengapa sih kok perlu melakukan unreg Tri sebelum ganti nomor yang baru? Saat ini, ada aturan pemerintah yang menyatakan bahwa satu nomor KTP hanya bisa digunakan untuk maksimal tiga nomor saja. Ini adalah upaya untuk melindungi pengguna layanan operator seluler dari spam dan potensi penipuan. Karena alasan inilah, kamu tidak bisa menggunakan lebih dari tiga nomor sekaligus. Supaya kamu bisa menggunakan nomor baru, kamu perlu melakukan unreg Tri terlebih dahulu sebelum mengganti kartu. 

Cara unreg kartu Tri sudah disebutkan di atas–kamu hanya perlu memilih salah satu cara yang dirasa mudah dan menerapkannya. Terkadang orang mengganti kartu SIM-nya dengan kartu SIM baru karena nomor tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi setelah masa tenggangnya berakhir. 

 

Baca juga: Ada yang Butuh Pulsa? Ini 3 Cara Transfer Pulsa Tri, Gampang!

Nah, supaya ini tidak terjadi, kamu bisa lakukan pengisian pulsa sebelum masa aktif kartu berakhir. Kabar baiknya, Flip bisa bantu kamu untuk membeli pulsa maupun paket data dengan mudah, lho! Tidak perlu lagi beli pulsa atau paket data di konter pulsa. Beli pulsa sambil rebahan pun, bisa! Keren, bukan? Maka dari itu, yuk, download Flip!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi