mural
homeforward
Bayar BPJS Kesehatan Makin Simpel dengan Flip

Bayar BPJS Kesehatan Makin Simpel dengan Flip

Bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan yang tidak makan waktu lama? Seperti yang kamu tahu, BPJS Kesehatan memberikan solusi yang praktis untuk menghemat biaya berobat.

Untuk bisa menikmati berbagai manfaat dan kemudahan BPJS Kesehatan, pastikan membayar iuran rutinnya sebelum jatuh tempo (tanggal 10 setiap bulannya). Lalu, bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan dan memastikan pembayaranmu berhasil?

 

Metode Cek Pembayaran BPJS

Photo by rawpixel.com on Freepik

Saat melakukan pembayaran, kadang muncul rasa waswas; apakah transaksi berhasil diproses atau tidak ya? Untuk pembayaran BPJS, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, sudah ada beberapa cara cek pembayaran BPJS super simpel yang bisa kamu lakukan melalui:

1. Website resmi BPJS

Kamu bisa cek pembayaran BPJS melalui website bpjs-kesehatan.go.id/bpjs. Selanjutnya, masuk ke menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”. Ketikkan nomor kartu, tanggal lahir, dan kode validasi. Klik “Cek” dan informasi mengenai pembayaran akan langsung ditampilkan.

2. Aplikasi Mobile JKN

BPJS Kesehatan punya aplikasinya sendiri, yaitu Mobile JKN. Melalui aplikasi ini, kamu bisa daftar berobat, berkonsultasi, dan mengecek pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Cukup klik menu “Lainnya” dan pilih opsi “Info Iuran”, maka data pembayaran akan muncul.

3. SMS support

Kamu juga bisa cek pembayaran BPJS Kesehatan melalui SMS. Caranya, ketik pesan “TAGIHAN [Nomor Kartu]” dan kirim ke nomor 087775500400. Contohnya, TAGIHAN 0001234567890.

4. Layanan WhatsApp

Jika kamu kesulitan untuk SMS, bisa mencoba layanan chat assistant BPJS Kesehatan di WhatsApp. Kirim pesan WhatsApp ke nomor 08118750400. Di bagian menu, pilih opsi “Cek Tagihan Iuran” atau ketik “2”. Selanjutnya, masukkan NIK dan tanggal lahir. Sistem kemudian akan langsung menampilkan informasi pembayaran.

5. Nomor virtual account

Memanfaatkan fitur pembayaran di mobile banking, kamu bisa mengetahui informasi pembayaran BPJS. Masuk ke menu Pembayaran di aplikasi mobile banking, lalu masukkan virtual account (VA) BPJS Kesehatan.

Untuk rekening Mandiri, nomor VA adalah 89888 dan diikuti nomor kartu BPJS. Sedangkan untuk rekening BNI dan BRI, nomor VA adalah 88888 dan diikuti nomor kartu BPJS.

 

Baca Juga : Mudah dan Cepat! Ini Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

5 Cara Bayar BPJS Kesehatan

Sama seperti cara cek pembayaran BPJS, cara bayar BPJS Kesehatan pun beragam. Kamu bisa pilih yang paling praktis buatmu.

1. Daftar auto debit

Buat kamu yang sering terlambat membayar iuran karena lupa tanggal jatuh tempo, bisa coba mendaftar auto debit. Fitur ini tersedia di aplikasi Mobile JKN. Dengan mendaftar auto debit, maka saldomu akan otomatis terpotong untuk membayar iuran sebelum tanggal jatuh tempo.

2. ATM bank

Photo by fanjianhua on Freepik

Cara bayar BPJS Kesehatan yang satu ini banyak disukai karena memberikan print out bukti pembayaran. Pada mesin ATM, pilih menu “Bayar” atau “Beli”. Kemudian, klik opsi “Lainnya” dan pilih “BPJS Kesehatan”. Masukkan nomor kartu untuk menerbitkan VA. Cek kembali nominal pembayaran dan klik “Bayar” untuk menyelesaikan transaksi.

3. Aplikasi e-commerce

Alternatif lainnya adalah membayar lewat aplikasi e-commerce. Untuk melakukan pembayaran, kamu tinggal masuk ke menu pembayaran dan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan.

4. Minimarket

Selain melalui ATM dan e-commerce, kamu juga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan melalui minimarket mitra. Di minimarket, proses pembayaran akan dilakukan pihak kasir. Kamu cukup menyebutkan nomor kartu dan membayar kepada kasir setelah transaksi dinyatakan berhasil.

5. Aplikasi Flip

Kini, kamu juga bisa bayar tagihan BPJS Kesehatan di Flip, lhoBayar BPJS Kesehatan di Flip bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Tinggal masuk ke menu “BPJS Kesehatan”, masukkan nomor kartu dan pilih periode tagihan, pembayaran pun beres. Tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi atau keluar rumah!

 

Baca Juga : Praktis! Begini Syarat dan Cara Bikin BPJS Online di Tahun 2023

 

Pastikan kamu selalu bayar BPJS Kesehatan tepat waktu supaya bisa menikmati berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan. Untuk pembayaran yang praktis dan lebih hemat waktu, jangan lupa gunakan layanan Bayar BPJS Kesehatan di aplikasi Flip.

Dengan aplikasi Flip, kamu bisa bayar tagihan BPJS Kesehatan hanya dalam beberapa klik saja. Tidak perlu lagi berpindah aplikasi atau bahkan keluar rumah. Bukti transfer pun akan langsung diberikan jadi kamu tidak perlu bingung cek pembayaran BPJS. Aplikasi Flip hadirkan kemudahan dalam bayar BPJS KesehatanDownload aplikasinya sekarang, tersedia di Google Play Store dan App Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi