mural
homeforward
Bank Syariah Mandiri: Profil, Sejarah, dan Produk-Produk Unggulan

Bank Syariah Mandiri: Profil, Sejarah, dan Produk-Produk Unggulan

Bank menjadi suatu lembaga penting yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Perusahaan keuangan ini bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan uang dengan aman, berinvestasi, bahkan mengajukan pinjaman. Salah satu lembaga yang semakin populer belakangan ini adalah Bank Syariah Mandiri. Sebagai bank yang memiliki predikat ‘Syari’ah’, semua transaksi di dalamnya berdasar peraturan Islam.

Bank yang juga lebih akrab disebut sebagai BSM Syariah ini merupakan bagian atau unit dari Bank Mandiri. Meskipun ada tambahan syariah, tetapi BSM Syariah tetap menawarkan pelayanan lengkap untuk para nasabah dalam hal finansial. Bahkan, para nasabah juga bisa melakukan pembayaran infak, sedekah, dan zakat melalui BSM Syariah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai produk dari mandiri syariah ini, ada baiknya untuk mengetahui profil dan sejarah singkatnya.

Sekilas Profil Bank Syariah Mandiri

BSM Mandiri merupakan bank syariah yang telah beroperasi sejak tahun tanggal 1 November 1999 atau tanggal 25 Rajab 1420 H. Kantor pusat dari bank ini adalah Wisma Mandiri I Jl. MH. Thamrin No.5, Jakarta 10340 – Indonesia.

Sebagai bank yang telah terpercaya, BSM Syariah telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Ini membuktikan bahwa bank memang aman dan amanah.

Secara ringkas, beberapa hal penting seputar BSM Syariah antara lain:

  • Kode Bank Mandiri Syariah  : 451
  • No. Telpon/CS                          : 14040
  • Situs resmi                                 : https://www.mandirisyariah.co.id/

BSM Syariah didirikan setelah krisis moneter (krismon) pada tahun 1997 hingga 1998 silam. Saat itu kondisi perbankan benar-benar buruk dan tertekan.

Sejarah mengungkapkan bahwa BSM Syariah merupakan gabungan dari PT. Bank Susila Bakti (BSB). Bank ini dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) PT. Bank Dagang Negara serta PT. Mahkota Prestasi.

bank syariah mandiri menjadi bank syariah indonesia

sumber : flickr.com

Kemudian di tahun tersebut juga, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. terwujud dari merger 4 bank. Kebijakan atas penggabungan tersebut memutuskan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sebagai pemilik paling banyak (mayoritas) BSB.

Akhirnya terbentuklah Bank Syariah Mandiri yang memadukan nilai-nilai rohani dengan idealisme usaha. Namanya bank syariah, landasan operasionalnya tentu berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Apa Saja Produk dari BSM Syariah?

Membahas tentang bank, tentu tak akan lepas dari yang namanya produk-produk. Setiap bank memiliki jenis produk berbeda, tergantung dari visi dan misi bank. Tetapi semua produk sudah pasti mengacu pada kondisi finansial.

Berikut ini adalah beberapa produk dari BSM Syariah:

  1. Deposito Syariah

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan deposito kan? Deposito semakin diminati karena bisa menjadi simpanan jangka panjang yang hasilnya menggiurkan. Banyak yang mulai beralih menggunakan deposito untuk investasi.

Ada dua produk yang ditawarkan oleh lembaga ini, yaitu BSM Deposito dan BSM Deposito Valas. Ada mata uang rupiah dan dollar yang tersedia dengan prinsip Mudharabah Muthlaqah.

  1. Tabungan Simpanan

Bukan hanya deposito, tetapi juga tabungan dalam bentuk simpanan. Mulai dari tabungan mudharabah, tabungan simpel iB, tabungan berencana, tabungan wadiah, tabungan investa cendekia, tabungan dollar, tabungan pensiun, dan tabunganku.

Dari delapan produk itu, mayoritas nasabah BSM Syariah menggunakan produk tabungan mudharabah. Tabungan syar’i ini memakai akad mudharabah muthlaqah dengan hasil yang bersaing. Bukan hanya itu saja, tetapi ada juga fasilitas menarik berupa e-Banking.

  1. Tabungan Haji dan Umrah

Buat Kamu yang ingin mulai menabung untuk naik haji, sudah tahu belum BSM Syariah memiliki produk ini? Tabungan khusus haji dan umrah ini ditawarkan bagi perorangan untuk anak-anak atau orang dewasa yang usia minimalnya adalah 12 tahun. Ada Tabungan Mabrur dan Tabungan Mabrur Junior.

Keuntungan yang bisa Kamu peroleh ketika menggunakan produk ini adalah gratis atau bebas biaya bulanan. Kamu juga akan memperoleh notifikasi ketika saldo sudah cukup untuk mendaftar haji.

  1. Investasi

Produk berikutnya yang tak kalah diminati adalah investasi. Kamu bisa berinvestasi:

  • Sukuk Tabungan
  • Pasar Sekunder
  • Pasar Perdana
  • Sukuk Negara Retail
  • Reksadana
  1. Mandiri Syariah Debit

Ketika menggunakan kartu debit, Kamu akan diberi 2 pilihan menarik oleh bank ini. Kamu bisa memilih kartu dengan logo GPN atau kartu dengan logo VISA yang dapat digunakan di semua ATM Mandiri yang terdekat.

  1. Mandiri Syariah Debit Standar Nasional (GPN)

Produk ini berbentuk kartu chip yang berfungsi sebagai kartu Debit dan ATM. Kartu ini bisa Kamu gunakan di semua mesin ATM atau EDC domestik.

  1. Mandiri Syariah Priority

Mandiri syariah priority ditujukan bagi Kamu yang merupakan nasabah istimewa. Produk ini bertujuan untuk membantu pengelolaan kebutuhan perbankan dari nasabah. Selain itu, Kamu juga akan diberi solusi mengenai perencanaan keuangan yang lebih baik dan menyeluruh.

Apa Kelebihan Menjadi Nasabah BSM Syariah?

Sebagai bank swasta yang populer, BSM Syarih semakin diminati oleh banyak nasabah. Ini karena banyaknya kelebihan yang bisa Kamu peroleh ketika menabung di lembaga keuangan ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari menabung di BSM Syariah yang bisa Kamu peroleh:

  1. Pelayanan Ramah

Poin pertama yang patut diapresiasi adalah pelayanan di BSM Syariah yang ramah. Semua nasabah pasti akan disapa dengan mengucapkan salam. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan bank memang berdasarkan prinsip Islam, sangat direkomendasikan bagi Kamu yang beragama Islam.

Pelayanan yang ramah akan membuat pengunjung merasa nyaman dan tenang. Ketika Kamu berkunjung di BSM Syariah, Kamu pasti akan merasa puas dengan sistem pelayanannya.

  1. Kualitas ATM yang Baik

Keuntungan selanjutnya yang bisa Kamu peroleh adalah kualitas ATM dari BSM Syariah yang dikatakan sangat bagus dan terjaga. Kamu mungkin pernah beberapa kali melihat mesin ATM yang rusak, hal itu sangat minim terjadi ketika Kamu menggunakan mesin dari bank ini.

  1. Memiliki Banyak Produk

Kamu pasti sudah tahu kalau BSM Syariah memiliki berbagai produk menarik yang akan membantu proses finansial dengan sebaik mungkin. Semua produk di atas bisa Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan tabungannya juga bermacam-macam dan berlandaskan prinsip syariah.

Ada juga tabungan haji yang bisa membuat mimpi Kamu untuk pergi ke tanah suci menjadi kenyataan. Tabungan pasti aman karena sistem bank yang terbukti amanah.

  1. Nilai Endap Rendah

BSM Syariah juga memiliki nilai endap yang sangat rendah, yaitu Rp. 50.000 saja. Hal ini berbeda dengan sistem endap dari bank lain yang bisa dikatakan lumayan mahal yaitu sekitar Rp. 100.000.

Ini akan menjadi nilai lebih bagi Kamu yang menggunakan pelayanan dari BSM Syariah. Dengan ATM yang praktis, nilai endap rendah, serta pelayanan yang baik akan membuat Kamu puas.

Masih banyak kelebihan dan keuntungan dengan menabung di BSM Syariah. Bahkan Kamu juga melakukan transaksi ke luar negeri dengan fitur menarik dari bank ini berupa wired transfer.

Bank Syariah Mandiri terbukti menjadi lembaga yang sangat baik dalam pelayanan wired transfer karena jarang terjadi error.

aplikasi flip transfer antar bank tanpa biaya strapi

Bank Syariah Mandiri Bertranformasi Menjadi Bank Syariah Indonesia

Sejak Februari 2021 lalu 3 Bank Syariah terbesar di Indonesia yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah resmi merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Lalu bagaimana dengan nasabah di ketiga Bank Syariah terkait apakah harus dilakukannya migrasi ke rekening milik Bank Syariah Indonesia?

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Bank Syariah Indonesia, proses migrasi ketiga bank tetap dilakukan namun bertahap dari Februari sampai dengan Oktober 2021.

Jadi jika Kamu termasuk nasabah Bank Syariah Mandiri dan belum melakukan migrasi ke Bank Syariah Indonesia, segera kunjungi kantor Bank Syariah Indonesia terdekat di kota Kamu untuk memproses perpindahan agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi