mural
homeforward
Bank BTPN – Pioner Tabungan Digital Indonesia! Yuk Simak Ulasannya!

Bank BTPN – Pioner Tabungan Digital Indonesia! Yuk Simak Ulasannya!

Bank BTPN merupakan salah satu bank yang terkenal dengan layanan rekening Jenius-nya. Bank ini sebenarnya merupakan gabungan antara Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) beserta PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). 

Target pelayanan bank ini yaitu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pensiunan, komunitas prasejahtera, consument class hingga masyarakat korporasi. Di samping itu, bank ini juga memiliki anak usaha yakni BTPN Syariah yang ditujukan pada nasabah prasejahtera produktif dengan memberikan berbagai pelayanan seperti pelatihan dan penyaluran informasi agar nasabah bisa tumbuh dan mendapatkan peluang yang lebih besar. 

Apa Saja Produk Yang Ditawarkan Bank BTPN?

Bank ini memiliki unit bisnis dengan visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan nasabahnya. BTPN memiliki sejumlah unit bisnis yang sangat menguntungkan pengguna, antara lain:

  • Wholesale Banking Business 
  • BTPN Sinaya 
  • BTPN Purna Bakti 
  • BTPN Mitra Usaha Rakyat 
  • BTPN Mitra Bisnis 
  • BTPN Wow!
  • Jenius 

Tabungan Jenius Dari BTPN 

Untuk memenuhi perkembangan jaman yang semakin cepat, BTPN menyediakan layanan tabungan digital Jenius yang bisa Kamu pakai untuk transaksi. Jenius ini bisa dibilang sebagai pioner perbankan digital di Indonesia. 

Manfaat Jenius ini sangat keren, terlebih kalau Kamu suka belanja online, terutama ke luar negri. Yuk, simak beberapa keunggulan Jenius yang tidak dimiliki oleh bank lain:

Langsung Terkoneksi dengan Visa 

Buat Kamu yang hobi berbelanja di merchant luar negeri, pasti Kamu suka dipusingkan dengan kartu kredit. Sayangnya, tidak semua orang mudah mendapatkan persetujuan menggunakan kartu kredit dari bank. Atau, orang biasanya enggan menggunakan kartu kredit karena boros. 

profil bank btpn dan jenius

Nah, Jenius ini bisa jadi media transaksi yang tepat untukmu karena Kamu bisa membeli barang dari merchant di luar negeri hanya dengan kartu debit! Yap, nantinya uang rupiah Kamu secara otomatis akan dikonversikan ke mata uang dollar. 

Buka Rekening Tidak Perlu Datang ke Kantor 

Hal yang paling mengasyikkan dari Jenius ini yaitu pendaftarannya. Alurnya sangat mudah! Kamu hanya cukup menggunakan smartphone Kamu untuk melakukan verifikasi data. Nantinya Kamu akan diminta untuk video call dan aktifasinya akan dibantu langsung oleh customer service-nya. 

Tidak Ada Saldo Mengendap!

Sebagian besar bank akan menerapkan aturan “saldo mengendap”. Nah di Jenius, Kamu tidak perlu merasa dirugikan dengan hal ini Karena mereka tidak menerapkan aturan ini. Kamu bisa menarik uangmu hingga 0 rupiah. 

Gratis Tarik Tunai dan Transfer 

Kamu sering transfer ke antar bank dan sering tarik uang di ATM yang lain? Tentunya uang Kamu habis terkena biaya administrasi. Nah, lewat Jenius, Kamu tidak perlu khawatir. Gratis tarik uang dan transfer antar bank maksimal 25x sebulan. 

Boleh Pilih Sampai 7 Mata Uang 

Untuk Kamu yang sering bepergian ke luar negeri dan belanja online di merchant internasional, Kamu pasti membutuhkan yang namanya mata uang asing. Jenius sendiri menyediakan sampai 7 mata uang asing, yaitu USD, JPY, SGD, AUD, HKD dan EUR.

Bisa Punya Kartu Debit Alternatif  Max 3

Hal menarik dari Jenius yaitu 3 kartu debit yang bisa Kamu gunakan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya Kamu ingin memisah uang belanja, uang jalan-jalan dan uang untuk orang tua. Kartu debit ini membuat keuanganmu jadi lebih teratur dan tidak takut kebobolan. 

Cara Daftar Tabungan Jenius

Untungnya, Jenius merupakan tabungan multifungsi yang bisa Kamu gunakan untuk berbagai hal mulai dari membayar tagihan, mengisi e-wallet seperti Ovo, Gopay, LinkAja dsb, hingga melakukan transaksi yang mengharuskan Kamu menggunakan Visa Card. 

Untuk bisa menggunakan keseluruhan fitur ini, Kamu harus melakukan proses pendaftaran dengan lengkap. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Hal Yang Wajib Kamu Siapkan 

  • Siapkan KTP asli dan juga NPWP
  • Bila Kamu belum punya NPWP, nanti Kamu bisa mencentang pilihan “Saya tidak memiliki NPWP” ketika melakukan registrasi. Meski demikian, bila Kamu tidak punya, Kamu tetap diharuskan menunjukkan NPWP penanggung dana misal orang tua atau pasangan. 
  • Siapkan dokumen penting seperti KTP/Paspor/KTM/NPWP sesuai dengan ketentuan. 
  • Kertas putih untuk tandatangan. 

Cara Buka Rekening Jenius 

  • Download aplikasi Jenius di Playstore atau Appstore 
  • Lakukan proses registrasi dengan memilih “Aktifkan” pada aplikasi supaya kamu terhubung dengan pihak Jenius. 
  • Isilah data pribadi Kamu lalu masukkan email, nomor telepon yang aktif. 
  • Pastikan isikan data yang diminta termasuk foto KTP asli dengan jelas. 
  • Buatlah nama $Cashtag di kartu debit Kamu.
  • Buatlah password beserta PIN untuk transaksi. Password ini harus kombinasi huruf kapital, kecil dan angka supaya aman. Setelah itu, buatlah 6 digit PIN untuk login aplikasi Jenius Kamu. 
  • Nah, langkah berikutnya yaitu memilih cara aktivasi. Ada dua cara yaitu pakai video call atau datang ke lokasi cabang terdekat. 
  • Bila Kamu memilih video call, Kamu bisa pilih opsi ini. Begitu pula sebaliknya. 
  • Nantinya, tim Jenius akan membantumu melakukan aktifasi bila Kamu memilih video call. 
  • Pastikan aktifasi internet Kamu stabil dan tersedia setiap hari kerja pukul 08:00-21:00. 

Nah,bila akun Jeniusmu sudah aktif, tunggu pengiriman kartu debit m-card datang. Kamu juga bisa request kartu debit tambahan (x-card) melalui aplikasi. 

Umumnya, proses regristasi Kamu hanya butuh 10 menit bila Kamu sudah menyelesaikan dokumen yang diminta.  

Nah, bila m-card dan x-card Kamu sudah tiba, Kamu bisa menggunakannya untuk bertransaksi. Gunanya m-Card ini yaitu untuk melihat kode VCC-mu ketika ingin melakukan transaksi online. Disamping itu, m-card ini berguna untuk mengatur beberapa pengaturan di aplikasi Jenius Kamu. Jadi pastikan Kamu jaga baik-baik dan tidak menyebarkannya. 

aplikasi flip transfer antar bank tanpa biaya strapi

Sementara untuk x-card adalah kartu tambahan yang bisa Kamu pakai untuk berbagai kebutuhan yang bisa Kamu atur sesuka hati. Misalnya Kamu menggunakan satu kartu untuk diberikan kepada asisten rumah tangga. Kamu tidak perlu buka tabungan baru, Karena kartu debit ini sudah cukup untuk membantumu memantau transaksi keuangan. 

Kemudian untuk kartu  ke-dua, Kamu berikan untuk orang tua. Kamu bisa mengirim dana ini sesukamu dan tetap tidak perlu capek-capek membuka buku tabungan baru, yang mana ini akan membuatmu boros di administrasi. 

Begitu pula dengan kartu ke-3. Kamu bisa gunakan untuk adikmu misalnya. Kamu  tinggal mentransfer uang untuk kebutuhan adikmu ke kartu ini dan ia bisa menggunakannya ketika ia butuh. Yang paling mudah, Kamu bisa memantau ke-tiga dana dompet digital  di atas dengan satu aplikasi saja. 

Meski demikian, fitur gratis transfer Jenius ini terbatas. Hanya sampai 25 kali saja untuk transfer ke bank lain. Di samping itu, transfer dari bank lain ke rekening Jenius juga memerlukan kode bank BTPN (213) dan dikenakan biaya administrasi. Nah, Kamu bisa gunakan aplikasi Flip untuk membantumu bertransaksi tanpa harus terganjal biaya ini. Termasuk kemudahan top-up berbagai dompet digital Indonesia lainnya! 

Ayo download  aplikasi Flip sekarang juga! 

Bagikan

Lainnya

Profil, Promo, dan Cara Berbelanja di Tokopedia
Profil, Promo, dan Cara Berbelanja di Tokopedia
Tips Mengelola Gaji PNS Agar Cukup untuk Kebutuhan Bulanan
Tips Mengelola Gaji PNS Agar Cukup untuk Kebutuhan Bulanan
Penghasilan Setara Gaji UMR Jakarta, Bagaimana Mengatur Pengeluaran?
Penghasilan Setara Gaji UMR Jakarta, Bagaimana Mengatur Pengeluaran?
Harbolnas: Pengertian, Sejarah, dan Tips Berbelanja Saat Harbolnas Berlangsung
Harbolnas: Pengertian, Sejarah, dan Tips Berbelanja Saat Harbolnas Berlangsung
Cerdas Saat Belanja Online, Yuk Lakukan Hal Ini
Cerdas Saat Belanja Online, Yuk Lakukan Hal Ini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.7

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

MasukBlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi