mural
homeforward
Bank BJB: Profil, Sejarah, dan Kelebihan Menjadi Nasabahnya

Bank BJB: Profil, Sejarah, dan Kelebihan Menjadi Nasabahnya

Bank merupakan sebuah badan usaha yang menghimpun dananya dari masyarakat yang biasanya berbentuk simpanan kemudian menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk lain. Di Indonesia telah banyak berdiri Bank-Bank ternama yang telah dipercaya oleh banyak nasabah, salah satunya adalah Bank BJB

Bank yang pernah dikenal sebagai Bank Jabar Banten ini telah beroperasi lebih dari 5 dekade dan telah memiliki banyak nasabah yang setia.

Pendirian bank ini memiliki latar belakang yang berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 33/1960 yang membahas mengenai penentuan perusahaan milik Belanda di Indonesia yang dinasionalisasi. 

Perusahaan milik Belanda yang berdiri di kota Bandung yang pada akhirnya ikut dinasionalisasi adalah De Eerste Nederlandsche Indische Shareholding N.V., yang merupakan sebuah bank hipotek.

Setelah pemberlakuan Peraturan Pemerintah tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Barat mendirikan Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat dengan menggunakan khas daerah yang senilai Rp. 2.500.000,00 sebagai modal awal. 

Membahas mengenai bank, tentu Kamu penasaran dengan profil singkatnya kan?

Baca juga: Bank BRI – Kemudahan Aktifitas Perbankan Dengan Teknologi Modern

 

Daftar Isi

Sejarah dan Profil Singkat Bank BJB

Mempelajari profil Bank BJB sekaligus sejarahnya merupakan hal yang menarik. Kamu mungkin bisa mengetahui banyak hal tentang lembaga keuangan ini, sehingga menjadi tahu perjuangan sebuah lembaga usaha sampai menjadi besar seperti sekarang.

BJB adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) yang dimiliki oleh pemerintah Jawa Barat dan Banten. Bank ini telah berdiri sejak 20 Mei 1961 dan memiliki kantor pusat yang terletak di daerah Bandung, Jawa Barat. 

Lebih akuratnya lagi, kantor pusat Bank ini beralamat di Menara Bank BJB, Jl. Naripan No.12 – 14, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dengan kode POS 40111.

Tercatat hingga saat ini, BJB telah memiliki 65 kantor cabang serta 315 kantor cabang pembantu, 346 kantor kas, 213 payment point, 1.743 ATM serta 13 Weekend Banking. 

  • Kode Bank : 110
  • Website Resmi : www.Bankbjb.co.id
  • Email Perusahaan : [email protected] 
  • Call Center : 14049

Saat awal berdiri, bank berbentuk sebuah perseroan terbatas dan mengalami perkembangan menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMN). Nama awal yang digunakan oleh Bank ini saat berdiri adalah Bank Jabar yang kemudian berubah nama menjadi Bank Jabar Banten pada bulan November 2007, dan memutuskan untuk menggunakan nama β€˜Bank BJB’ pada 2 Agustus 2010.

Apa Saja Produk Bank BJB?

BJB Bank memiliki serangkaian produk menarik untuk para nasabahnya. Berikut ini adalah beberapa contoh untuk produk yang ditawarkan oleh bank:

Tabungan

Jika Kamu ingin membuka tabungan di BJB, Kamu akan diberikan pilihan tabungan yang menarik seperti bjb Tandamata yang memberikan penawaran tingkat suku bunga kompetitif dengan perhitungan bunga harian. Terdapat cukup banyak jenis tabungan bjb Tandamata yang bisa Kamu sesuaikan dengan kondisi Kamu. Pilihan lainnya meliputi Simpeda dan TabunganKu

Deposito

Deposito saat ini memiliki cukup banyak peminat karena manfaatnya yang bisa digunakan untuk simpanan jangka Panjang dengan hasil yang menjanjikan. Deposito yang ditawarkan oleh BJB diantaranya adalah bjb Deposito Berjangka, bjb Deposito Suka-suka, bjb Deposito Valas, dan bjb Deposito Diskonto. 

Giro

Giro merupakan produk simpanan dalam perbankan dimana proses penarikannya bisa dilakukan kapan saja menggunakan selembar cek. Untuk produk ini, bank memberikan dua pilihan yaitu bjb Giro Valas yang memiliki beberapa mata uang asing dan yang satunya bjb Giro Perorangan yang mampu membantu perjalanan bisnis Kamu menjadi lebih mudah.

Kredit

Bank juga memberikan cukup banyak pilihan dalam memberikan pinjaman misalnya adalah bjb Back to Back Loan yang menggunakan jaminan berbentuk anggunan khas, bjb Kredit Guna Bhakti, bjb KPR, bjb KPPB, dan juga bjb KPB.

bjb siMuda

Buat Kamu yang masih muda atau dari golongan mahasiswa/pelajar, jenis tabungan ini merupakan pilihan yang sempurna. Produk ini menawarkan berbagai fitur yang menarik mulai dari bebas menentukan tujuan investasi. Jadi Kamu bisa memilih sendiri tujuan untuk tabungan berencana Kamu, bisa pendidikan, wisata, pensiun, dan lain-lain.

Selain produk-produk di atas, masih banyak produk dan juga jasa lain yang menarik untuk ditawarkan kepada nasabahnya. 

Apa Kelebihan Menjadi Nasabah BJB?

Memilih bank pasti juga memperhatikan berbagai aspek lainnya. Mulai dari kelebihan atau keuntungan ketika menjadi nasabah di bank tersebut. Seperti halnya BJB, selain memiliki banyak produk, bank ini juga penuh dengan keunggulan.

Jika Kamu memutuskan untuk membuka rekening di BJB, tentu saja akan ada keuntungan tersendiri yang bisa kamu dapatkan. Beberapa keuntungan yang diberikan oleh BJB diantaranya adalah sebagai berikut:

Biaya Administrasi Bulanan Tergolong Kecil

Biaya untuk administrasi bulanan pada ATM BJB tergolong cukup kecil jika dibandingkan dengan bank yang lainnya. Berikut ini adalah daftar biaya singkat untuk Administrasi bulanan yang diberlakukan oleh bank BJB untuk kartu ATM saat ini.

  • Silver : Rp. 10.000,00
  • Classic : Rp. 16.000,00
  • Gold : Rp. 19.000,00
  • Gold (Visa) : Rp.19.000,00
  • Platinum (Visa) : Rp. 21.000,00

Dengan begitu, Kamu bisa memilih ATM sesuai dengan kebutuhan atau kondisi finansial Kamu. Misalnya jika Kamu adalah mahasiswa atau pelajar, maka ATM Silver merupakan pilihan yang tepat.

Beberapa Pilihan Tabungan Memiliki Layanan e-banking

E-Banking atau Internet Banking merupakan layanan untuk melakukan sebuah transaksi perbankan menggunakan internet. Dengan sistem ini nasabah dapat lebih menghemat waktu yang dimilikinya, karena dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. BJB telah menerapkan sistem ini pada beberapa pilihan tabungan yang ditawarkan.

Nasabah Memiliki Hak Untuk Fasilitas Seperti Kartu ATM atau Debit Untuk Bertransaksi

Ketika membuka rekening di BJB kamu akan mendapatkan hak untuk memiliki kartu ATM ataupun Debit yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan.

Nasabah Berkesempatan Untuk Mendapat Hadiah Menarik Melalui Program Undian

Program Undian yang diselenggarakan oleh BJB seperti Program Undian Nasional Simpeda. Tabungan Simpeda telah menjadi salah satu produk andalan yang memiliki respon positif dari para nasabah bank ini.

Tahun 2021 ini, Undian Nasional Tabungan Simpeda yang diselenggarakan memiliki total hadiah sebesar Rp. 6 miliar yang dibagi menjadi dua kali undian dengan Rp. 3 miliar untuk setiap undian. 

Satu pemenang dengan hadiah utama akan mendapatkan Rp. 500 juta, hadiah kedua Rp. 100 juta untuk 4 nasabah Hingga hadiah kedelapan sebesar Rp. 1 juta untuk masing-masing 345 nasabah yang beruntung. 

 

Baca juga: Bank BTN: Sejarah, Profil, dan Produk Unggulan

Selain beberapa kelebihan di atas, pelayanan bank juga sangat ramah dan baik. Kamu akan langsung disambut dengan hangat ketika datang ke bank. Apapun kebutuhan Kamu juga akan dilayani dengan sepenuh hati.

Bank BJB menawarkan banyak produk menarik untuk para nasabahnya. Sehingga banyak yang merasa puas dengan pelayanan dari salah satu bank paling populer di Indonesia ini.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_1.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi