mural
homeforward
6 Aplikasi Transfer Uang ke Luar Negeri, Alternatif Western Union

6 Aplikasi Transfer Uang ke Luar Negeri, Alternatif Western Union

Butuh mengirim uang ke luar negeri? Demi alasan keamanan, kamu pasti lebih memilih menggunakan layanan transfer yang tepercaya. Melalui Western Union, misalnya, salah satu layanan transfer uang internasional ini sudah ada sejak tahun 1800-an dan sudah memiliki ribuan agen di 200 negara di dunia.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang kian canggih, kini mulai bermunculan beberapa aplikasi alternatif Western Union yang juga aman dan kredibel. Apa saja?

Baca Juga: Begini Cara Mengirim Uang Lewat Western Union

Western Union

Western Union

Sumber: Martinrlee

Apa sih kelebihan Western Union? Bisa dibilang, perusahaan global yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 1995 ini adalah pionir aplikasi transfer uang ke luar negeri. Selain transaksi langsung di agen, kini kamu juga bisa mengirim uang via Western Union melalui situs resmi dan aplikasi.

Kamu tidak wajib punya rekening bank untuk bisa kirim uang via Western Union. Jaringannya yang luas juga memudahkan kamu untuk kirim uang ke mana saja. Biaya transfernya variatif; tergantung lokasi pengirim, lokasi penerima, jumlah transfer, serta metode pembayaran. 

Wise

Salah satu keuntungan kirim uang via Wise adalah kurs yang ditawarkan lebih rendah daripada kurs jual di bank tradisional. Cara transfernya juga cukup mudah; unduh aplikasinya di ponsel, daftar dan verifikasi akun menggunakan data diri lengkap, lalu mulai kirim uang. Si penerima bisa menerima uang yang dikirim dalam bentuk rupiah maupun mata uang lainnya.

Serupa dengan Western Union, biaya transfer via aplikasi Wise bervariasi, ditentukan berdasarkan metode pembayaran, kurs saat ini, dan total nominal uang yang ditransfer.

Paypal

Alternatif Western Union yang satu ini juga merupakan salah satu layanan transfer digital yang populer dipakai untuk transaksi internasional. Paypal banyak digunakan oleh bloggerfreelancer, pemilik toko online, pelanggan toko online, dan para pebisnis global. Hingga tahun 2022 saja, pengguna aktifnya mencapai lebih dari 400 juta di seluruh dunia.

Transfer lebih murah ke luar negeri

Aplikasi yang sempat diblokir oleh KomInfo ini berdiri sejak 1998 dengan nama Confinity. Setahun setelahnya, Confinity berganti nama menjadi Paypal dan merger dengan X.com milik Elon Musk. Kemudian pada 2022, Paypal diakuisi oleh eBay.

Kirim uang via Paypal bisa melalui aplikasi maupun laman resmi. Syarat bikin akun Paypal sangat mudah, cukup siapkan data diri seperti nama, email, alamat, nomor hp, dan nomor rekening bank. Kamu juga bisa menghubungkan kartu debit maupun kredit. Biaya transfer via Paypal adalah sekitar 3,4 % - 4,4% dari total transaksi, ditambah biaya 0,30 USD per transaksi.

MoneyGram

Tidak perlu waswas akan risiko penipuan, karena MoneyGram menawarkan prosedur verifikasi identitas yang cukup ketat untuk melindungi data dan transaksi kamu. Begini cara kirim uang lewat MoneyGram:

  1. Siapkan kartu identitas.
  2. Siapkan informasi lengkap penerima.
  3. Kunjungi agen MoneyGram.
  4. Isi formulir pengiriman.
  5. Setelah transaksi selesai, simpan tanda terima.
  6. Jangan lupa, informasikan 8 digit nomor referensi kepada penerima yang akan dipakai untuk pengambilan dana.

Biaya transfer via MoneyGram adalah mulai dari Rp90 ribu, bisa berbeda tergantung negara tujuan. Ada sekitar 350 ribu agen MoneyGram tersebar di ratusan negara. Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan agen terdekat bila ingin mengirim uang via MoneyGram.

Transfez

Alternatif Western Union berikutnya adalah Transfez, aplikasi tempat kamu bisa kirim dana ke lebih dari 60 negara dengan aman. Cara transfer pakai Transfez mudah; unduh aplikasi kemudian daftar dan verifikasi akun. Setelahnya, masukkan informasi yang dibutuhkan dan selesaikan pembayaran. Bila ingin kirim uang ke banyak rekening, kamu bisa memanfaatkan fitur bisnis.

Urusan keamanan, Transfez menjamin keamanan data juga transaksimu karena setiap aktivitas keuangan di dalamnya diawasi oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Bank Indonesia.

Baca Juga: Berapa Biaya Transfer ke Luar Negeri? Cek di Sini!

Flip Globe

Satu lagi aplikasi alternatif Western Union yang andal dan aman, yaitu Flip Globe. Menawarkan kurs terbaik yang jauh lebih murah daripada kurs di bank konvensional, aplikasi ini memudahkan kamu kirim uang ke lebih dari 55 negara pilihan. 

Flip Globe memberlakukan tarif flat untuk setiap transaksi. Jadi, berapa pun uang yang dikirim, biayanya tetap sama. Ditambah lagi, tidak ada biaya bulanan, biaya Telex, biaya provisi, saldo minimal, atau biaya tambahan lainnya.

Begini cara kirim uang via Flip Globe:

  1. Buka aplikasi Flip, ketuk menu Flip Globe.
  2. Pilih negara tujuan.
  3. Ketik nominal yang ingin dikirim, bisa dalam mata uang tujuan maupun rupiah.
  4. Cek ulang semua rincian, bila sudah benar, ketuk tombol Lanjutkan.
  5. Pilih apakah rekening penerima adalah akun personal atau bisnis.
  6. Pilih bank tujuan dan ketikkan nomor rekeningnya.
  7. Masukkan data penerima.
  8. Pilih sumber dana dan alasan transfer.
  9. Pilih metode pembayaran, lalu selesaikan transaksi.

Selain transfer ke luar negeri, kamu bisa memanfaatkan Flip untuk transfer antar bank, membayar tagihan, atau membeli pulsa dengan aman, murah, dan nyaman. Ayo unduh dan instal Flip Globe dari Google Play atau App Store, dan mulai transaksi sekarang!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

*) Harga, cara penggunaan serta ketentuan masing-masing aplikasi bisa berubah sewaktu-waktu.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi