mural
homeforward
7 Aplikasi Investasi Saham yang Diawasi OJK dan Ramah Pemula

7 Aplikasi Investasi Saham yang Diawasi OJK dan Ramah Pemula

Berinvestasi saham adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan banyak orang di era ini. Berinvestasi saham bisa jadi sesuatu yang asing dan berisiko besar. Pasalnya, ada beberapa bisnis penipuan yang dimulai dengan embel-embel menanam saham. 

Namun, sebenarnya tidak demikian karena sekarang ada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjamin keamanan badan penyedia saham. Dengan adanya otoritas yang mengawasi jalannya investasi, orang yang baru terjun ke dunia saham bisa sangat terbantu.

Baca Juga: Kredit Investasi Adalah: Definisi, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Aplikasi Investasi Saham untuk Pemula 

Aplikasi Investasi Saham

Sumber : Envato 

Selain itu, sekarang menanam saham tidak perlu ribet karena ada tujuh aplikasi investasi saham yang bisa diunduh di smartphone dan langsung bisa digunakan. Yang unik dari ketujuh aplikasi ini adalah adanya pengawasan dari OJK dan juga ramah pemula. Berikut ketujuh aplikasi tersebut.

Stockbit 

Sebagaimana yang diharapkan dari aplikasi saham, Stockbit menawarkan beberapa pilihan saham beserta seluruh informasi yang berhak diketahui calon investor. Stockbit juga memungkinkan investor memantau pergerakan bursa saham secara langsung.

Uniknya, aplikasi ini memberikan fitur komunitas online yang menjadi tempat bertemu dan berkomunikasi para investor. Melalui fitur ini, investor pemula bisa memperoleh masukan dan tip dari pada investor awalan yang tergabung dalam komunitas ini. Melalui fitur β€œstream” yang disebut sebagai media sosial untuk saham ini, investor dapat membuat lini waktunya sendiri dan memeriksa perkembangan sahamnya atau orang lain.

MOST Mandiri

Seperti namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh Bank Mandiri sehingga hanya nasabahnya saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dijamin menarik bagi non-nasabah Mandiri karena menawarkan kemudahan penggunaannya yang didapuk jadi yang terbaik di Indonesia yang dimiliki perusahaan sekuritas.

Salah satu fitur yang menarik adalah auto order. Fitur ini memungkinkan investor untuk melakukan pembelian atau penjualan saham secara otomatis. Selain itu, Mandiri memberikan layanan Training sehingga investor lebih memahami penggunaan dan bagaimana cara kerja saham.

Sebagai setoran awal, MOST mematok harga Rp2 juta untuk mahasiswa, lima juta rupiah untuk umum dan seratus juta rupiah untuk jenis saham full service. Penjualan saham di sini dikenakan biaya 0,28% sementara biaya pembeliannya adalah sebesar 0,18%.

RTI Business 

RTI Business bisa dibilang salah satu aplikasi paling terkenal di kalangan para investor. Meskipun begitu, aplikasi ini masih ramah investor pemula dengan penyajian data yang cukup lengkap. 

Data yang disajikan termasuk profil, laporan pemasukan, aliran keuangan, neraca, probabilitas, dan pendapatan perusahaan. Data ini bisa digunakan pemula sebagai pertimbangan untuk menentukan dengan pasti perusahaan mana yang menarik untuk dijadikan tempat investasi.

Selain itu, RTI Business menyediakan fitur simulasi trading saham. Jika masih perlu mempelajari atau belum yakin dengan saham, pengguna bisa mengikuti simulasinya terlebih dahulu untuk mempelajari cara kerja saham.

IPOT

Sebagai aplikasi investasi saham milik PT Indo Premier Sekuritas, IPOT memiliki beberapa fitur menarik. Fitur paling menarik adalah adanya robot trading. Robot ini dapat menjalankan instruksi transaksi, baik pembelian maupun penjualan, sesuai harga yang kamu inginkan.

Sebelum menggunakan fitur ini, kamu juga bisa mempelajari tabel yang tersedia untuk melakukan analisis saham. Selain itu, aplikasi ini sangat ramah pemula karena kamu bisa deposit dengan nominal seminimal mungkin sehingga sangat menarik bagi orang yang masih ragu bermain saham.

Untuk transaksinya, menjual saham akan dikenakan biaya 0,2% sedangkan biaya membelinya adalah 0,19% saja.

Bibit

Aplikasi ramah pengguna berikutnya yang cukup ramai jadi perbincangan pada 2023 adalah Bibit. Bibit menjadi aplikasi yang sangat direkomendasikan karena aplikasi ini mampu memilihkan investasi terbaik bagi pengguna sesuai usia, penghasilan, tingkat risiko dan target investasi yang diinginkan pengguna.

Melalui pertanyaan yang kamu jawab di awal, kamu bisa diarahkan untuk lebih memprioritaskan investasimu di saham, reksa dana, obligasi, atau pasar uang. Selain itu, kamu bisa mencari investasi dengan nilai setoran awal mulai dari sepuluh ribu rupiah saja.

BCAS

BCA Sekuritas berada di bawah naungan bank BCA sehingga aplikasi ini memang diperuntukkan bagi nasabah bank tersebut. Namun, jika tertarik untuk menanam saham melalui aplikasi ini karena beberapa fiturnya, kamu tinggal membuka rekening di bank tersebut.

Adapun fitur paling menarik yang menjadi sorotan dari aplikasi ini adalah quick order. Fitur ini memungkinkanmu melakukan jual-beli saham dengan cepat dan mudah.

Terkait investasi awalnya, kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam hingga Rp3 juta. Transaksi pembeliannya dikenakan biaya sebesar 0,18% dan 0,28% untuk penjualannya. Sementara jika menggunakan jasa broker, biayanya meningkat menjadi 0,25% dan 0,35% masing-masing untuk pembelian dan penjualan.

Motion Trade

Motion Trade adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MNC Sekuritas yang merupakan anak perusahaan besar MNC Group. Dengan biaya membuka saham sebesar Rp100 ribu, kamu bisa menikmati fitur voice command dan advanced charting yang membantumu melakukan analisis. Selain itu, aplikasi ini bisa diakses dari banyak perangkat, termasuk smartwatch.

Biaya transaksinya terbilang relatif sama dengan sebagian besar aplikasi lainnya, yaitu 0,18% untuk pembelian dan 0,28% untuk penjualan.

Baca Juga: Mudah! Kredit Investasi BRI Langsung Di Tangan Dengan Cara Ini

Berdasarkan fitur dan biaya transaksi, kira-kira aplikasi investasi saham mana yang bakal kamu pilih? Nah, biar makin hemat, jangan lupa pakai Flip untuk transaksi antarbank yang cepat dan mudah. Yuk, unduh Flip dan rasakan kemudahannya!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi