mural
homeforward
5 Universitas Terbaik di China dengan Reputasi Mendunia

5 Universitas Terbaik di China dengan Reputasi Mendunia

Pepatah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China” benar adanya jika mengamati keadaan Negeri Tirai Bambu sekarang. Perkembangan pesat, khususnya pada sektor industri dan ekonomi, turut mendongkrak reputasi pendidikan tinggi di China. Deretan universitas terbaik di China dengan reputasi mendunia menjelaskan mengapa banyak pelajar internasional berbondong-bondong menuntut ilmu di sana. Lantas, mengapa kamu harus memasukkan China dalam daftar destinasi studi impian? Mana saja universitas terbaik China saat ini? 

Baca juga: Pemula Wajib Tahu, Cara Import Barang Dari China

 

5 Alasan Kuliah di China 

Ada lima alasan utama mengapa kamu harus kuliah di China, seperti dijelaskan berikut ini. 

1. Beragam pilihan studi 

China menawarkan setidaknya 3.012 college dan perguruan tinggi dengan berbagai program studi untuk semua jenjang pendidikan. Jika perbedaan bahasa masih jadi kendala, jangan khawatir, ada sekitar 5.000 program studi yang memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. 

2. Reputasi perguruan tinggi mendunia 

Secara konsisten beberapa universitas terkenal di China tercatat dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia. Bahkan, menembus top 100 Times Higher Education pada 2022. 

3. Biaya pendidikan relatif terjangkau 

Dengan kualitas pendidikan setara negara maju, biaya pendidikan China jauh lebih murah. Hal ini ditunjang oleh biaya hidup yang relatif terjangkau dibandingkan negara lain, seperti Australia misalnya. 

4. Banyak beasiswa untuk pelajar internasional 

Jangan tanya berapa jumlah beasiswa yang bisa kamu apply sebagai pelajar internasional. Mulai dari beasiswa pemerintah hingga swasta, semua ada, seperti Shanghai Government Scholarship dan SUSTEC International Undergraduate Scholarship. 

5. Kesempatan menguasai bahasa Mandarin 

Meskipun perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris, tetap saja kamu perlu mempelajari bahasa Mandarin untuk berkomunikasi sehari-hari. Apalagi, bahasa Mandarin termasuk salah satu bahasa internasional sehingga menguasai bahasa ini akan memberi nilai plus saat kamu lulus nanti.   

 

5 Universitas Terbaik di China 

Lalu, mana saja universitas terbaik di China yang bisa kamu pertimbangkan sebagai tujuan studi? 

1. Tsinghua University 

Berbasis di Beijing, Tsinghua University mempunyai 19 fakultas yang terbuka bagi pelajar internasional. Kampus terbaik di China ini berdiri tahun 1911 dan punya berbagai jenis program studi berbahasa Inggris, baik untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana. Setidaknya ada lebih dari 2.500 mahasiswa internasional dari berbagai negara berkuliah di sini. Dalam QS World University Rankings 2022, Tsinghua menduduki peringkat ke-17 dunia atau nomor satu di Asia versi Times Higher Education. Adapun jurusan yang paling banyak diminati adalah jurnalisme dan komunikasi, teknik sipil, kebijakan publik, dan arsitektur. 

2. Peking University 

Universitas terbaik di China berikutnya adalah Peking University yang berdiri pada 1898. Salah satu universitas terkenal di China ini terkenal dengan bidang penelitian dan pendidikan dasar dalam bidang sains serta humaniora. Jurusan unggulannya antara lain nanosains, nanoteknologi, ilmu komputer, teknik material, dan geosains. Peking University juga termasuk universitas nasional utama paling tua di China yang masih jadi kampus idaman mahasiswa. Apalagi, perguruan tinggi ini menduduki peringkat teratas dalam 18 bidang keilmuan. Mau lanjut program sarjana, magister, ataupun doktoral, semua ada di Peking University. 

3. Fudan University 

Universitas nasional utama di China berikutnya adalah Fudan University. Lahir pada tahun 1905, Fudan University termasuk favorit para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi, terutama pada jenjang pendidikan sarjana dan magister. Berlokasi di Shanghai, Fudan University adalah perguruan tinggi pertama yang pendirinya asli Tionghoa. Saat ini Fudan menyelenggarakan 19 program S2 dan dua program S3 dalam bahasa Inggris dengan beberapa jurusan terbaik, seperti Matematika, Teknik Material, Kimia, serta Farmakologi & Toksikologi. 

4. Zhejiang University 

Berlokasi di Hangzhou, Zhejiang University sudah ada dari tahun 1897 lho. Sebagai universitas riset publik nasional, Zhejiang menaungi tujuh program sarjana, diikuti tujuh program pascasarjana plus doktoral. Universitas yang memiliki satu museum dan 37 kolese ini berafiliasi dengan tujuh rumah sakit. Kalau kamu ingin mendalami pertanian, teknologi pangan, ilmu komputer, kedokteran, dan teknologi polimer, Zhejiang University tujuan terbaik. 

5. Shanghai Jiao Tong University 

Mana kampus negeri terbaik di China? Adalah Shanghai Jiao Tong University yang dikenal sebagai kampus negeri tertua dan berdiri sejak tahun 1896. Masuk dalam top 50 QS World University Rankings 2022, Shanghai Jiao Tong University memiliki salah satu seleksi penerimaan mahasiswa yang terketat. Tak heran, universitas ini masuk dalam jajaran anggota C9 di China. 

Lulusan Shanghai Jiao Tong University tentu memiliki gengsi tersendiri yang bikin CV kamu lebih bersinar. Untuk mahasiswa internasional, kamu bisa memilih program studi berbahasa Inggris yang ditawarkan, seperti Hubungan Publik, Ekonomi, Teknik, Manajemen, serta Hukum.   

 

Baca juga: China Market Place: Pengertian, Keuntungan, Tips Memilih Produk, dan Rekomendasi Terbaik

Soal kualitas pendidikan tinggi, deretan universitas terbaik di China tadi jelas punya reputasi mendunia. Bahkan, mereka juga sudah masuk dalam jajaran perguruan tinggi teratas di Asia. Jadi, jangan ragu untuk menempuh pendidikan tinggi di China, ya. Nah, jika kamu kebetulan sudah diterima di salah satu perguruan tinggi di China dan ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri, coba manfaatkan layanan Flip Globe. Berkat Flip Globe, urusan transfer uang lintas negara jadi lebih aman dan hemat karena tanpa biaya tersembunyi apa pun.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi