mural
homeforward
5 Tips Aman Belanja Online dari Luar Negeri

5 Tips Aman Belanja Online dari Luar Negeri

Belanja online dari luar negeri kini semakin mudah dengan adanya internet. Kamu cukup mengakses e-commerce atau marketplace dari luar negeri dan kemudian melakukan pembayaran. 

Meski begitu, terkadang muncul perasaan was-was saat melakukan transaksi pembelian ke luar negeri. Bagaimana tidak, kamu tidak bisa memastikan langsung kualitas produk, terlebih jika produk memang tidak tersedia di Indonesia. Belum lagi prosesnya yang memakan waktu lebih panjang. Nah, agar belanja online dari luar negeri tetap aman, yuk ikuti tips berikut! 

Baca juga: Cerdas Saat Belanja Online, Yuk Lakukan Hal Ini

 

1. Pilih Situs Berbelanja Terpercaya 

Sekarang ini, belanja dari luar negeri memang begitu mudah. Ada banyak sekali platform yang bisa kamu akses untuk bertransaksi, entah itu melalui e-commerce atau bahkan media sosial. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa asal pilih tempat berbelanja. Justru sebaliknya, dengan makin banyaknya situs online shop internasional, kamu harus lebih berhati-hati. 

Jangan terburu-buru bertransaksi di satu tempat yang kamu temukan pertama kali. Coba bandingkan beberapa platform sekaligus. Baca review dari konsumen yang sudah lebih dulu melakukan pembelian. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat yang sudah pernah belanja online dari luar negeri. 

 

2. Isi Data Diri Seperlunya 

isi data diri seperlunya

Sumber: Freepik 

Inilah bagian yang kerap diabaikan ketika belanja online dari luar negeri. Situs belanja umumnya meminta data diri pelanggan untuk memudahkan pengiriman. Data yang sering diminta di antaranya adalah nama, alamat lengkap, serta kontak yang bisa dihubungi. 

Bagi yang menggunakan kartu kredit atau debit juga diminta mencantumkan nomor kartu. Kamu perlu waspada jika situs menanyakan informasi yang tidak relevan seperti tanggal lahir, jenis pekerjaan, hingga hobi. Ada baiknya kamu tidak menyimpan data ke situs agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

 

3. Perhatikan Ongkos Kirim Barang 

Salah satu hambatan ketika belanja dari luar negeri adalah jarak. Dengan jauhnya jarak antara kamu dan penjual, otomatis ongkos kirim barang pun mahal. Bahkan tak jarang terjadi, ongkos kirim jauh lebih mahal dibanding harga barang. Untuk itu, perhatikan masalah ongkos kirim ini dengan saksama. Cari tahu apakah penjual menyediakan opsi pengiriman yang lebih hemat. Beberapa situs menawarkan pengiriman gratis dengan nominal penjualan tertentu. 

Jika belanjaanmu sendiri tidak mencukupi, coba tawarkan kepada orang-orang terdekat yang mungkin berminat. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan ongkos kirim yang lebih hemat. 

 

4. Cari Tahu Metode Pembayaran yang Ditawarkan 

Metode pembayaran online shop internasional sebenarnya tidak jauh berbeda dari online shop dalam negeri. Hanya saja, beberapa metode tidak berlaku untuk transaksi ke luar negeri. Beberapa metode yang diterima misalnya kartu debit dan kartu kredit. Namun, ada juga yang menerima metode pembayaran lain. Ketika mencantumkan informasi mengenai pembayaran ini, kamu harus sangat berhati-hati. 

Pastikan situs tempat kamu online shopping memang benar-benar aman. Salah satu cara termudah untuk memastikan keamanan suatu situs belanja online luar negeri adalah dengan melihat URL-nya. Situs yang aman biasanya diawali “https://”. Sebab, huruf S di sini menunjukkan adanya SSL (Secured Socket Layer) yang menandakan adanya lapisan keamanan. 

 

5. Jangan Lupakan Bea Cukai 

perhatikan bea cukai

Sumber: Freepik 

Terakhir, jangan sampai melupakan bea cukai. Ini karena setiap barang dari luar negeri harus melalui cukai terlebih dulu. Cukai berhubungan dengan pajak barang. Untuk barang yang nilainya di bawah atau sama dengan US$50, tidak akan dikenakan pajak dan masuk dalam kategori gift atau hadiah. Namun, jika nilai barang di atas US$50, maka akan dikenai pajak. 

Barang tidak akan dikirimkan ke alamatmu sebelum pajak tersebut dilunasi. Oleh karenanya, kamu harus selalu memantau posisi barang. Jika memang sudah tiba di tanah air, kamu harus bersiap untuk membayar bea cukai agar barang bisa segera dikirim ke alamatmu. Besaran bea cukai bisa kamu cari tahu di website resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. 

Nah, itu dia beberapa tips belanja online dari luar negeri. Kuncinya adalah selalu berhati-hati dan tidak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Tidak ada salahnya juga untuk bertanya pada mereka yang sudah berpengalaman. 

 

Baca juga: Ini Cara Daftar IMEI Tanpa ke Bea Cukai Lagi

Untuk memudahkan pembayaran, kini telah tersedia Flip Globe. Flip Globe menyediakan layanan kirim uang ke 50+ negara. Prosesnya simpel dan bisa terus kamu pantau secara real-time. 

Bukan cuma itu, biaya administrasinya pun relatif rendah sehingga tidak memberatkanmu. Flip Globe bisa kamu temukan di aplikasi Flip yang bisa didapatkan gratis melalui Google Play dan App Store. Yuk, download sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi