mural
homeforward
5 Tips Aman Belanja Online dari Luar Negeri

5 Tips Aman Belanja Online dari Luar Negeri

Belanja online dari luar negeri kini semakin mudah dengan adanya internet. Kamu cukup mengakses e-commerce atau marketplace dari luar negeri dan kemudian melakukan pembayaran. Meski begitu, terkadang muncul perasaan was-was saat melakukan transaksi pembelian ke luar negeri.

Bagaimana tidak, kamu tidak bisa memastikan langsung kualitas produk, terlebih jika produk memang tidak tersedia di Indonesia. Belum lagi prosesnya yang memakan waktu lebih panjang. Nah, agar belanja online dari luar negeri tetap aman, yuk ikuti tips berikut!

1. Pilih Situs Berbelanja Terpercaya

Sekarang ini, belanja dari luar negeri memang begitu mudah. Ada banyak sekali platform yang bisa kamu akses untuk bertransaksi, entah itu melalui e-commerce atau bahkan media sosial. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa asal pilih tempat berbelanja. Justru sebaliknya, dengan makin banyaknya situs online shop internasional, kamu harus lebih berhati-hati.

Jangan terburu-buru bertransaksi di satu tempat yang kamu temukan pertama kali. Coba bandingkan beberapa platform sekaligus. Baca review dari konsumen yang sudah lebih dulu melakukan pembelian. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat yang sudah pernah belanja online dari luar negeri.

2. Isi Data Diri Seperlunya

isi data diri seperlunya Sumber: Freepik

Inilah bagian yang kerap diabaikan ketika belanja online dari luar negeri. Situs belanja umumnya meminta data diri pelanggan untuk memudahkan pengiriman. Data yang sering diminta di antaranya adalah nama, alamat lengkap, serta kontak yang bisa dihubungi. Bagi yang menggunakan kartu kredit atau debit juga diminta mencantumkan nomor kartu.

Kamu perlu waspada jika situs menanyakan informasi yang tidak relevan seperti tanggal lahir, jenis pekerjaan, hingga hobi. Ada baiknya kamu tidak menyimpan data ke situs agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Perhatikan Ongkos Kirim Barang

Salah satu hambatan ketika belanja dari luar negeri adalah jarak. Dengan jauhnya jarak antara kamu dan penjual, otomatis ongkos kirim barang pun mahal. Bahkan tak jarang terjadi, ongkos kirim jauh lebih mahal dibanding harga barang.

Untuk itu, perhatikan masalah ongkos kirim ini dengan saksama. Cari tahu apakah penjual menyediakan opsi pengiriman yang lebih hemat. Beberapa situs menawarkan pengiriman gratis dengan nominal penjualan tertentu. Jika belanjaanmu sendiri tidak mencukupi, coba tawarkan kepada orang-orang terdekat yang mungkin berminat. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan ongkos kirim yang lebih hemat.

4. Cari Tahu Metode Pembayaran yang Ditawarkan

Metode pembayaran online shop internasional sebenarnya tidak jauh berbeda dari online shop dalam negeri. Hanya saja, beberapa metode tidak berlaku untuk transaksi ke luar negeri. Beberapa metode yang diterima misalnya kartu debit dan kartu kredit. Namun, ada juga yang menerima metode pembayaran lain.

Ketika mencantumkan informasi mengenai pembayaran ini, kamu harus sangat berhati-hati. Pastikan situs tempat kamu online shopping memang benar-benar aman. Salah satu cara termudah untuk memastikan keamanan suatu situs belanja online luar negeri adalah dengan melihat URL-nya. Situs yang aman biasanya diawali “https://”. Sebab, huruf S di sini menunjukkan adanya SSL (Secured Socket Layer) yang menandakan adanya lapisan keamanan.

5. Jangan Lupakan Bea Cukai

perhatikan bea cukai Sumber: Freepik

Terakhir, jangan sampai melupakan bea cukai. Ini karena setiap barang dari luar negeri harus melalui cukai terlebih dulu. Cukai berhubungan dengan pajak barang. Untuk barang yang nilainya di bawah atau sama dengan US$50, tidak akan dikenakan pajak dan masuk dalam kategori gift atau hadiah. Namun, jika nilai barang di atas US$50, maka akan dikenai pajak.

Barang tidak akan dikirimkan ke alamatmu sebelum pajak tersebut dilunasi. Oleh karenanya, kamu harus selalu memantau posisi barang. Jika memang sudah tiba di tanah air, kamu harus bersiap untuk membayar bea cukai agar barang bisa segera dikirim ke alamatmu. Besaran bea cukai bisa kamu cari tahu di website resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Nah, itu dia beberapa tips belanja online dari luar negeri. Kuncinya adalah selalu berhati-hati dan tidak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Tidak ada salahnya juga untuk bertanya pada mereka yang sudah berpengalaman. Untuk memudahkan pembayaran, kini telah tersedia Flip Globe.

Flip Globe menyediakan layanan kirim uang ke 50+ negara. Prosesnya simpel dan bisa terus kamu pantau secara real-time. Bukan cuma itu, biaya administrasinya pun relatif rendah sehingga tidak memberatkanmu. Flip Globe bisa kamu temukan di aplikasi Flip yang bisa didapatkan gratis melalui Google Play dan App Store. Yuk, download sekarang!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi