mural
homeforward
Cara Kelola Tunjangan Hari Raya, Biar Nggak Cuma Lewat!

Cara Kelola Tunjangan Hari Raya, Biar Nggak Cuma Lewat!

Ramadan datang, Tunjangan Hari Raya alias THR pun siap bertandang. Namun, jangan sampai sejumlah nominal yang kamu terima ini benar-benar hanya sekadar singgah di kantong tanpa makna berarti, ya.

Kalaupun sudah punya rencana bagaimana mendistribusikannya, tak ada salahnya kamu meninjau ulang dan memprioritaskan kembali sesuai urgensi. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa aspek yang bisa kamu pertimbangkan untuk kembali menata prioritas dalam membelanjakan THR.

Baca Juga: Yuk Produktif dengan 5 Aktivitas Bulan Ramadhan Ini!

1. Membayar Utang atau Tanggungan

uang thr untuk bayar utang

Sumber: Envato

Bagaimanapun, utang adalah kewajiban yang harus diselesaikan. Terutama jika kamu memiliki pendapatan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka Tunjangan Hari Raya bisa jadi kesempatan untuk melunasi utang atau tanggungan terutama yang harus diselesaikan dalam jangka pendek.

Di sisi lain, kamu perlu mempertimbangkan antara kemampuan dana yang dimiliki, kebutuhan yang harus dipenuhi, dan beban utang yang harus diselesaikan. Buatlah perhitungan yang matang sehingga kamu tetap dapat menjalani Ramadan tanpa kekurangan maupun beban yang berat.

2. Berbagi Kepada Orang Tua

Sampai kapan pun, jasa orang tua terlalu besar untuk dapat dibalas oleh anak-anaknya. Kendati begitu bukan berarti kamu tidak bisa menunjukkan bakti sama sekali. Di momen seperti ini, kamu bisa menyisihkan sebagian THR untuk diberikan kepada orang tua—tetapi perlu diingat ya, bahwa berbakti kepada orang tua juga tidak hanya lewat materi saja.

Setiap keluarga pun punya situasi dan caranya masing-masing. Selain mentransfer sejumlah dana untuk orang tua, kamu juga bisa lho membuat kejutan dengan membeli sesuatu yang mereka butuhkan atau membuat mereka senang.

Seperti contoh, kamu bisa membelikan pakaian atau seperangkat alat ibadah baru untuk ayah dan ibu untuk mendorong semangat beribadah. Kamu juga bisa mengirim hampers atau kue-kue kering lebaran untuk di rumah, sembako dan kebutuhan rumah tangga dalam bentuk parsel yang cantik, perabotan baru, dan lain-lain.

3. Penuhi Kebutuhan Hari Raya

Tentunya, Tunjangan Hari Raya bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Terutama kamu yang sedang merantau, mempersiapkan tiket mudik ke kampung halaman perlu dipersiapkan sejak awal maupun untuk kembali ke perantauan. Pasalnya semakin mendekati hari-H, tarif transportasi cenderung makin melambung hingga beberapa kali lipat dengan jumlah ketersediaan kursi yang makin terbatas.

Kalau kamu dan keluarga juga berencana untuk pergi silaturahim ke rumah saudara atau liburan, tak ada salahnya jadikan hal ini kesempatan untuk berbagi. Kamu bisa menyisihkan sebagian THR untuk keperluan perjalanan maupun momen bersama keluarga, seperti BBM, penginapan, dan yang lainnya.

Jangan lupa, kebutuhan utama sehari-hari juga pastikan terpenuhi. Meski tunjangan untuk hari raya, tak ada salahnya kamu membelanjakan sebagian THR untuk keperluan selama Ramadan untuk membuat bulan penuh arti ini jadi lebih 

4. Sisihkan untuk Infaq

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Berbagi bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, berbagi saat Ramadan dengan hati yang ikhlas memiliki balasan kebaikan yang berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan lainnya. Di sisi lain, berbagi juga menjadi salah satu caramu mewujudkan syukur kepada Sang Maha Pemberi. 

Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan saat kamu memiliki kemampuan lebih untuk berbagi di bulan suci ini. Tidak seperti zakat, kamu dapat melakukan infaq tanpa batas minimal kepada siapa pun, terutama mereka yang memang membutuhkan. 

Berinfaq pun kini jadi lebih mudah. Di masjid misalnya, kini mulai banyak kemudahan untuk melakukan infaq dengan QRIS sehingga tak perlu lagi harus menyediakan uang tunai. Beberapa lembaga donasi dan sebagainya juga sudah banyak yang menyediakan fasilitas pembayaran via transfer sehingga berinfaq tak lagi terhalang jarak, waktu, maupun bentuk fisik uang.

Baca Juga: Ini Keistimewaan dan Amalan di Bulan Ramadhan

5. Tabungan atau Investasi

Nah, kalau kamu tidak mempunyai banyak pengeluaran atau bahkan tidak ada pengeluaran yang sampai harus mengusik THR, ini saatnya untuk memperbanyak tabungan atau investasi. Manfaatkan uang dingin ini sebagai bekal untuk keperluan di masa mendatang, termasuk dana darurat.

Pastikan kamu meletakkan uang tersebut di instrumen yang aman. Khususnya jika masih pemula, buat prioritas investasi dengan bijak. Setelah memastikan bahwa tidak ada utang dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi, mulailah dengan menyediakan dana darurat. Idealnya, untuk kamu yang masih belum menikah dan tidak ada tanggungan orang lain, besarnya dana darurat yang perlu disiapkan sekitar 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan.

Itulah beberapa referensi pengalokasian Tunjangan Hari Raya yang bisa kamu pertimbangkan agar THR tak sekadar numpang lewat begitu saja. Buat setiap rupiah jadi lebih bermakna dengan pengeluaran yang terukur dan terencana serta memiliki nilai tersendiri.

Karena itu, Flip hadir untuk membantumu lebih bijak, hemat, dan praktis dalam melakukan transaksi keuangan. Selain transfer antarbank dan top up e-wallet kesayangan gratis, ada banyak fitur dan produk baru untuk memfasilitasi kebutuhanmu—termasuk fitur Zakat dan Sedekah khususnya untuk mereka yang sedang di Palestina.

Yuk, berbagi kebahagiaan dan mempererat kebersamaan dengan mereka yang membutuhkan lewat fitur Zakat dan Sedekah Flip!

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi