flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Mengenal Marketing Collateral, Cara Efektif untuk Optimalkan Pemasaran Bisnis

Mengenal Marketing Collateral, Cara Efektif untuk Optimalkan Pemasaran Bisnis

Kompetisi bisnis tiap hari makin ketat, baik pada model bisnis B2C maupun B2B dan produk berupa barang maupun jasa. Di tengah ketatnya persaingan ini, marketing collateral adalah strategi tepat untuk membawa bisnis Anda mencapai tujuan dan kemenangan.

Marketing collateral sendiri bukanlah hal baru dalam dunia pemasaran. Namun perlu diakui, kreativitas dan kejelian jadi salah satu elemen penting yang berperan penting dalam kesuksesan teknik yang satu ini.

Apa Itu Marketing Collateral 

Marketing collateral adalah media atau konten yang digunakan sebagai media komunikasi dan mempromosikan produk, layanan, dan brand message sebuah perusahaan atau produk kepada target pasarnya. 

Material promosi ini dapat berupa media cetak maupun media digital yang mendukung dan sesuai behavior target pasar saat ini. Beberapa contohnya adalah brosur, katalog produk, e-mail, video, dan lain sebagainya. Tentunya, memilih media mana yang tepat perlu disesuaikan dengan karakter dan preferensi target pasar serta tujuan yang akan dicapai.

Dibandingkan material iklan konvensional, marketing collateral cenderung lebih informatif. Poin ini pula yang menjadi pembeda antara marketing collateral dengan material iklan atau pemasaran konvensional.

Materi pemasaran secara umum hanya membahas atau menginformasikan informasi mengenai produk yang ditawarkan dan apa yang membuat brand tersebut hebat sehingga layak jadi pilihan.

Sementara itu, marketing collateral lebih berfokus pada menunjukkan mengapa brand atau produk yang ditawarkan adalah pilihan yang terbaik. Karena itu, strategi marketing collateral tidak cuma sekadar promosi, tetapi justru berfokus membangun legitimasi dan membangun kepercayaan dengan prospek.

Jenis-Jenis Marketing Collateral 

produk marketing.jpg

Untuk mencapai tujuan tersebut, konten pemasaran yang bersifat edukatif kerap jadi pilihan. Pasalnya hal ini membantu menciptakan persepsi pada audiens dan prospek bahwa sebuah brand memiliki kompetensi dalam bidang tersebut dan dapat membantu permasalahan yang dialami.

Di zaman sekarang, strategi marketing menggunakan platform digital menjadi prioritas meski beberapa cara konvensional masih dapat digunakan. Selengkapnya, berikut adalah beberapa jenis marketing collateral digital.

Blog (Artikel)

Artikel blog adalah salah satu media yang tepat untuk menghadirkan konten informatif dan edukatif secara mendalam. Tak cuma itu, blog juga membantu meningkatkan kunjungan (trafik) situs web sehingga dapat menghasilkan leads. Tentu saja, aktivitas ini juga perlu dibarengi dengan teknik SEO sehingga hasil lebih maksimal.

Testimoni

Word of mouth adalah strategi marketing paling ampuh hingga saat ini. Di era digital, menyajikan konten testimoni dalam berbagai format adalah salah satu caranya. Testimoni bisa dalam bentuk video yang disebar di berbagai platform, quotes yang disajikan di halaman situs web, dan lain sebagainya.

Studi Kasus

Studi kasus masih berkaitan dengan testimoni. Jenis marketing collateral ini memperlihatkan secara lebih detail bagaimana pengalaman sebuah pelanggan atau klien dalam menggunakan suatu produk.

Salah satu kunci keberhasilan strategi ini adalah kolaborasi dengan pelanggan atau klien yang memiliki reputasi baik. Mereka dapat menjelaskan bagaimana produk yang digunakan membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi sebelumnya, pelayanan yang diberikan, dan beberapa hal bernilai lain yang perlu ditonjolkan.

Video Penjelas

Video adalah format media yang paling banyak diminati sehingga menampilkan explainer video jadi langkah tepat untuk mengoptimalkan marketing. Video ini bisa ditampilkan di homepage situs web, landing page, halaman web yang paling sering dikunjungi, maupun akun media sosial.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat explainer video adalah:

  • singkat dengan durasi umumnya 30 sampai 90 detik
  • menjelaskan tentang produk atau topik lain berkaitan dengan industri dan produk yang ditawarkan sehingga meningkatkan impresi sebagai seorang profesional dan ahli di bidangnya

E-Book

Format konten semacam ini utamanya cocok untuk jenis B2B. E-book dapat memperlihatkan secara mendalam keahlian dari sebuah brand sekaligus menunjukkan bahwa brand tersebut selalu up-to-date dengan kondisi di industrinya.

Cara Menyiapkan Marketing Collateral

marketing collateral.jpg

Implementasi marketing collateral juga memerlukan perencanaan khusus dan matang sehingga proses dan hasil yang dicapai efektif. Berikut adalah beberapa cara mempersiapkan marketing collateral yang perlu Anda lakukan.

Tetapkan Tujuan Secara Jelas

Pahami dulu bahwa sangat kecil kemungkinan seorang pelanggan langsung membeli produk Anda setelah satu kali melihat iklan. Hal ini sesuai dengan customer journey yang secara umum dapat dikategorikan ke dalam empat tahap berikut:

  • Awareness
  • Consideration
  • Decision
  • Loyalty

Tetapkan tahap customer journey mana yang ingin Anda tingkatkan dalam periode ini. Apakah Anda hanya ingin meningkatkan awareness dan meningkatkan web traffic atau justru meningkatkan sales? Pasalnya, setiap tujuan akan menentukan matriks yang berbeda dan jenis marketing collateral dan konten apa yang akan didistribusikan.

Tentukan Media Pemasaran yang Tepat

Berdasarkan tahap dalam customer journey yang disebutkan sebelumnya, beberapa pendekatan dan media  yang akan Anda lakukan pun berbeda-beda. Berikut adalah contoh  yang bisa Anda ikuti.

  • Awarenesse-book, SEO (blog dan web), infografis
  • Consideration: testimoni, katalog produk, e-mail 
  • Decision: proposal, presentasi
  • Loyalty: merchandise, laporan digital, buletin atau majalah khusus pelanggan

Buat Branding yang Konsisten

Branding adalah impresi yang diterima pelanggan atas sebuah brand. Jika Anda menginginkan pelanggan atau prospek melihat bisnis yang Anda lakukan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, maka kegiatan yang harus Anda lakukan haruslah konsisten.

Itulah penjelasan mengenai marketing collateral, strategi pemasaran yang dapat menjadi senjata efektif untuk memenangkan persaingan bisnis. Cara ini tak cuma bisa meningkatkan awareness, tetapi juga kredibilitas brand dan kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Selain itu, pastikan Anda juga memberi layanan yang nyaman dan profesional agar citra yang telah Anda bangun tetap terjaga. Seperti contoh, Anda bisa melakukan refund dengan cepat kepada pelanggan sehingga mereka tidak menunggu lama. 

Flip for Business hadir untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai transaksi bisnis ini. Melalui fitur Money Transfer dan International Transfer, Anda bisa melakukan disbursement hingga ke ribuan rekening sekaligus dalam hitungan menit. Bukti pengiriman dana pun secara otomatis akan dikirim kepada penerima melalui e-mail.

Dengan adanya layanan Flip for Business ini, Anda dapat menyelesaikan berbagai transaksi bisnis dengan lebih cepat dan mudah. Tak cuma memuaskan pelanggan, Flip for Business juga membantu efisiensi waktu, biaya, dan tenaga kerja Anda sehingga dapat dialokasikan untuk hal-hal lain yang lebih strategis untuk perkembangan bisnis.

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

Β© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi