flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Kenali Lawan Transaksi, Begini Cara Cek Legalitas Perusahaan di AHU Online

Kenali Lawan Transaksi, Begini Cara Cek Legalitas Perusahaan di AHU Online

Untuk mengembangkan suatu bisnis, Anda perlu bekerja sama dengan berbagai pelaku usaha. Mereka bisa saja hadir sebagai calon investor, pembeli atau klien, pemasok atau supplier, rekanan bisnis, maupun bakal bisnis baru yang ingin Anda bantu kembangkan. Meski membangun koneksi dengan sesama pelaku usaha jadi bagian penting dalam perkembangan bisnis, tetap saja Anda perlu hati-hati dan waspada. Sekalipun Anda mengenal betul siapa direktur atau pemilik bisnis, selalu cek legalitas perusahaan lebih dahulu sebelum berlanjut ke transaksi. Lalu, apakah ada cara mudah mengecek izin usaha lawan transaksi? 

 

 

Cari Perusahaan di AHU Online

website ahu.jpg

AHU Online adalah layanan publik yang disediakan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Melalui layanan ini, masyarakat dapat mencari tahu berbagai bentuk informasi terkait administrasi hukum ​yang dibutuhkan dalam berbisnis. Semua informasi disajikan secara transparan dan mudah diakses siapa saja. Cek nomor izin usaha atau cek nama perseroan terbatas jadi salah satu layanan yang paling sering digunakan. Beberapa fitur atau layanan AHU Online yang bisa Anda manfaatkan antara lain: 

  • Kenotariatan yang memfasilitasi sebagian besar kegiatan kenotariatan untuk notaris. 
  • Pelayanan online untuk Subdit Badan Hukum Direktorat Perdata yang mencakup Perseroan Terbatas, Yayasan, Perkumpulan, dan Perbaikan Data Badan Hukum. 
  • Wasiat 
  • Fidusia 
  • Pencarian data badan hukum 
  • PPNS 
  • Kewarganegaraan 
  • Pewarganegaraan 
  • Legalisasi 
  • Partai Politik 
  • Koperasi 
  • Simpadhu 
  • Perseroan Perorangan 
  •  Sistem Administrasi Badan Usaha, meliputi CV atau Persekutuan Komanditer, Firma, dan Persekutuan Perdata. 

 

Langkah Cek Legalitas Perusahaan di AHU7-1 youtubw.jpg

Mengutip Panduan Pencarian Profil Perseroan Terbatas dari laman AHU, Anda bisa cek legalitas perusahaan langsung di AHU Online dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Buka laman AHU Pertama, masukkan alamat http://ahu.go.id pada aplikasi browser Anda. Laman ini bisa diakses menggunakan perangkat apa pun yang terkoneksi internet. 

2. Klik “Pencarian/Unduh Data” Kemudian, klik ikon bergambar folder abu-abu dengan kaca pembesar bertuliskan “Pencarian/Unduh Data”. 

3. Pilih “Perseroan” Laman https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt akan terbuka. Pada bagian menu, terdapat beberapa opsi, yaitu Perseroan, Perseroan Perorangan, Yayasan, Perkumpulan, dan Fidusia. Jika Anda ingin cek legalitas perusahaan, silakan klik “Perseroan” untuk mencari tahu profil perusahaan di Indonesia. 

4. Ketik nama perusahaan yang dicari Pada kolom “Cari Profil Perusahaan di Indonesia”, Anda dapat mengetikkan nama perusahaan yang dimaksud. Misalnya, Anda ingin mengetahui profil Indofood Sukses Makmur. Cukup ketik nama tersebut dan klik gambar kaca pembesar yang tersedia. 

5. Cermati hasil pencarian Berikutnya, halaman hasil pencarian akan muncul. Sampai langkah ini, Anda sudah memperoleh informasi apakah suatu perusahaan benar terdaftar atau berizin. Jika dicermati, pada halaman hasil pencarian akan memuat informasi nama perusahaan, alamat, dan dua tombol merah di bawahnya. Kedua tombol merah tersebut mewakili fitur profil perusahaan yang dimaksud. Namun, Anda hanya bisa mengakses profil perusahaan setelah membayarkan sejumlah biaya dengan rincian berikut. 

  • Tombol “Profil Lengkap” akan menayangkan pop up permohonan profil lengkap perusahaan dengan biaya PNBP senilai Rp500.000. 
  • Tombol “Profil Terakhir” juga menayangkan pop up permohonan profil terbaru perusahaan dengan biaya PNBP senilai Rp50.000. 

6. Isi formulir permohonan profil Nah, jika ingin meminta profil lengkap atau profil terakhir perusahaan, Anda harus mengisi formulir permohonan profil terlebih dahulu. Siapkan data yang dibutuhkan, yaitu: 

  • Alamat email (data lengkap perusahaan berbentuk PDF akan dikirim ke alamat email tersebut) 
  • Nama lengkap pemohon 
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) 
  • Tanggal lahir 
  • Alamat lengkap 
  • Nomor ponsel 
  • Tujuan permohonan 
  • Nomor voucher 

7. Beli nomor voucher Ada dua cara membeli nomor voucher yang dimaksud. Pertama, Anda bisa membelinya lewat menu Simpadhu di halaman utama AHU Online. Kedua, langsung klik link pembelian voucher di formulir permohonan profil. Secara otomatis Anda akan dialihkan ke halaman pembelian nomor voucher mengikuti transaksi yang dibutuhkan. Setelah data terisi penuh, Anda bisa menyelesaikan permohonan dengan menekan “SUBMIT”. 

8. Unduh profil perusahaan Setelah mengirimkan formulir tersebut, Anda akan memperoleh halaman detail transaksi yang memuat data pemesan dan data transaksi. Di dalam halaman itu terdapat download link dengan tombol “Download” berwarna merah. Silahkan klik tombol tersebut untuk mendapatkan profil lengkap perusahaan. Selain itu, sistem AHU juga mengirimkan notifikasi yang berisi download link profil perusahaan ke email yang telah Anda cantumkan di formulir. Perlu diperhatikan bahwa link untuk mengunduh profil perusahaan lewat email hanya dapat diakses selama tujuh hari usai transaksi selesai dilakukan. 

Mengapa Perlu Cek Legalitas Perusahaan?7-2 sebuahutas-com.jpgDemi kenyamanan dan keamanan berbisnis, Anda perlu melakukan cek legalitas perusahaan yang jadi lawan transaksi. Adapun dua manfaat pentingnya cek izin usaha adalah: 

Menghindari risiko penipuan Kejahatan terjadi ketika ada kesempatan dan saat Anda lengah. Siapa pun lawan transaksi Anda, baik klien, rekanan, supplier, atau investor, Anda harus tahu persis bagaimana izin usaha mereka. Bisnis tetaplah bisnis, semua harus hitam di atas putih, terlebih jika kerja sama sudah melibatkan sejumlah uang. Dengan mengecek profil perusahaan lawan transaksi bisnis, Anda bisa lebih yakin untuk meneruskan urusan bisnis dengan mereka atau tidak. Hal ini juga penting diketahui saat Anda hendak mengembangkan dana dingin hasil usaha atau berinvestasi di perusahaan lain. Misalnya, Anda ingin mencoba trading saham, cek lagi apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di Bappebti. Begitu pula saat mendanai lembaga fintech, apakah mereka diakui OJK atau tidak. Jadi, Anda pun bisa terhindar dari risiko penipuan karena benar-benar cermat memeriksa latar belakang perusahaan tersebut. 

Mencegah duplikasi nama perusahaan Manfaat ini akan Anda rasakan ketika ingin membuat anak perusahaan dari bisnis yang dilakoni sekarang. Cek nama perusahaan juga membantu Anda mengetahui apakah nama yang telah disiapkan sudah atau belum terdaftar. Jika sudah terdaftar, Anda pun bisa segera membuat alternatif nama yang tetap menunjukkan identitas usaha Anda. Sekarang Anda tahu cara cek legalitas perusahaan dengan AHU Online. 

Langkah-langkah di atas mudah dilakukan dan Anda juga memperoleh informasi terbaru tentang perusahaan yang menjadi lawan transaksi bisnis kali ini. Maka, Anda bisa melanjutkan proses kerjasama bisnis ke tahap pembayaran. Gunakan Flip for Business sebagai solusi satu pintu berbagai transaksi bisnis Anda. Mulai dari fitur Money Transfer hingga International Transfer, Anda bisa menikmati kemudahan mengirimkan dana ke 20 ribu rekening dalam waktu sekian menit. Pihak penerima pun akan menerima pembayaran real time lewat berbagai metode yang disediakan Flip. Bagian terbaiknya, Anda leluasa mengirimkan uang ke luar negeri dengan biaya 50% lebih terjangkau dibandingkan layanan serupa. Yuk, pakai Flip for Business sekarang untuk transaksi bisnis lebih mudah!

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi