flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Cara Cek dan Daftar NIB yang Mudah untuk Pemula

Cara Cek dan Daftar NIB yang Mudah untuk Pemula

Nomor Induk Berusaha atau NIB merupakan identitas pelaku usaha yang dibutuhkan para pebisnis dalam menjalankan usaha miliknya. Apa pun bentuk perusahaan Anda, daftar NIB jadi langkah penting yang akan menjamin kelancaran perizinan usaha. Artikel berikut akan mengupas tuntas apa itu NIB, mendaftar NIB, dan cara cek NIB online. Yuk, kita simak bersama! 

Pengertian NIB Nomor Induk Berusaha dikeluarkan oleh Lembaga Online Single Submission atau OSS yang berada di bawah Kementerian Investasi/BKPM. OSS membangun sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik sehingga mempermudah pengurusan berbagai izin usaha, baik dari segi waktu, biaya, maupun tenaga. Lembaga OSS berstatus lembaga pemerintah bukan kementerian yang membidangi koordinasi penanaman modal. Mulai dari pelaku UMKM sampai pelaku usaha non-UMKM, perusahaan perseorangan maupun bukan perseorangan, semua dapat menyelesaikan urusan izin usaha secara online di laman OSS. Sementara, posisi NIB sebagai identitas pelaku usaha diatur dalam PP No. 24 Tahun 2018 mengenai Pelayanan Perizinan Berusaha Integrasi Secara Elektronik. NIB terdiri atas tiga belas digit angka acak yang memiliki pengaman serta tanda tangan elektronik. NIB menjadi identitas usaha tunggal yang berlaku pula sebagai Angka Pengenal Impor (API), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Hak Akses Kepabeanan. 

 

Mengapa Perusahaan Anda Perlu NIB? 

Sesuai peraturan perundang-undangan, urusan legalitas kegiatan usaha tidak bisa begitu saja Anda abaikan. Terkait NIB, beberapa alasan berikut akan menjawab pertanyaan mengapa perusahaan Anda perlu daftar NIB. 

1. Memudahkan pengurusan izin usaha NIB ibarat NIK seorang warga negara. Dengan mengantongi NIB, Anda bisa lebih mudah mengurus perizinan usaha yang dibutuhkan kemudian. Selain itu, NIB juga harus dicantumkan dalam dokumen pendaftaran lain terkait perizinan usaha, seperti pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dan SIUP. 

2. Proses pengajuan izin usaha lebih cepat Lupakan kerepotan mengumpulkan dokumen syarat pengajuan izin usaha atau meluangkan waktu sekian hari untuk mengurus NIB. Keberadaan sistem OSS membuat Anda bisa mengajukan perizinan dengan mudah. Pertama, syarat pengajuan izin sudah dibuat standar atau seragam. Kedua, sistem OSS menerapkan sistem persetujuan otomatis atau automatic approval sehingga tidak perlu melakukan pratinjau ulang dokumen yang diunggah. Oleh karena itu, sepanjang Anda sudah menyiapkan dokumen dan melengkapi semua informasi yang dibutuhkan, izin usaha akan diterima dalam waktu relatif cepat. Jadi, Anda dapat melakukan semua urusan ini di kantor bermodalkan laptop, akses internet, dan dokumen perusahaan yang sudah di-scan. 

3. Penyimpanan data perizinan dalam satu tempat Manfaat mengurus NIB langsung lewat OSS adalah semua data perizinan tersimpan rapi dalam sistem sebagai suatu identitas perusahaan. Sistem OSS sudah terintegrasi sehingga ketika Anda mengurus perizinan lain, lembaga pemberi perizinan bisa mengakses data perusahaan secara langsung. 

4. Peluang memperoleh berbagai fasilitas Kepemilikan NIB bukan cuma menjamin legalitas usaha Anda, tetapi juga membuka peluang memperoleh berbagai fasilitas, baik yang disediakan pemerintah, perbankan, maupun lembaga lainnya. Sebut saja, fasilitas pembiayaan usaha dari perbankan, kesempatan mengikuti pelatihan, serta kesempatan mendaftarkan diri di pengadaan barang/jasa pemerintah. 

 

Tutorial Daftar NIB 

Bagi pemula yang masih awam urusan perizinan usaha, membuat NIB di OSS cukup mudah kok. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini. 

1. Buka laman OSS 

Buka laman OSS pada https://oss.go.id dan ajukan akses lebih dahulu. 

2. Ajukan akses OSS 

Pengajuan akses OSS dapat Anda lakukan dengan klik menu β€œDAFTAR”. Kemudian pilih kategori pelaku usaha, apakah UMK atau Non UMK. Kategori UMK mencakup orang perseorangan dan badan usaha, sedangkan Non UMK meliputi orang perseorangan, badan usaha, kantor perwakilan, dan badan usaha luar negeri. Lengkapi formulir pendaftaran yang disediakan sesuai jenis pelaku usaha tadi. Anda harus melengkapi data yang ada dengan nomor ponsel dan alamat email. Setelah mencentang kolom pernyataan, kode verifikasi akan dikirim ke email Anda. Kemudian proses dilanjutkan dengan mengisi formulir dan membuat password baru, serta melengkapi data pelaku usaha. Setelah pendaftaran dinyatakan berhasil, Anda bisa mengecek email yang memuat username dan password untuk mengakses OSS.  

3. Daftar NIB 

Setelah penerbitan UU Cipta Kerja, pemerintah membagi jenis perizinan berusaha sesuai tingkat risiko usaha. Semua informasi tingkat risiko usaha ini telah disediakan sistem OSS sehingga Anda tinggal mengikuti proses pendaftaran NIB saja. Secara umum, data yang dibutuhkan untuk mengurus NIB pelaku usaha adalah NIK dalam bentuk KTP elektronik. Adapun biaya pembuatan NIB lewat sistem OSS gratis. Tutorial pembuatan NIB cukup mudah, seperti dikutip dari Panduan Perizinan UMK Perseorangan lewat Aplikasi OSS Indonesia. 

  • Pasang aplikasi OSS Indonesia. 
  • Jika sudah memiliki akses OSS, silakan login dengan nomor ponsel dan password. 
  • Lengkapi data pelaku usaha sesuai formulir yang tersedia. 
  • Ketik kolom bidang usaha dengan angka Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020 yang berupa kode 5 digit. Setiap pelaku usaha hanya boleh mempunyai satu NIB dan satu NIB bisa mencantumkan satu atau lebih KBLI. 
  • Masukkan luas lahan dan modal usaha, pilih β€œValidasi Risiko”. Sistem pun akan menampilkan skala usaha dan risiko usaha Anda. 
  • Lengkapi formulir dan isi daftar produk/jasa. 
  • Centang pernyataan mandiri pada kotak yang disediakan. 
  • Pilih mana KBLI yang Anda inginkan untuk diproses perizinan usahanya. 
  • NIB pun langsung terbit. 

Bagaimana dengan perizinan UMK risiko rendah dan menengah rendah yang berbadan usaha atau perizinan usaha menengah dan besar? Tentu saja prosedurnya lebih panjang, tetapi Anda bisa menjumpai panduan lengkapnya di laman OSS yang bisa diakses di sini. 

 

Cara Cek NIB Online 

Nah, jika Anda butuh cek NIB milik perusahaan lain terkait legalitas usahanya, coba ikuti cara berikut. 

Cek di INSW 

Situs https://insw.go.id/nib adalah milik Lembaga National Single Window yang berada di bawah Kementerian Keuangan. Anda cukup memasukkan NPWP dan NIB untuk mengetahui legalitas perusahaan terkait, terutama yang terdaftar di kepabeanan dan melakukan kegiatan ekspor dan/atau impor. 

Cek di NSWI 

Situs National Single Window for Investment (NSWI) bisa Anda akses di https://nswi.bkpm.go.id.Klik menu β€œTracking” dan isi NIP perusahaan yang ingin Anda cek. 

Demikian panduan cara daftar NIB dan cara cek NIB online yang bisa Anda lakukan dengan mudah dari mana saja. Jadi, Anda bisa menghemat tenaga dan waktu dalam mengurus perizinan usaha. 

 

Hal serupa bisa Anda terapkan saat menyelesaikan transaksi bisnis. Pakai Flip for Business sebagai solusi satu pintu berbagai transaksi bisnis Anda. Mulai dari mengirimkan uang, hingga transfer ke luar negeri dengan biaya 50% lebih terjangkau daripada layanan sejenis. Bahkan, Anda juga bisa transfer ke 20 ribu rekening sekaligus dalam hitungan menit saja. Ayo, nikmati kemudahan bertransaksi bisnis dengan Flip for Business!

cta_banner_for_b2b_blog_banner_mt.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

Β© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi