flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Mau Sukses? Ini Dia 12 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang  Harus Anda Tahu!

Mau Sukses? Ini Dia 12 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Tahu!

Sejak lama para profesional terus mencari tahu apa saja yang sebenarnya bisa menjadi faktor pendukung keberhasilan wirausaha. Selain modal usaha yang besar serta manajemen keuangan yang baik, ternyata masih banyak faktor lain yang bisa jadi penentu sukses atau tidaknya Anda sebagai seorang wirausaha. Penasaran apa saja faktor penyebab keberhasilan wirausaha itu? Simak beberapa di antaranya dalam ulasan berikut ini! 

1. Berani Melangkah 

Anda mungkin punya segudang ide brilian untuk membangun bisnis. Tapi jika ide itu tidak diwujudkan dalam langkah nyata, maka kesuksesan hanyalah impian saja. Di antara sekian banyak faktor keberhasilan wirausaha, keberanian untuk mengambil tindakan adalah yang paling utama. Kalau seseorang terlalu takut untuk mengambil tindakan nyata, maka kunci sukses lainnya tidak akan berguna. 

2. Punya Pengetahuan tentang Kewirausahaan 

Seorang wirausahawan atau bahkan calon wirausahawan harus memiliki pengetahuan yang mumpuni soal bisnis, terlebih sektor yang mereka geluti. Pengetahuan yang Anda punya akan meningkatkan energi potensial dalam bisnis Anda dan akan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan yang Anda bangun. Anda perlu belajar hal-hal baru setiap harinya. Jangan takut mencoba sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Gabungkan ilmu baru ke dalam kegiatan operasional harian bisnis Anda. Hanya dengan cara ini Anda bisa menjadi seorang pengusaha sukses. 

3. Memiliki Kreativitas Tinggi 

Sebuah bisnis akan berhasil jika mereka mampu tampil unik dan menonjol di antara para pesaingnya. Untuk menciptakan bisnis semacam ini, Anda harus memiliki kreativitas tinggi. Tidak hanya di awal Anda memulai bisnis, kreativitas akan terus dibutuhkan untuk menciptakan peningkatan yang berkelanjutan dalam usaha. Kreativitas akan meningkatkan energi positif dalam potensi bisnis yang pada akhirnya akan membawa Anda pada peluang-peluang besar yang menguntungkan. 

4. Keterampilan Kewirausahaan 

Setiap pengusaha dan bisnis membutuhkan keterampilan yang berbeda-beda. Ini bisa menjadi faktor penentu yang sangat penting bagi keberhasilan perusahaan mereka. Anda tidak hanya bisa mengandalkan pengetahuan saja. Tanpa adanya keterampilan yang mumpuni untuk mengimplementasikan pengetahuan, Anda tidak akan bisa sukses. Keterampilan ini bisa Anda dapatkan jika Anda mencoba menerapkan apa yang sudah Anda pelajari. 

5. Kecerdasan Kewirausahaan 

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan dihadapkan dengan berbagai situasi dan Anda harus cukup cerdas untuk bisa mengatasinya. Anda harus mampu memecahkan masalah paling kompleks yang mungkin muncul di sepanjang perjalanan karier bisnis Anda. Menjadi seorang pengusaha yang cerdas juga akan membantu memberikan sisi unik pada perusahaan karena pesaing tidak akan bisa meniru produk maupun strategi yang Anda buat dengan mudah. 

6. Kesabaran 

Kesabaran juga merupakan faktor keberhasilan wirausaha yang tidak kalah penting. Ketika Anda gagal di pertempuran pertama, jangan langsung menyerah. Ini penting karena β€˜perang’ masih belum selesai. Ini hanyalah bagian dari awal perjalanan Anda sebagai seorang pengusaha. Anda perlu memahami bahwa setiap langkah yang dilalui oleh seorang wirausahawan bukanlah langkah yang mudah. Cobalah untuk belajar dari kesuksesan para pengusaha populer saat ini. Anda pasti akan menemukan satu bagian di mana sang pengusaha berusaha sabar menghadapi kegagalan dan bangkit kembali untuk meraih kesuksesan seperti yang mereka punya saat ini. 

7. Kegigihan 

Kegigihan adalah sebuah bentuk penolakan untuk menyerah pada apa yang sedang Anda perjuangkan. Hindari melibatkan perasaan yang terlalu personal untuk urusan bisnis. Ingat bahwa mengikuti perasaan tidak akan membawa Anda pada hasil yang Anda inginkan. Yang harus Anda lakukan adalah action. Jika Anda mulai berpikir untuk menyerah, ingatlah kembali apa alasan Anda memulainya. Dengan begitu, Anda bisa bangkit lagi dengan kekuatan penuh dan melanjutkan perjalanan. 

8. Kemampuan untuk Bekerja dalam Tim 

Ada banyak pengusaha yang memulai langkah awal dalam berbisnis sendirian. Tapi, apakah Anda bisa melakukan ini selamanya? Tentu saja seiring dengan semakin besarnya bisnis, Anda akan membutuhkan bantuan orang lain. Orang-orang ini mungkin akan memiliki beberapa keahlian yang tidak Anda punya. Agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik, Anda tentu harus bisa bekerja sama dengan baik sebagai satu tim. Meskipun posisi Anda sebagai pemilik atau atasan, tapi pendapat anggota tim lain yang lebih memahami satu bidang, tetap harus Anda pertimbangkan dengan baik. Lewat kerja sama tim yang baik, bisnis akan melangkah lebih maju untuk meraih kesuksesan. 

9. Berani Mengambil Risiko 

Anda mungkin sudah pernah mendengar beberapa kali bahwa seorang pengusaha seharusnya adalah orang yang berani mengambil risiko. Berani mengambil risiko memang penting. Tapi perlu diingat bahwa yang lebih penting adalah bagaimana Anda bisa memperhitungkan setiap risiko yang Anda ambil. Artinya, Anda tidak bisa sembarangan melangkah dengan alasan berani ambil risiko tanpa memiliki manajemen risiko yang baik. Jadi, ambillah risiko dengan penuh pertimbangan. 

10. Kepercayaan Diri 

Kepercayaan diri adalah faktor penting dan kunci sukses bagi seorang wirausahawan. Tidak ada seorangpun pengusaha yang bisa sukses tanpa rasa percaya diri. Ini dimulai sejak pertama kali Anda merencanakan bisnis Anda. Bagaimana Anda bisa berharap pelanggan akan memercayai kalau Anda sendiri tidak percaya pada diri Anda? Rasa insecure adalah sesuatu yang harus Anda buang jauh-jauh jika ingin sukses sebagai pengusaha. 

11. Manfaatkan Semua Pengalaman yang Anda Punya 

Pengalaman kadang bukan faktor penentu yang signifikan bagi kesuksesan sebuah bisnis. Tapi jika Anda punya pengalaman, tentu energi potensial bisnis Anda juga akan meningkat. Apapun itu, manfaatkan semua pengalaman yang Anda punya untuk membangun bisnis Anda. 

12. Perluas Jaringan 

Sekali lagi, bisnis bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan sendiri. Anda membutuhkan orang lain untuk bisa maju. Baik itu mitra, karyawan bahkan pesaing. Perluas jaringan Anda karena semakin banyak koneksi yang Anda punya, semakin banyak kemungkinan yang ada untuk membangun bisnis Anda menjadi sukses. 

Hal lain yang tidak kalah penting bagi seorang pengusaha adalah kemampuan menjalankan bisnis secara efisien. Bersama Flip for Business, Anda bisa mendapatkan layanan pembayaran satu pintu untuk mendukung kesuksesan Anda sebagai wirausahawan.

 

CTA Banner for B2B Blog_banner_IT.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

Β© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi