mural
homeforward
Volte Telkomsel: Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

Volte Telkomsel: Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

Berkomunikasi via smartphone telah menjadi rutinitas harian yang melekat. Jaringan seluler stabil dan cepat dibutuhkan agar komunikasi berlangsung real-time sekaligus simultan. Layanan VoLTE Telkomsel hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan tersebut. 

Tentu kamu bertanya-tanya, apa itu VoLTE Telkomsel dan apa yang membedakannya dari jaringan seluler biasa? Supaya nggak penasaran, yuk, simak ulasan mengenai VoLTE Telkomsel berikut ini. 

Baca Juga: Cara Cek Pulsa Listrik, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Apa itu VoLTE Telkomsel?

volte

Sumber : Kompas Tekno

Mengutip laman Telkomsel, apa itu VoLTE Telkomsel dijelaskan sebagai layanan yang memungkinkan pengguna melakukan serta menerima panggilan telepon dalam jaringan 4G. Voice over Long-Term Evolution ini mendukung komunikasi real-time dan simultan agar pengguna bisa melakukan panggilan telepon sambil beraktivitas memakai layanan data. 

Contoh, kamu sedang menelepon sambil hendak kirim pesan via WhatsApp. Namun, pesan itu akan tertunda pengirimannya selama kamu masih menelepon. Hal ini terjadi lantaran jaringan seluler lebih memprioritaskan panggilan telepon dengan jaringan 2G atau 3G.

Nah, dengan layanan VoLTE kamu bisa melakukan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan dalam satu waktu. Contoh lain, hadirnya VoLTE membuat sesi mabar atau main bareng game online makin seru. Sambil nge-game, kamu dan teman-teman bisa melakukan panggilan grup di WhatsApp dengan suara jernih dan lancar. 

Keuntungan Memakai VoLTE Telkomsel

Dengan kebutuhan komunikasi makin tinggi, Telkomsel terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas jaringannya. Standar telekomunikasi terkini tersebut akan membantu kamu menikmati beberapa keuntungan, seperti dijelaskan di bawah ini. 

Terkoneksi lebih cepat

Teknologi VoLTE membuat kamu lebih cepat mengakses halaman web dibandingkan jaringan generasi terdahulu. Panggilan juga lebih mudah tersambung dalam waktu pendek.  Bahkan, jeda saat membuat panggilan telepon jauh berkurang sehingga pembicaraan dua arah berlangsung layaknya tatap muka biasa. 

Kualitas suara HD

Jika kamu amati, kecepatan transfer data dengan VoLTE Telkomsel turut mempengaruhi kualitas suara yang diterima selama menelepon. Pasalnya, kapasitas VoLTE bisa menembus tiga kali lipat dibandingkan komunikasi lewat jaringan seluler 3G atau 2G GSM. Berkat kapasitas data lebih besar, kualitas suara HD yang jernih saat menelepon memberimu sensasi bertatap muka lewat suara atau video secara real-time, meski terpisah jarak. 

Video call lebih lancar

Sering kesal karena koneksi wifi tiba-tiba bikin video call tersendat? Coba matikan jaringan wifi di smartphone dan pakai jaringan VoLTE saja. Ya, selain kualitas suara HD, video call dengan sesama pengguna layanan VoLTE juga lebih lancar. Gambar 

Melakukan dua aktivitas bersamaan

Teknologi VoLTE tidak akan mengubah mode jaringan walau beberapa aktivitas berlangsung pada saat yang sama. Dahulu hal ini tidak dimungkinkan karena panggilan suara biasa otomatis mengubah sinyal menjadi 2G/3G dan menghentikan sementara komunikasi internet. 

Dengan VoLTE, jaringan tetap beroperasi pada 4G-LTE sehingga status kamu tetap online. Pendek kata, teknologi ini memungkinkan kamu beraktivitas dua atau lebih di smartphone dalam waktu bersamaan. Misalnya, bermain game online sambil melakukan panggilan telepon, atau mengunduh film sambil browsing web. 

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel

volte

Sumber : Tekno Review

Setelah tahu apa itu VoLTE Telkomsel dan keuntungan memakainya, pasti kamu penasaran bagaimana cara mengaktifkannya bukan? Cara mengaktifkan VoLTE Telkomsel mudah saja kok. 

Namun, perhatikan kriteria pengguna yang bisa menikmati layanan VoLTE. Cara cek VoLTE Telkomsel dapat kamu lakukan dengan meneliti kriteria berikut. 

  1. Memakai smartphone yang mendukung layanan VoLTE
  2. Memasang SIM Card tipe USIM
  3. Menggunakan sistem operasi smartphone terbaru
  4. Mengatur jaringan VoLTE pada smartphone
  5. Menempati wilayah yang terjangkau layanan VoLTE.

Kabar baiknya, sekarang layanan VoLTE sudah menjangkau seluruh kota di Indonesia lho. Jadi, kamu hanya perlu memastikan apakah perangkat yang digunakan benar sudah mendukung teknologi jaringan terkini. Sebagian besar merek smartphone ternama seri tertentu sudah bisa menikmati jaringan VoLTE. Cek di sini untuk tahu apakah ponsel kamu salah satunya.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan VoLTE Telkomsel di smartphone kamu?

  1. Perbarui sistem operasi smartphone ke versi terkini.
  2. Sesudah berhasil, buka menu Settings, lalu masuk dalam opsi Mobile Network. 
  3. Jika perangkat kamu sudah mendukung, harusnya opsi VoLTE Call akan muncul.
  4. Aktifkan tombol di opsi itu untuk mendukung penggunaan VoLTE. 
  5. Jika opsi VoLTE Call belum terlihat, kemungkinan perangkat smartphone tersebut belum memenuhi standar panggilan via VoLTE. 

Cara menggunakan VoLTE Telkomsel di atas bisa kamu terapkan sepanjang smartphone yang dipakai sudah mendukung, termasuk jenis SIM card dan sistem versi terbaru. Kabar baiknya, karena layanan VoLTE Telkomsel sudah menjangkau semua kota di Indonesia, paket VoLTE Telkomsel pun serupa dengan paket internet reguler. 

Berarti tarif yang dikenakan untuk menikmati layanan VoLTE juga memakai skema tarif telepon normal. Jadi, kamu nggak perlu pusing memperhitungkan kuota khusus VoLTE karena semua sudah terintegrasi dalam jaringan Telkomsel asalkan perangkat milikmu sudah sesuai.

Baca Juga: Saldo Monetary Telkomsel: Definisi Hingga Cara Penggunaannya

Jika kamu masih ingin tahu mengenai layanan VoLTE, hubungi 188 untuk informasi lebih lengkap. Jangan lupa beli pulsa atau paket data di Flip saja, pasti lebih murah dari harga agen! 

Yuk, isi pulsa dan paket data Telkomsel di Flip!

New Banner Pulsa dan Paket Data

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi