mural
homeforward
3 Perbedaan Modem dan Router yang Tak Banyak Diketahui

3 Perbedaan Modem dan Router yang Tak Banyak Diketahui

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, internet telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Akses internet yang cepat dan stabil sangat diidamkan untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, hiburan, dan komunikasi harian. Guna mewujudkan konektivitas ini, dua perangkat utama yang sering digunakan adalah modem dan router. 

Meski berperan penting dalam menyediakan akses internet, tak sedikit orang yang masih belum memahami dengan pasti mengenai perbedaan modem dan router. Artikel ini akan membantu kamu mengenal lebih dalam tentang keduanya serta menguraikan perbedaan yang ada dengan lebih mendetail. Simak ya!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Arti Mbps dalam Internet dan Bedanya dengan MBps

Mengenal Modem dan Router

mengenal modem dan router

Sumber: Envato

Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator. Fungsinya adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui saluran telepon, kabel, atau satelit, dan sebaliknya. 

Modem memungkinkan perangkat untuk bisa terhubung ke internet melalui penyedia layanan internet (ISP). Terdapat berbagai jenis modem yang disesuaikan dengan jenis koneksi internet, seperti DSL, kabel, dan satelit.

Sementara itu, router adalah perangkat yang mengarahkan lalu lintas data antara jaringan lokal (LAN) dan internet. Alat ini memungkinkan beberapa perangkat di jaringan lokal, seperti komputer, smartphone, dan perangkat IoT lain untuk berbagi satu koneksi internet. Selain itu, router juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewall dan enkripsi untuk melindungi jaringan dari ancaman eksternal.

Meski modem dan router memiliki fungsi yang berbeda, keduanya sering kali digabungkan dalam satu perangkat, yang selanjutnya dikenal dengan sebutan modem-router. Perangkat ini menggabungkan fungsi dari masing-masing alat untuk memudahkan proses instalasi atau pemasangan dan pengelolaan jaringan rumah atau kantor kecil.

Perbedaan Modem dan Router

bayar internet & tv kabel lebih hemat di Flip

Dari definisi keduanya, kamu mungkin telah mendapatkan sedikit gambaran mengenai apa perbedaan modem dan router. Namun, jika dijabarkan dengan lebih luas, modem dan router memiliki perbedaan yang nyata pada tigas hal berikut ini. 

1. Port

Salah satu perbedaan modem dan router yang paling utama terletak pada jenis dan jumlah port yang dimiliki. Modem biasanya memiliki satu buah port ethernet yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke router atau langsung ke komputer. 

Selain itu, modem juga memiliki port yang menghubungkan ke penyedia layanan internet melalui kabel koaksial, saluran telepon, atau antena satelit.

Sebaliknya, router dilengkapi dengan beberapa port ethernet yang memungkinkan koneksi beberapa perangkat dalam jaringan lokal, yang selanjutnya dikenal sebagai LAN ports. Selain itu, router juga memiliki satu buah port Wide Area Network atau WAN yang menghubungkan ke modem. 

Beberapa alat juga dilengkapi dengan port USB untuk berbagi perangkat seperti printer atau penyimpanan eksternal di jaringan.

2. IP Address

perbedaan modem dan router

Sumber: Envato

Perbedaan modem dan router berikutnya ada pada alamat IP atau disebut juga IP address. Alamat IP adalah identitas unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Perbedaan dalam penanganan alamat IP antara modem dan router ternyata cukup signifikan.

Modem menerima satu alamat IP publik dari penyedia layanan internet. Alamat IP ini digunakan untuk berkomunikasi dengan jaringan internet global. Oleh karena modem hanya menghubungkan satu perangkat ke internet, maka alamat IP yang diperlukan juga cukup satu. 

Sementara itu, router berfungsi untuk mengelola alamat IP pada jaringan lokal. Alat ini menggunakan protokol Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP untuk memberikan alamat IP lokal unik kepada setiap perangkat yang berada dalam jaringan. 

Selain itu, router juga mengimplementasikan teknik Network Address Translation atau NAT untuk mengonversi alamat IP lokal ini menjadi satu alamat IP publik yang diterima dari modem, memungkinkan beberapa perangkat berbagi satu koneksi internet tanpa konflik.

Baca Juga: Tips Dapat Promo Bayar Tagihan Internet

3. Jaringan

Jaringan juga menjadi aspek perbedaan modem dan router yang terlihat jelas. Hal ini terutama berhubungan dengan jaringan yang dikelola oleh kedua alat tersebut. Modem hanya berfungsi sebagai penghubung antara jaringan rumah atau kantor dengan jaringan internet yang lebih luas. Alat ini tidak memiliki kemampuan untuk mengelola maupun mengatur lalu lintas data di jaringan lokal.

Di sisi lain, router berfungsi untuk membuat dan mengelola jaringan lokal. Alat ini akan mengarahkan lalu lintas data antar perangkat dalam jaringan, memastikan bahwa data mencapai tujuannya dengan efisien. 

Selain itu, router juga menyediakan fitur tambahan seperti jaringan tamu (guest network), pengaturan Quality of Service (QoS) untuk prioritas lalu lintas data tertentu, dan kontrol akses untuk mengatur siapa yang dapat terhubung ke jaringan.

Demikian tadi perbedaan modem dan router yang penting untuk kamu ketahui. Dengan pemahaman ini, kamu dapat lebih bijaksana dalam memilih sekaligus mengonfigurasi perangkat jaringan di rumah atau kantor. 

Koneksi internet yang optimal tidak hanya ditentukan oleh kecepatan layanan internet dari ISP, tetapi juga oleh efektivitas perangkat jaringan dalam mengelola dan mendistribusikan koneksi tersebut.

Nah, masalah bayar internet dan televisi berlangganan, kamu bisa percayakan saja ke Flip melalui layanan Internet dan TV. Bayar tagihan lebih mudah dan praktis, aman dan nyaman, pakai Flip saja, download sekarang!

bayar tagihan internet & tv kabel di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi