mural
homeforward
DANA Premium dan DANA Biasa, Apa Bedanya?

DANA Premium dan DANA Biasa, Apa Bedanya?

DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital atau e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Diluncurkan pertama kali pada bulan Desember tahun 2018, pada tahun 2023 ini pengguna DANA diperkirakan telah mencapai 135 juta dengan 40% pengguna tersebar di luar Pulau Jawa.

Dikembangkan oleh PT. Espay Debit Indonesia Koe, DANA beroperasi dengan pengawasan dari Bank Indonesia dan telah terdaftar di OJK. Sebagai aplikasi dompet digital resmi, para pengguna DANA tidak perlu khawatir dengan keamanan uang yang mereka simpan di akun mereka. DANA memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Memungkinkan pembayaran dengan scan QR code. Jadi ketika kamu berbelanja di supermarket atau restoran, cukup buka aplikasi DANA, ketuk QR code dan pindai kemudian masukkan PIN. Proses pembayaran selesai
  • Pengguna bisa mengirimkan uang kepada pengguna DANA yang lain secara gratis asalkan mereka tahu nomor ponsel penerima yang terdaftar di DANA atau nomor rekening tabungan dan bank mereka
  • Ada banyak promo menarik. Promo pembayaran dengan menggunakan DANA berbeda-beda dan selalu berganti setiap periodenya
  • Proses top up sangat mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai cara

Beda Dana Premium dan Dana Biasa

Sumber: Tek ID

 

Saat ini, DANA sudah semakin umum digunakan. Tidak hanya tersedia sebagai salah satu metode pembayaran di e-commerce, kamu juga bisa melakukan pembayaran belanja offline dengan menggunakan DANA.

Untuk memudahkan para penggunanya, DANA menyediakan dua opsi akun yakni akun DANA biasa dan akun DANA Premium. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai perbedaan DANA Premium dan DANA biasa.

Baca Juga: Apa Itu DANA Premium? Cek Cara Daftar Dan Kelebihannya!

Apa Itu DANA Biasa?

Sebelum mengetahui apa itu perbedaan DANA Premium dan DANA biasa, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu akun DANA biasa. DANA biasa atau yang disebut dengan DANA Users adalah akun DANA versi basic atau dasar yang belum diverifikasi dengan metode verifikasi dua langkah

Apa Itu DANA Premium?

Akun DANA Premium bisa dibilang sebagai versi upgrade dari akun DANA biasa. Untuk bisa mengaktifkannya, ada proses KYC yang harus dilakukan yakni dengan cara:

  • Mengambil foto KTP atau kartu identitas
  • Melakukan verifikasi wajah dengan cara selfie
  • Mengisi nomor identitas yakni NIK dan nomor KK dengan benar
  • Setelah proses verifikasi, kamu harus menunggu sampai datamu selesai divalidasi.

Untuk melihat apakah akun yang kamu gunakan sudah premium atau masih akun biasa, kamu bisa mengeceknya pada akun DANA-mu. Caranya, unduh aplikasi DANA kemudian login. Selanjutnya buka menu pengaturan. Pada bagian paling atas, ada keterangan jenis akun. Jika keterangan di sebelahnya tertulis โ€œDANA Premiumโ€, artinya akunmu sudah premium. Sebaliknya jika tidak, artinya akunmu masih akun DANA Users atau DANA biasa.

Karena proses pendaftarannya melalui proses verifikasi dua langkah, transaksi yang dilakukan dengan DANA Premium akan lebih aman. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan uang dengan cepat baik ke sesama akun DANA maupun ke rekening bank. Ini menjadikan aktivitas keuanganmu menjadi lebih fleksibel.

Beda Dana Premium dan Dana Biasa

Sumber: Kumparan

Apa Kelebihan Dana Premium Dibanding DANA Biasa?

Karena ada perbedaan cara mendaftar, perbedaan DANA Premium dengan DANA biasa terletak pada fitur dan benefit yang bisa didapatkan. Apa saja?

  • Dari besar nominal yang bisa disimpan. Akun DANA Users hanya bisa menyimpan uang paling besar senilai Rp2 juta. Sementara pemilik akun DANA Premium bisa menyimpan uang dengan nilai maksimal Rp10 juta
  • Dari segi fitur. Untuk pengguna DANA biasa, fitur yang bisa kamu nikmati umumnya hanya berupa pembayaran merchant saja. Bisa dibilang, ini merupakan fitur dasarnya saja. Jika ingin menggunakan seluruh fitur yang ada secara maksimal, kamu bisa melakukan upgrade ke premium
  • Beberapa fitur yang disediakan untuk akun premium antara lain adalah kirim uang ke rekening bank, melakukan tarif tunai, melakukan pembayaran angsuran dan masih banyak lagi. Untuk melakukan tarik tunai, kamu bisa datang ke Alfamart terdekat
  • Untuk transfer bank dengan nilai minimal Rp50 ribu, kamu tidak akan dikenakan biaya kirim sebanyak 10 kali. Sangat menguntungkan, bukan?

Baca Juga: Cara Praktis Dan Hemat Top Up Dana Dengan Aplikasi Flip 

Dengan membaca perbedaan DANA Premium dengan DANA biasa di atas, kamu tentu memahami bahwa DANA Premium lebih unggul karena berbagai fitur yang ditawarkannya. Jika kamu sering menggunakan DANA untuk berbagai kebutuhan, melakukan upgrade ke akun premium sangat direkomendasikan.

Itu dia perbedaan DANA Premium dan DANA biasa yang perlu kamu ketahui. Agar penggunaan aplikasi DANA kamu semakin maksimal, jangan lupa lakukan top up secara berkala. Sekarang, pengisian saldo DANA bisa dilakukan dengan lebih mudah bersama Flip. Unduh aplikasi Flip sekarang juga lewat Google Play Store dan Apple Apps Store!
 Banner E-wallet

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi