mural
homeforward
7 Ide Oleh-oleh Malaysia untuk Orang Terdekat

7 Ide Oleh-oleh Malaysia untuk Orang Terdekat

Saat bepergian ke tempat yang jauh dari keluarga dan orang tersayang, oleh-oleh bisa menjadi penanda bahwa kamu selalu ingat mereka meskipun terpisah jarak. Tapi, memilih oleh-oleh yang tepat terkadang bisa sangat sulit. Nah, kalau kamu menyeberang ke negeri Jiran, berikut ini 7 oleh-oleh Malaysia yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Malaysia? Baca Dahulu Hal-Hal Penting Berikut!

 

Labu Sayong

oleh-oleh malaysia.jpeg

Sumber : Sketchfab

Tembikar bisa menjadi oleh-oleh Malaysia yang menarik untuk orang tersayang. Sesuai dengan namanya, labu sayong berbentuk seperti labu yang besar di bagian bawah dan mengerucut kecil di bagian atasnya. Di Malaysia, tembikar ini merupakan simbol warisan budaya Perak.

Penduduk setempat biasanya menggunakan labu sayong sebagai wadah air. Bentuknya yang unik dan bahan dasar tanah liat khusus membantu mendinginkan air secara alami. Ketika air menguap melalui dinding tembikar yang berpori, hal ini menciptakan efek mendinginkan. Hasilnya, air yang disimpan di dalam labu sayong akan tetap dingin bahkan ketika cuaca sedang sangat panas.

 

Kerongsang 

oleh-oleh malaysia 1.jpeg

Sumber : Neneng

Kerongsang adalah bros atau jepit rambut khas Malaysia yang sering digunakan untuk melengkapi pakaian tradisional Malaysia. Hiasan ini menambahkan kesan elegan dan cantik pada pakaian tradisional. Jenis dan variasinya juga beragam sehingga banyak pilihan yang bisa kamu dapatkan. 

Kerongsang tradisional biasanya dibuat dari emas, perak, atau logam campuran. Terkadang batu permata, mutiara, atau kaca warna-warni juga ditambahkan untuk menambah warna dan membuat perhiasan ini makin berkilau. Selain sebagai hiasan, kerongsang juga punya nilai budaya sebagai simbol kecantikan tradisional. 

 

Wau 

oleh-oleh malaysia 2.jpeg

Sumber : Trajunews

Wau merupakan layang-layang besar khas Malaysia yang punya berbagai corak menarik dan cantik. Berbeda dari layangan umumnya yang terbuat dari plastik. Wau dibuat dari kain yang dilukis. Bentuknya juga unik dan berbeda dari layangan pada umumnya. 

Desain hiasan wau sangat beragam tergantung dari daerah dan pengaruh budaya asal layang-layang tersebut. Beberapa desain wau terinspirasi dari elemen alam seperti burung, bunga, atau daun. Namun, ada juga yang menggambarkan motif tradisional, tokoh bersejarah, atau simbol budaya.

Setiap daerah di Malaysia punya model wau sendiri. Misalnya, Wau Bulan adalah wau tradisional dari negara bagian Kelantan. Bentuknya seperti bulan purnama dan dihiasi motif bunga. Sedangkan Wau Kucing berasal dari Perlis dan bentuknya menyerupai wajah kucing.

 

Pua Kumbu 

oleh-oleh malaysia 3.jpeg

Sumber : Berau

Pua Kumbu adalah oleh-oleh Malaysia yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Serawak. Kain ini memiliki nilai simbolis dan budaya yang sangat tinggi. Kain cantik ini dibuat dengan cara ditenun dengan alat tradisional sehingga harganya bisa cukup mahal. Namun, sekarang sudah ada yang dibuat menggunakan mesin sehingga harganya lebih terjangkau.

Kain ini dibuat dari serat alami seperti katun atau sutra. Bahan pewarna yang digunakan umumnya berasal dari tanaman, akar, dan kulit pohon sehingga menghasilkan warna yang cerah dan menawan. Desain kain ini beragam dan sering kali menggunakan pola geometris, motif binatang, bentuk manusia, serta elemen alam seperti tanaman dan pepohonan.  

 

Boh Tea 

oleh-oleh malaysia 4.jpeg

Sumber : Amazon

Untuk para pecinta teh, kamu bisa membawakan oleh-oleh Malaysia berupa Boh Tea, sebuah merek teh yang sangat terkenal dari negeri Jiran. Teh ini berasal dari perkebunan di Pahang dan langsung diproses dengan teknologi terkini. Rasanya yang khas dan berbeda dari teh kebanyakan sehingga menjadikannya sangat populer.

Ada berbagai varian rasa yang tersedia, namun yang paling terkenal adalah matcha dan green latte. Jadi, kamu bisa membeli berbagai rasa teh yang lezat sebagai oleh-oleh istimewa untuk orang terdekat.

 

Piring Hias

oleh-oleh malaysia 5.jpeg

Sumber : RONITA

Kerajinan tangan lain dari Malaysia yang bisa menjadi oleh-oleh menarik adalah Piring Hias. Piring ini memiliki corak warna dan desain yang cantik dan menarik. Kamu bisa menggunakannya sebagai hiasan dinding di sudut rumah sebagai kenang-kenangan.

Harga piring hias ini cukup terjangkau, yaitu sekitar 100 ribu rupiah. Namun, semakin rumit desain piring ini, maka harganya juga bisa semakin mahal. Oleh-oleh khas ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasar seni di Malaysia.

 

Cokelat Beryls 

oleh-oleh malaysia 6.jpeg

Sumber : Sikidang

Oleh-oleh Malaysia lain yang tidak kalah terkenal adalah cokelat Beryls. Beryl’s merupakan pabrik cokelat tertua di Malaysia dan memproduksi berbagai jenis cokelat dengan rasa yang lezat dan unik. Berbagai varian cokelat yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah dark choco, white choco, cokelat dengan campuran rasa buah, dan lain-lain.

Cokelat ini bisa kamu dapatkan di supermarket, toko oleh-oleh, hingga bandara. Harganya bervariasi tergantung dari ukuran dan varian cokelat yang kamu pilih. Rata-rata mulai dari 25 sampai 80 ringgit Malaysia.

 

Baca juga: 7 Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal, Sudah Pernah Coba?

Itulah beberapa ide oleh-oleh Malaysia yang bisa kamu pilih ketika berkunjung ke negeri Jiran nanti. Jadi, orang tersayang yang menunggu di rumah akan ikut senang dengan perjalananmu ke Malaysia.

Selama tinggal di Malaysia, kamu juga tidak perlu khawatir dengan urusan keuangan seperti transfer dana. Ada Flip Globe yang bisa membantu kamu transfer ke lebih dari 50 negara. Selain itu prosesnya juga cepat, aman dan menggunakan kurs terbaik sehingga kamu tidak akan rugi! 

Jadi, yuk download Flip sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi