mural
homeforward
Susah Komunikasi Karena Sinyal Smartfren Hilang? Atasi dengan Cara Ini!

Susah Komunikasi Karena Sinyal Smartfren Hilang? Atasi dengan Cara Ini!

PT Smartfren Telecom Tbk (IDX) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Pada 2015, Smartfren meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia dan pada awal 2016, mereka menyediakan layanan Voice over LTE (VoLTE) komersial pertama di Indonesia. 

Pada 2017, Smartfren menjadi satu-satunya operator yang sepenuhnya beroperasi di jaringan 4G dengan sekitar 15.000 BTS 4G di 200 kota. Mereka menawarkan produk data dan suara, solusi bisnis, dan layanan digital. Smartfren juga merupakan bagian dari kelompok usaha Sinarmas. 

Terlepas dari keandalan layanannya, masalah jaringan Smartfren hilang merupakan hal yang bisa saja terjadi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang alasan kenapa sinyal Smartfren hilang sekaligus cara mengatasi masalah ini agar komunikasimu tidak terganggu.

Baca Juga: Cara Mudah Isi Pulsa dengan Aplikasi Beli Pulsa Smartfren

Mengapa Sinyal Smartfren Bisa Hilang?

sinyal jaringan smartfren hilang

Sumber: Envato

Sinyal Smartfren hilang tentu bukan sesuatu yang menyenangkan. Ini bisa menyebabkan berbagai aktivitas pengguna menjadi terganggu. Sinyal yang hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  1. Lokasi minim koneksi. Di beberapa wilayah, terutama di daerah terpencil atau pedesaan, sinyal Smartfren bisa lemah atau bahkan hilang karena infrastruktur jaringan yang belum memadai.
  2. Jaringan terhalang material bangunan. Bangunan dengan dinding tebal atau material tertentu seperti beton dan logam dapat menghalangi transmisi sinyal, menyebabkan sinyal di dalam gedung menjadi lemah atau hilang.
  3. Cuaca buruk. Kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, badai, atau angin kencang dapat mengganggu transmisi sinyal. Cuaca buruk dapat merusak infrastruktur jaringan atau mengganggu gelombang sinyal.
  4. Mati lampu. Pemadaman listrik dapat mempengaruhi menara BTS (Base Transceiver Station) yang membutuhkan daya untuk beroperasi, sehingga sinyal dapat hilang di area tersebut.
  5. Lalu lintas sinyal yang padat. Di daerah dengan kepadatan pengguna yang tinggi, seperti di pusat kota atau acara besar, menara pemancar bisa kelebihan beban, menyebabkan sinyal menjadi tidak stabil atau hilang.

Bagaimana Cara Mengembalikan Sinyal Smartfren yang Hilang?

Banner Pulsa dan Paket Data

Jika kamu mengalami masalah sinyal hilang baik itu sinyal internet atau sinyal seluler, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan yakni:

1. Pastikan Gawaimu Mendukung Jaringan 4G

Jika masalah sinyal Smartfren yang hilang terkait dengan jaringan 4G, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek apakah ponsel/gawaimu kompatibel dengan jaringan 4G. Informasi ini dapat dicek pada kotak atau secara online dengan mengetikkan merek serta tipe ponselmu di halaman pencarian.

2. Restart HP

Seperti halnya komputer, ponsel juga sering memerlukan restart untuk menyegarkan sistem dan jaringan. Melakukan restart pada ponsel bisa menjadi langkah awal yang efektif ketika koneksi sinyal Smartfren mulai memburuk. Cara ini praktis dan mudah dilakukan untuk memperbaiki masalah sinyal.

3. Ubah Jaringan ke Mode 4G

Jika sinyal Smartfren masih bermasalah setelah restart, periksa apakah jaringan ponsel sudah diatur ke mode 4G. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Pengaturan” di ponsel
  2. Klik “Pengaturan Jaringan dan Nirkabel” kemudian klik “Jaringan Seluler”
  3. Pastikan mode ‘Aktifkan 4G’ dalam keadaan aktif (enable).

4. Atur Jaringan Ponsel Agar Tetap dalam Mode “LTE Only”

Seringkali, jaringan ponsel berubah-ubah tergantung lokasi dan kondisi sinyal. Untuk koneksi yang lebih stabil, kamu bisa mengunci jaringan ke mode 4G. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi “Telepon” pada ponselmu
  2. Ketik kode ##4636*#*#
  3. Pengaturan jaringan tambahan akan muncul di layar
  4. Pilih “Informasi Telepon” sesuai dengan slot kartu Smartfren (jika menggunakan dual SIM, pilih antara “Informasi Telepon 1” atau “Informasi Telepon 2”)
  5. Pada bagian “Setel Jenis Jaringan yang Disukai”, pilih opsi “LTE Only”.

Dengan langkah ini, ponselmu akan terkunci pada jaringan 4G, yang dapat membantu menjaga koneksi tetap stabil.

5. Pindah Lokasi

Jika sebelumnya sinyalmu baik-baik saja namun mendadak hilang, coba periksa sekelilingmu. Apakah kamu berada di dalam ruangan, atau dikelilingi banyak bangunan tinggi? Jika ya, kemungkinan besar sinyal Smartfren terhalang oleh tembok atau struktur bangunan. Solusinya gampang: pindah tempat.

Carilah area terbuka yang tidak terhalang oleh bangunan. Bisa di luar ruangan, dekat jendela, atau di ruangan yang lebih tinggi. Perubahan posisi ini dapat membantu memperkuat sinyal HP dan membuatnya kembali stabil.

Baca Juga: Cara Beli Paket Internet Smartfren Unlimited Bulanan

Pakai Menu Smartfren Toolkit

Cara berikutnya untuk mengatasi sinyal Smartfren hilang adalah dengan membuka fitur SIM Toolkit yang ada di ponselmu. Caranya:

  1. Buka aplikasi SIM Toolkit Smartfren di HP kamu
  2. Pilih menu Smartfren+
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk me-restart HP
  4. Setelah HP restart, buka kembali aplikasi SIM Toolkit
  5. Pilih Roaming
  6. Pilih Smartfren
  7. Restart HP sekali lagi.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk memastikan koneksi tetap stabil adalah dengan mengisi pulsa atau membayar tagihan tepat waktu. Untuk pengisian pulsa yang lebih mudah dan praktis, Flip adalah jawabannya. Komunikasi lancar, beli pulsa harga murah, ya di Flip saja!

Beli Pulsa dan Paket Data

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi