mural
homeforward
Harbolnas: Pengertian, Sejarah, dan Tips Berbelanja Saat Harbolnas Berlangsung

Harbolnas: Pengertian, Sejarah, dan Tips Berbelanja Saat Harbolnas Berlangsung

Selama beberapa tahun terakhir, online shopping menjadi cara berbelanja yang diminati masyarakat. Tren pertumbuhan transaksi belanja online pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tentunya, transaksi pun makin meningkat pada waktu-waktu tertentu seperti Harbolnas.

Namun, apakah kamu tahu apa itu Harbolnas? Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada hari itu, penyedia produk akan menawarkan banyak program diskon menarik sehingga masyarakat pun berbondong-bondong melakukan pembelanjaan.

Daftar Isi

Sekilas Sejarah Harbolnas di Indonesia

Harbolnas diadakan setiap tanggal 12 Desember. Di Indonesia sendiri harbolnas pertama kali dilaksanakan pada 12 Desember 2012 dan diinisiasi oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia atau bisa disebut dengan idEA. idEA merupakan Asosiasi kumpulan beberapa e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Berrybenka, dan Blibli. 

Saat pertama kali diselenggarakan, ternyata gerakan Harbolnas mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong Harbolnas diadakan kembali di tahun selanjutnya, yang kemudian berlangsung terus setiap tahunnya. Jumlah penyelenggaranya pun terus bertambah—pada 2020 lalu, Harbolnas diikuti oleh lebih dari 250 platform e-commerce di Indonesia.

Namun, saat ini harbolnas tidak lagi hanya diadakan oleh e-commerce, tetapi juga oleh banyak sektor lainnya seperti perbankan. Beberapa bank di Indonesia turut memeriahkan Harbolnas dengan memberi cashback dan promo kepada nasabahnya.

Baca Juga : Promo-Promo Menarik Harbolnas 10.10! Jangan Sampai Terlewat!

Walau begitu, kini Harbolnas sudah tidak lagi ‘sesakral’ dulu. Pasalnya, beberapa e-commerce besar banyak melaksanakan harbolnas di setiap tanggal ganda setiap bulannya, seperti 9.9 di bulan September,  10.10 di bulan Oktober dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya bahkan merayakan Harbolnas setiap bulan.

Antusiasme masyarakat terhadap Harbolnas nyatanya tidak main-main. Tercatat pada 2018 lalu, total transaksinya sebesar Rp6,8 triliun. Angka ini mengalami peningkatan pada 2019 menjadi Rp9 triliun. Menariknya, pada 2020 ketika pandemi sedang melanda, nilai transaksi saat Harbolnas rupanya tetap meningkat hingga Rp11,6 triliun.

Melihat Perayaan Harbolnas di Luar Negeri

Konsep Harbolnas di luar negeri sudah ada lebih lama. Beberapa negara maju di Amerika, Asia, Eropa, dan Australia memiliki hari belanjanya tersendiri dengan nama Cyber Monday. Cyber Monday terinspirasi oleh perayaan Black Friday di Amerika Serikat. 

Namun, Black Friday sendiri dilaksanakan secara offline dan diadakan setiap hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Black Friday adalah agenda belanja tahunan paling besar di Amerika Serikat, toko-toko banyak memberikan potongan harga agar dapat meraup lebih banyak keuntungan.

Konsep hari belanja ini pun menyebar ke berbagai negara dengan nama yang berbeda-beda. Di Cina misalnya, hari belanjanya disebut dengan Single Day 11.11. Sementara itu, Arab Saudi menyebutnya White Friday dan Meksiko menyebutnya dengan El Buen Fin.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlewat! Banyak Promo-Promo Menarik Harbolnas 11.11

Manfaat Harbolnas

Meski sebagian orang melihat adanya Harbolnas mendorong perilaku konsumtif masyarakat, nyatanya di sisi lain aktivitas ini juga memberi manfaat terutama dari segi pertumbuhan ekonomi. Baik bagi penjual maupun pembeli, berikut beberapa manfaat Harbolnas yang paling dirasakan.

Memberi Keuntungan bagi Penjual

Siapa bilang diskon membuat usaha jadi rugi? Sebaliknya, harga jual yang lebih rendah justru membantu penjual mendapat lebih banyak pembeli. Nilai margin yang lebih sedikit dibandingkan saat penjualan harga normal tetap menguntungkan karena banyaknya jumlah pembelian.

Selain itu, makin banyaknya penjualan akan membantu menghabiskan stok. Hal ini terutama sangat penting bagi pihak yang menjual barang-barang tidak tahan lama untuk menghindari kerugian sesungguhnya.

Memberi Kepuasan bagi Pembeli

Harga yang lebih murah sudah pasti menyenangkan bagi pembeli. Berbagai kebutuhan maupun keinginan yang sebelumnya sempat tertunda karena harga di luar bujet kini dapat diperoleh tanpa harus terlalu menguras kantong.

Tentunya, cara belanja online yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja semakin membuat nyaman. Pembeli tak perlu mengantre panjang di kasir atau bahkan berebut secara fisik untuk memperoleh barang yang diincar.

Tips Berbelanja Saat Harbolnas Berlangsung

Kalau ingin ikut berbelanja saat Harbolnas, kamu perlu tips khusus. Pasalnya, jutaan orang juga siap berpartisipasi. Nah, agar tak menyesal kehabisan, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Nyalakan Notifikasi

Supaya kamu tidak ketinggalan promo di e-commerce atau toko online kesayangan kamu, nyalakan notifikasi dari e-commerce kesayangan atau toko online tujuan kamu. 

Buat Daftar Belanjaan

Jangan sampai kamu terlena melihat banyak promo dan diskon yang beredar, sehingga kamu melupakan barang yang menjadi tujuan kamu di saat Harbolnas atau bahkan membuang terlalu banyak uang. Untuk mengantisipasinya, buatlah daftar belanjaan dan prioritaskan berbelanja sesuai kebutuhan saat ini.

Baca Juga : Lengkap! Daftar Promo Harbolnas 12.12, Jangan Sampai Terlewat!

Pilih E-commerce yang Cocok dengan Kamu

Saat Harbolnas berlangsung sudah pasti setiap e-commerce akan memberikan penawaran dan cashback spesial. Namun, pilih saja e-commerce yang cocok denganmu agar tidak kelabakan mengambil semua penawaran promo dari banyak e-commerce.

Pastikan Kualitas Internet Apik

Saat Harbolnas berlangsung tidak hanya kamu saja yang berburu promo dan diskon, tapi ribuan orang bahkan jutaan orang di dunia berbondong-bondong untuk mendapatkan diskon dan penawaran spesial. Pastikan jaringan internet kamu stabil, agar promo dan diskon yang telah kamu incar tidak didahului oleh orang lain.

Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Setelah kamu berbelanja saat harbolnas dan sudah membayar itu semua, pilihlah jasa pengiriman terpercaya. Jangan lupa pilihlah harga yang murah agar kamu lebih hemat!

Nah, itulah serba-serbi mengenai Hari Belanja Online Nasional. Mengingat sebentar lagi perayaan harbolnas akan berlangsung, kira-kira apa saja, nih, barang yang ingin kamu beli?

Oh, ya, agar lebih hemat, kamu bisa pakai Flip untuk melakukan pembayaran ke e-commerce atau online shop tujuan yang menggunakan rekening bank berbeda dengan milikmu. Lewat Flip, transfer beda bank tidak akan dikenai biaya admin alias gratis*. Lumayan banget kan, yuk download Flip sekarang.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Top up e-wallet lebih hemat biaya

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi