mural
homeforward
Beberapa Jenis Daya Listrik PLN dan Cara Bayar Tagihan Listrik

Beberapa Jenis Daya Listrik PLN dan Cara Bayar Tagihan Listrik

Terkadang daya listrik PLN yang sudah tersedia di rumah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. Tanda yang biasanya muncul adalah mati listrik secara tiba-tiba karena daya listrik rumahmu kelebihan beban. Nah, daripada menggunakan peralatan listrik secara bergantian, akan lebih mudah jika kamu mengajukan perubahan daya alias tambah daya listrik saja.

Untuk mengetahui jenis daya listrik apa saja yang disediakan PLN, kamu bisa baca artikel berikut. Dengan demikian, kamu jadi tahu jenis daya listrik apa yang bisa kamu pilih dan pas untuk rumahmu.

Jenis Daya Listrik PLN

Besar kecilnya kapasitas daya listrik ini ditunjukkan dalam satuan VA (Volt Ampere) biasanya akan dipilih saat pasang baru listrik. Untuk kalangan rumah tangga, kamu bisa menjumpai beberapa jenis daya listrik yang ditawarkan, misalnya 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA. Ada pula rumah yang menggunakan daya listrik hingga 3.500 VA, 5.500 VA, dan 6.600 VA.

Supaya tidak bingung, kamu bisa mengenal ragam jenis daya listrik PLN merujuk pada Peraturan Menteri ESDM nomor 28 tahun 2016. Pada peraturan ini, disebutkan bahwa ada delapan kategori daya listrik dan masing-masing kategori punya rentang daya listriknya sendiri. Empat kategori di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Daya listrik untuk keperluan pelayanan sosial

  • Golongan S-1 tegangan rendah (S-1/TR), daya listrik 220 VA
  • Golongan S-2 tegangan rendah (S-2/TR), daya listrik 220 VA sampai 220 kVA
  • Golongan S-3 tegangan menengah (S-3/TM), daya listrik di atas 220 kVA.

 

2. Daya listrik untuk keperluan rumah tangga

  • Golongan R-1 tegangan rendah (R-1/TR), terdiri atas berbagai pilihan daya listrik mulai dari 450 VA, 900 VA, 900 VA-RTM, 1.300 VA, dan 2.200 VA.
  • Golongan R-2 tegangan rendah (R-2/TR), terdiri atas pilihan daya 3.500 VA sampai 5.500 VA.
  • Golongan R-3 tegangan rendah (R-3/TR), daya listrik 6.600 VA ke atas.

 

3. Daya listrik untuk keperluan bisnis

  • Golongan B-1 tegangan rendah (B-1/TR), daya listrik PLN mulai 450 VA sampai 5.500 VA. Biasanya, daya listrik golongan ini diperuntukkan bagi pelaku bisnis berskala kecil.
  • Golongan B-2 tegangan rendah (B-2/TR), daya listrik mulai 6.600 VA sampai 200 kVA. Daya listrik golongan ini diperuntukkan bagi pelaku bisnis berskala menengah.
  • Golongan B-3 tegangan rendah (B-3/TR), dengan daya listrik lebih dari 200 kVA. Daya listrik golongan ini diperuntukkan bagi pelaku bisnis berskala besar.

 

4. Daya listrik untuk keperluan industri

  • Golongan I-1 tegangan rendah (I-1/TR), daya listrik mulai 450 VA sampai 14 kVA. Biasanya daya listrik golongan ini digunakan oleh industri rumah tangga.
  • Golongan I-2 tegangan rendah (I-2/TR), daya listrik mulai 14 kVA sampai 200 kVA. Biasanya daya listrik golongan ini digunakan oleh industri berskala sedang.
  • Golongan I-3 tegangan menengah (I-3/TM), dengan daya listrik PLN lebih dari 200 kVA. Biasanya daya listrik golongan ini digunakan oleh industri berskala menengah.
  • Golongan I-4 tegangan tinggi (I-4/TT), dengan daya listrik lebih dari 30.000 kVA. Daya listrik ini digunakan oleh industri berskala besar.

 

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, bisnis, industri, dan fasilitas sosial, ada juga kategori daya listrik yang diperuntukkan bagi penerangan jalan umum dan kantor pemerintah (golongan P), kebutuhan penjualan curah, keperluan traksi, serta kebutuhan lain yang tidak disebutkan di kategori di atas.

Apa Pengaruh Golongan Daya Listrik terhadap Biaya Listrik?

pengaruh golongan daya listrik pada biaya Sumber : Pinhome

Penentuan golongan daya listrik PLN tentu akan digunakan untuk menentukan Tarif Dasar Listrik (TDL) mana yang akan diterapkan. Sebagai contoh, TDL rumah kamu dengan 1.300 VA (R-1/TR) tentu akan berbeda dengan TDL yang diterapkan untuk bisnis skala kecil (B-1/TR). Dengan demikian, biaya pemakaian listrik pun akan berbeda meski jumlah kWh sama.

TDL untuk daya listrik yang kamu pilih pun mungkin akan berbeda dengan TDL daya lain dalam golongan yang sama. Misalnya, TDL untuk pengguna rumah tangga dengan daya 900 VA (Rp1.352,00) tentu akan berbeda dengan TDL pada rumah yang menggunakan 2.200 VA, yaitu Rp1.444,70/kWh. Namun pada rumah dengan daya listrik 3.500 VA atau 5.500 VA, TDL yang diterapkan pun sama dengan TDL daya listrik PLN 2.200 VA.

Bagaimana Cara Bayar Listrik?

cara bayar listrik pakai Flip Sumber : Flip

Bayar listrik sekarang makin mudah, lho. Pasalnya, ada banyak sekali channel pembayaran yang bisa kamu coba. Misalnya seperti:

  • Pembayaran langsung ke loket PLN atau ke loket PPOB yang telah berafiliasi dengan PLN;
  • Pembayaran melalui bank, baik melalui e-banking dan channel pembayaran lainnya;
  • Pembayaran online, misalnya melalui aplikasi Flip, marketplace, maupun aplikasi dari PLN sendiri.

 

Penasaran gimana caranya bayar listrik pakai Flip? Caranya mudah, kok. Tinggal masuk ke aplikasi Flip, lalu pilih menu ‘Listrik’ yang secara default sudah ada di halaman awal aplikasi. Lalu, pilih ‘Token Listrik’ kalau kamu mau membeli listrik prabayar, atau pilih ‘Tagihan Listrik’ kalau mau membayar tagihan listrik pascabayar.

Selanjutnya, kamu tinggal masukkan nomor ID pelanggan PLN-mu dan nama pelanggan pun akan ditampilkan. Jika sudah sesuai, kamu bisa lanjutkan proses pembayaran sebagaimana dipandu dalam aplikasi. Bayar listrik jadi lebih murah dengan Flip!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi