mural
homeforward
Cara Penggunaan QRIS yang Praktis untuk Berbagai Keperluan

Cara Penggunaan QRIS yang Praktis untuk Berbagai Keperluan

Sejak QRIS resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia, kini kamu bisa bertransaksi pakai kode QR dari sistem pembayaran apapun di semua merchant berlogo QRIS. 

BI meluncurkan QRIS supaya transaksi dengan kode QR bisa lebih mudah, cepat, dan aman. Apalagi, cara penggunaan QRIS juga begitu praktis karena dapat kamu manfaatkan untuk berbagai transaksi.

Baca Juga: Cara Bayar dan Kirim Uang Menggunakan QRIS BRI, Praktis dan Gampang!

Cara Penggunaan QRIS untuk 5 Transaksi

syarat penggunaan qris

Sumber: Freepik

Kemudahan yang ditawarkan QRIS membuat metode pembayaran satu ini begitu disukai masyarakat Indonesia. Sepanjang 2022 saja, jumlah transaksi QRIS tumbuh 86% mencapai 1,03 miliar transaksi. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan QRIS yang cukup beragam, mulai dari tarik tunai, transaksi di merchant, sampai transaksi cross-border!

1. Tarik Tunai

Dengan scan kode QR di mesin ATM atau merchant tertentu, kamu bisa menarik uang tunai, lho. Bahkan, seandainya kamu tidak punya rekening bank sekalipun, kamu masih bisa tarik tunai di ATM karena QRIS menggunakan akun Uang Elektronik PJP non-bank.

Cara menggunakan QRIS untuk tarik tunai juga gampang banget! Kamu cuma perlu scan kode QR yang muncul pada layar ATM atau merchant QRIS. Kemudian, pilih sumber dana dan pastikan jumlah uang yang mau kamu ambil sudah sesuai. Ketikkan PIN dan ambil uang dari mesin ATM atau menerimanya dari pihak merchant.

2. Transfer Uang

Transaksi satu ini bisa dilakukan kalau kamu dan penerima dana sama-sama menggunakan kode QR, ya. Untuk transfer uang pakai QRIS, mintalah penerima dana menampilkan kode QR dari aplikasi PJP yang ia punya. 

Scan kode QR tersebut, lalu masukkan jumlah dana yang akan kamu transfer. Setelah itu, masukkan PIN dan tunggu sampai muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.

3. Pembayaran Cashless

Ini dia cara penggunaan QRIS yang paling umum dilakukan. Ketika belanja di merchant, katakan kepada kasir bahwa kamu akan membayar dengan QRIS. Biasanya, petugas kasir akan mencetak kode QR pada struk terlebih dulu atau langsung meminta kamu scan kode QR yang dipajang di meja kasir.

Untuk membayar dengan kode QR, buka aplikasi mobile banking atau dompet digital milikmu. Pilih opsi โ€œScan QRโ€, lalu arahkan pada kode QR yang disediakan merchant. Masukkan nominal transaksi atau pastikan jumlahnya sudah sesuai, kemudian masukkan PIN dan transaksi pun selesai.

4. Setor Tunai

Nggak cuma untuk tarik tunai, ternyata kamu juga bisa menggunakan QRIS untuk setor tunai. Cara menggunakan QRIS untuk keperluan satu ini juga tidak kalah mudah. Langsung saja datangi ATM atau merchant QRIS yang menyediakan setor tunai. Lalu, masukkan uang ke mesin ATM atau serahkan kepada pihak merchant. 

Scan kode QR yang ditampikan ATM atau merchant, kemudian pilih sumber dana dan pastikan jumlahnya sesuai. Setelah itu, masukkan PIN dan tunggu sampai muncul notifikasi bahwa setor tunai berhasil dilakukan.

5. Transaksi cross-border

Kabar baik buat kamu yang suka traveling ke negara-negara Asia Tenggara! QRIS juga sudah bisa dipakai untuk transaksi di Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Cara penggunaan QRIS untuk transaksi cross-border atau antar-negara tidak berbeda dari di Indonesia, kok.

Pastikan dulu aplikasi mobile banking atau dompet digital milikmu sudah memfasilitas transaksi QRIS di negara tujuan. Kemudian, kamu bisa pilih opsi โ€œScan QRโ€ pada aplikasi tersebut. Masukkan jumlah pembayaran atau pastikan nominalnya sudah sesuai. Nanti, jumlahnya akan dikonversi ke Rupiah. Kalau sudah sesuai, masukkan PIN untuk menyelesaikan pembayaran.

Syarat dari Cara Menggunakan QRIS 

transaksi praktis dengan qris

Sumber: Freepik

Supaya bisa menggunakan QRIS untuk berbagai transaksi di atas, salah satu syarat utamanya adalah kamu harus punya akun di aplikasi PJSP terlebih dulu. Aplikasi ini bisa berupa mobile banking atau dompet digital, ya.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk transaksi pakai QRIS adalah Flip. Pastikan saja saldo Flip kamu masih cukup, ya. Dengan top-up saldo Flip, kamu bisa sekaligus mengalokasikan dana supaya pengeluaran lebih terkontrol.

Baca Juga: Kemudahan Menggunakan QRIS BNI untuk Berbagai Cara Pembayaran

Bahkan nggak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan Flip untuk transfer uang ke bank lain, sehingga uang tersebut dapat kamu pakai pula untuk melakukan transaksi QRIS. Jangan khawatir, Flip bisa membantu kamu transfer ke lebih dari 100 bank di Indonesia dengan biaya lebih hemat!

Nggak cuma untuk bayar belanja di merchant, ternyata cara penggunaan QRIS juga bisa untuk berbagai keperluan seperti transfer, tarik tunai, setor tunai, hingga transaksi antar-negara. Supaya lebih lancar, lengkapi transaksi QRIS kamu dengan aplikasi Flip! 

Kamu bisa menggunakan Flip untuk pembayaran QRIS maupun top up saldo ke akun bank dengan lebih hemat. Buruan download aplikasi Flip sekarang juga melalui Apple App Store atau Google Play Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi