Tips dan Panduan | 4 Desember 2023
Oleh : Rizqi Akbar
Artikel berikut akan menjelaskan tentang cara-cara pengaduan telepon rumah maupun pengaduan permasalahan IndiHome.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang menyediakan berbagai layanan komunikasi—misalnya saja telepon rumah dan layanan koneksi internet. Hingga saat ini, Telkom merupakan provider layanan telepon rumah dan internet dengan basis pelanggan terbesar di Indonesia.
Banyaknya orang yang berlangganan Telkom tidak lantas menyebabkan Telkom terbebas dari masalah. Terkadang sambungan telepon rumah maupun internet bisa mengalami gangguan yang bisa mengakibatkan komunikasi terganggu.
Kamu mengalami masalah dengan layanan Telkom? Coba aplikasikan cara pengaduan Telkom yang akan dijelaskan di artikel berikut.
Baca Juga: Sesama Produk Telkom, Apa Beda IndiHome Dan Wifi.Id?
Foto: Portal Pulsa
Bagaimana cara melakukan pengaduan gangguan telepon rumah atau pengaduan gangguan layanan Telkom lainnya? Dilansir dari beberapa sumber, kamu bisa melaporkan gangguan layanan Telkom melalui cara-cara berikut:
Ingin masalah gangguan pada layanan Telkom segera diproses? Mendatangi kantor layanan Telkom dan melaporkan gangguan telepon rumah atau layanan Telkom lain bisa jadi solusi terbaik.
Dengan cara ini, kamu bisa langsung menghadap customer service dan menyatakan permasalahan yang dihadapi. Alhasil, masalah yang kamu hadapi bisa mendapatkan penanganan segera.
Sebagai saran, akan lebih baik jika kamu datang ke kantor pelayanan Telkom pada pagi hari. Dengan demikian, kamu tidak perlu antre terlalu lama dan permasalahan yang kamu hadapi bisa ditangani segera.
Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berkunjung langsung ke kantor Telkom, mengadukan gangguan telepon rumah atau internet dapat dilakukan melalui call center. Nomor call center Telkom adalah 147.
Nomor ini dapat kamu hubungi langsung melalui telepon rumah atau melalui handphone. Hanya saja, kamu perlu menambahkan kode area 021 jika menghubungi melalui handphone sehingga nomor yang perlu kamu hubungi menjadi 021-147.
Selain dengan menghubungi call center di nomor 147, kamu juga bisa menelepon 0800-1-835566.
Mengingat call center Telkom merupakan layanan berbayar, pastikan pulsa kamu mencukupi ketika melakukan pengaduan Telkom melalui handphone. Belum isi pulsa? Kamu bisa isi ulang pulsa dengan menggunakan Flip! Coba, deh, cek cara membeli pulsa melalui Flip di artikel berikut.
Mengadukan gangguan melalui media sosial Telkom juga menjadi cara yang efektif untuk pengaduan telepon rumah.
Sebelum melaporkan gangguan dan memberikan identitasmu, pastikan untuk menghubungi akun official Telkom dan bukan sembarang akun yang mengatasnamakan Telkom.
Ingat, informasi sensitifmu mungkin akan diperlukan selama pelaporan gangguan. Karenanya, penting untuk melaporkan keluhanmu hanya ke akun official Telkom.
Apa saja akun media sosial Telkom? Berikut detailnya.
Satu hal yang perlu kamu antisipasi adalah risiko menerima jawaban dari admin medsos yang cukup lama.
Jika keluhan terkait pelayanan kamu rasa tidak terlalu mendesak, maka melakukan pengaduan gangguan telepon rumah atau internet bisa kamu lakukan melalui media sosial. Jika mendesak, ada baiknya untuk melapor melalui call center atau langsung datang ke kantor pelayanan.
Selain dengan cara-cara pengaduan telepon rumah yang sudah disebutkan, kamu dapat melakukan pengaduan melalui email [email protected]. Cara ini tergolong simpel dan bisa kamu lakukan dengan cepat. Hanya saja, lakukan tindakan antisipasi jika waktu menunggu jawaban customer service lama.
Foto: Klikoo
Sering kali layanan telepon rumah yang ditawarkan Telkom terintegrasi dengan layanan internet dan TV Kabel IndiHome. Lalu, apakah cara pengaduan telepon rumah sama dengan cara melakukan pengaduan IndiHome?
Pada dasarnya, pengaduan gangguan layanan IndiHome dapat kamu lakukan melalui call center 147 dan melalui media sosial sebagaimana sudah disebutkan. Akan tetapi, IndiHome memiliki metode pengaduan tambahan yaitu melalui aplikasi MyIndiHome.
Untuk melaporkan gangguan layanan internet melalui akun IndiHome, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:
Wah, ternyata ada banyak cara pengaduan Telkom yang bisa kamu gunakan untuk mengadukan gangguan, ya! Dari berbagai pilihan cara di atas, kira-kira yang mana yang akan kamu pilih?
Baca Juga: Cara Pasang Telepon Rumah Tahun 2023 Dan Biaya Pemasangannya
Apa pun pilihan cara pengaduannya, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan Telkom dengan Flip! Dengan Flip, kamu tidak perlu keluar rumah sekadar untuk membayar tagihan Telkom. Cukup rebahan di rumah, tagihan pun beres!
Yuk, download Flip sekarang! Kamu bisa mengunduhnya melalui AppStore (iOS) atau PlayStore (Android).
Bagikan