mural
homeforward
5 Langkah Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Lama atau Baru

5 Langkah Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Lama atau Baru

Telkomsel merupakan salah satu provider seluler paling populer di Indonesia. Dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada 26 Mei 1996, Telkomsel menjadi operator GSM yang pertama kali beroperasi di Indonesia. Di kuartal ketiga tahun 2022 lalu, provider plat merah ini telah memiliki 159,8 juta pelanggan.

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan kartu Telkomsel, kamu mungkin pernah mengalami kartu Telkomsel yang mati. Entah karena lupa mengisi pulsa atau karena alasan lainnya. Kalau sudah begini, kamu perlu mencari tahu cara mengaktifkan nomor Telkomsel yang sudah mati.

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak cara-cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati lewat penjelasan berikut ini!

Baca juga: Cara Beli Pulsa Telkomsel Secara Online dan Offline

 

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Lama

Berdasarkan pengalaman pengguna lama Telkomsel, kalau kartumu masih berada dalam masa tenggang (kurang dari 15 hari), kamu masih bisa mengaktifkannya lagi. Tapi kalau sudah lebih dari 15 hari (belum genap sebulan), kemungkinan kartu untuk bisa diaktifkan lagi jadi lebih kecil. Cara mengaktifkan kembali kartu Telkomsel untuk pengguna lama adalah sebagai berikut:

  • Buka menu SMS
  • Ketik format ULANG[Spasi]NIK#Nomor Kartu Keluarga# kemudian kirimkan ke 4444
  • Tunggu sampai kamu mendapatkan balasan berupa notifikasi dari pihak Telkomsel

Tapi kalau kartu sudah mati lebih dari sebulan, kamu tidak bisa mengaktifkannya lagi dengan alasan apapun. Satu-satunya cara adalah dengan membeli kartu perdana baru.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru

Ketika kamu membeli kartu perdana Telkomsel yang masih baru, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Registrasi ini wajib kamu lakukan, jika tidak kartumu tidak akan aktif. Bagaimana caranya?

  • Buka menu SMS
  • Ketikkan pesan dengan format REG[Spasi]NIK#Nomor Kartu Keluarga# kemudian kirimkan ke nomor 4444
  • Tunggu sampai kamu mendapatkan balasan berupa notifikasi dari Telkomsel.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Tidak Ada Jaringannya

Sumber : Envato

Kartu yang sudah lewat masa tenggang dan mati, biasanya tidak akan bisa membaca sinyal atau hilang jaringannya. Namun dalam beberapa kasus, ada nomor yang mendadak hilang jaringan padahal masa tenggangnya masih lama. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kartu Telkomsel yang kamu gunakan hilang sinyal antara lain:

  • Ada gangguan sinyal sementara
  • Ada masalah pada kartu SIM kamu
  • Ada komponen kartu yang rusak
  • Sistem HP kamu mengalami error.

Jika ini masalahmu, langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Restart ponselmu kemudian lakukan reset jaringan pada menu pengaturan
  • Buka menu pengaturan di ponselmu
  • Klik menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler
  • Pilih kartu Telkomsel yang berada di slot 1 atau 2 kartu SIM di ponselmu
  • Pilih Jaringan Seluler dan klik Jaringan Secara Otomatis agar ponsel menemukan sinyal secara manual
  • Tunggu sampai selesai kemudian pilihan provider akan muncul di layar. Kamu tidak perlu memilih menu apa-apa
  • Kalau sudah selesai, kembali lagi ke mode otomatis dan sinyal akan kembali lagi.

Kalau dengan langkah-langkah di atas sinyal juga tidak kembali, coba pindahkan kartu ke ponsel lain. Kalau di ponsel tersebut sinyalnya terbaca, kemungkinan ada masalah pada ponselmu. Sebaliknya kalau sinyal masih belum terbaca, maka kerusakan mungkin ada pada komponen kartunya dan kamu harus ke GraPARI untuk melakukan penggantian.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Lewat Telkomsel E-Care

Telkomsel E-Care merupakan layanan media sosial resmi milik Telkomsel. Pilihannya ada Twitter, Instagram dan Facebook. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengajukan pengaktifan kartu yang sudah mati. Untuk respon yang lebih cepat, kamu disarankan untuk menggunakan Twitter. Simak panduannya berikut ini!

  • Pastikan kamu sudah punya akun Twitter
  • Kunjungi akun Telkomsel di @Telkomsel
  • Pilih Direct Message atau Pesan Langsung
  • Ajukan permohonan pengaktifan kartu dengan format: nomor, waktu, lokasi dan tanggal masa tenggang
  • Tunggu sampai admin selesai mengecek kartumu. Kalau nomor memenuhi syarat, kartumu akan diaktifkan kembali.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Tanpa ke GraPARI

Banyak orang yang berpikir bahwa mengaktifkan kartu Telkomsel artinya harus datang ke GraPARI. Padahal saat ini sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kartu tanpa perlu datang ke GraPARI. Salah satunya lewat Telkomsel E-Care yang disebutkan pada poin sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center Telkomsel di 118 atau 0807-1-811-811 dengan biaya panggilan Rp300. Jelaskan masalahmu pada petugas dan ikuti arahan berikutnya untuk mengaktifkan kembali kartumu.

 

Baca juga: Pelajari Cara Beli Isi Pulsa Prabayar Telkomsel via Online

Itu dia beberapa cara mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati. Agar kartu tidak sampai mati, pastikan kamu mengisi pulsa secara berkala dengan menggunakan aplikasi Flip. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan Apps Store!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_3.png

Bagikan

Lainnya

Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Kode Transfer Bank di Indonesia
Kode Transfer Bank di Indonesia
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi