Tutorial | 28 Oktober 2022
Oleh : Farrel Baihaqi
Di Indonesia, sambungan listrik untuk masyarakat dikelola oleh PLN atau PT. Perusahaan Listrik Negara. PLN sendiri menyediakan 2 pilihan sambungan listrik yakni pascabayar dan prabayar. Belakangan, PLN juga sedang giat melakukan sosialisasi untuk mengganti sistem meteran pascabayar yang lama dengan meteran prabayar atau token. Bagi kamu yang sudah menggunakan meteran token, kamu perlu tahu cara cek token gratis. Berbeda dengan listrik pascabayar, menggunakan meteran token mengharuskanmu untuk mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan daya. Kadang, kamu tidak tahu berapa lagi sisa pulsa yang ada di meteranmu sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Selain itu, setiap kali membeli token, kamu juga harus memberitahukan nomor ID pelanggan kepada penjual. Kalau kamu lupa dengan nomornya, ada beberapa cara pengecekan yang juga bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!
Baca juga: Meteran Listrik Rusak? Simak Penyebab, Ciri dan Biaya Perbaikannya!
Sumber : Unsplash
Ketika kamu sudah melakukan pengisian token, informasi jumlah kWh yang tersisa pada dasarnya sudah tertera di layar meteran. Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah token listrikmu akan segera habis atau tidak. Selain dengan melihat langsung ke meteran, cara cek token gratis juga bisa kamu lakukan dengan mendengarkan bunyi alarm. Jika meteranmu sudah berbunyi, bisa jadi tokenmu akan segera habis atau karena ada masalah atau error pada meteran. Selain dengan dua cara ini, ada beberapa cara cek token gratis yang juga bisa kamu coba yakni:
Untuk memudahkan para pelanggannya, PLN sudah meluncurkan [aplikasi mobile](https://layanan.pln.co.id/pln-mobile) yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk membeli token dan mengajukan pengaduan masalah listrik, kamu juga bisa melakukan pengecekan sisa pulsa listrikmu dengan aplikasi. Caranya adalah:
1. Unduh aplikasi PLN Mobile (dari Google Play Store atau AppStore)
2. Buka aplikasi kemudian pilih menu “Informasi”
3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan atau nomor meteranmu
4. Pada halaman hasil akan muncul informasi yang menerangkan kapan terakhir kali kamu membeli token. Jika tokenmu akan segera habis, kamu juga bisa membaca keterangannya di bagian ini.
Cara cek token gratis yang selanjutnya adalah dengan menghubungi nomor call center PLN, 123. Untuk bisa terhubung, kamu harus mendahului nomor panggilan dengan kode area tempat tinggalmu. Jadi kalau kamu tinggal di Jakarta, maka nomor yang harus kamu hubungi adalah (021) 123. Sampaikan pada petugas tentang masalah atau kendala yang kamu hadapi dengan menyebutkan nomor meteran atau ID pelanggan. Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menyampaikan keluhan jika ada masalah pada sambungan listrik di rumahmu.
Sumber : Unsplash
Walaupun pembelian token saat ini sudah bisa dilakukan secara online, nyatanya masih banyak orang yang membelinya lewat kios atau minimarket. Setelah membeli, kamu akan diberi lembaran struk token fisik untuk diisikan ke meteran. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika kamu membeli token online karena struk token yang kamu terima dalam bentuk digital dan selalu tersimpan dengan aman. Lalu, bagaimana jika setelah membeli token listrik ternyata lembaran struknya hilang? Tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa mengetahui nomor token yang sudah kamu beli. Tapi sebelumnya, kamu perlu menyiapkan nomor meteran atau ID pelanggan. Jangan lupa juga catat waktu dan tanggal token listrik dibeli. Jika semua persyaratan sudah siap, lakukan langkah-langkah berikut ini:
Kalau kamu membeli dari toko atau minimarket yang tidak jauh dari tempat tinggalmu, kamu bisa langsung kembali ke sana. Mintalah penjual untuk mencetak ulang struk tokenmu agar kamu bisa mengisikannya ke meteran.
Call center PLN juga selalu siap sedia menjawab semua masalahmu, termasuk cek token gratis ketika struk token yang kamu beli hilang. Pertama, hubungi nomor call center PLN di areamu (lihat pembahasan sebelumnya). Beritahukan nomor meteran atau ID pelanggan dan sampaikan apa masalahmu. Selanjutnya, petugas akan membantumu dengan memberikan informasi tentang token listrik termasuk waktu pembelian dan nomor tokennya. Kamu tinggal mencatat dan memasukkannya ke meteran.
Aplikasi PLN Mobile juga bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk mengetahui nomor token yang hilang. Caranya adalah:
1. Unduh, install dan buka aplikasi PLN Mobile di ponselmu
2. Pada bagian atas aplikasi, pilih menu “Informasi”
3. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran
4. Akan muncul pop-up berisi informasi “Pembelian Token Terakhir” dengan 20 digit nomor token yang hilang
5. Isikan nomor tersebut ke meteran. Jika kamu ingin yang lebih praktis, cek token gratis termasuk cek nomor token yang hilang sekaligus melakukan pembelian pulsa listrik bisa kamu lakukan dengan Flip, loh! Mudah dan dijamin lebih praktis!
Bagikan