mural
homeforward
Apa Itu PayPal? Yuk Simak Cara Daftar Dan Menggunakannya!

Apa Itu PayPal? Yuk Simak Cara Daftar Dan Menggunakannya!

Teknologi membuat segalanya semakin mudah dilakukan, tidak terkecuali jika Anda ingin membeli barang dari luar negeri. Sederet perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan terus melakukan inovasi sehingga Anda dapat melakukan pembayaran belanja online dengan mudah dan praktis.

PayPal adalah metode pembayaran yang kerap digunakan untuk transaksi online di berbagai Negara di dunia. Bagi Anda yang sering melakukan belanja online barang-barang dari luar negeri tentu sudah familiar dengan istilah tersebut.

Baca juga: Jangan Salah! Begini Cara Mendaftarkan Akun PayPal

 

Daftar Isi

Mengenal PayPal

PayPal adalah salah satu sarana pembayaran virtual yang menjadi andalan bagi para marketer online. Kehadiran PayPal memberikan perubahan yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis online karena pembayaran dapat dilakukan cepat dan praktis.

 Jauh sebelum PayPal muncul, mereka yang ingin melakukan transaksi online harus menggunakan metode tradisional. Wesel pos dan cek merupakan metode yang umum digunakan pada saat itu. Hal ini tentu saja tidak efektif karena memerlukan proses yang cukup lama.

Bagaimana Cara Membuat Akun PayPal?

Membuat akun PayPal cukup mudah dan cepat. Syarat utama agar Anda bisa membuat akun yaitu sudah genap berusia 18 tahun dan mempunyai KTP. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat PayPal yang dapat Anda ikuti.

  • Silahkan buka browser Anda lalu silahkan ketika PayPal.com pada kolom http. Tekan enter dan Anda akan masuk pada website resmi PayPal.
  • Klik “Daftar” untuk mulai membuat akun PayPal. Menu tersebut terdapat pada bagian atas website.
  • Website akan mengalihkan Anda ke halaman baru secara otomatis. Pada halaman tersebut Anda akan diminta untuk mengisi nama lengkap beserta alamat email dan kata sandi. 
  • Anda akan diarahkan lagi untuk memasukkan nomor HP dan pihak PayPal akan mengirimkan kode keamanan via SMS. Masukkan kode sejumlah 6 digit tersebut pada kolom yang disediakan.
  • Setelah memilih opsi tersebut akan muncul halaman baru seperti lembar formulir. Isi semua data yang diperlukan dengan benar mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, KTP dll. Klik “Setuju dan Buat Rekening” jika semua sudah dilengkapi.
  • Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan kode pada kolom yang disediakan. Agar dapat diproses ke langkah berikutnya klik “Lanjutkan” lalu pilih “Masuk Ke Rekening Saya”.
  • Akun PayPal Anda pun sudah jadi. Selanjutnya buka email Anda untuk mengkonfirmasi akun Anda.
  • Buka email dari PayPal dan klik link yang tersedia maka Anda akan secara otomatis terkonfirmasi dan masuk pada website PayPal.
  • Untuk mulai menggunakan akun PayPal baru Anda terlebih dahulu Anda harus log in dengan masukkan alamat email dan password yang Anda gunakan. Semua jenis transaksi seperti pembayaran online atau atau penarikan dana online harus didukung dengan kartu kredit.

Bisakah Membuat PayPal Tanpa Kartu Kredit?

Anda tetap dapat membuat akun PayPal meskipun tidak memiliki kartu kredit asalkan memiliki kartu debit. Hanya kartu debit yang memiliki logo VISA, American Express dan MasterCard saja bisa digunakan untuk mendaftar.

Silahkan ikuti langkah-langkah membuat akun PayPal tanpa menggunakan kartu kredit berikut.

  • Silahkan kunjungi website resmi PayPal yaitu www.paypal.com.
  • Klik menu “Daftar” yang terdapat pada kanan atas website. Secara otomatis website akan menampilkan kotak dialog yang berisikan dua pilihan yaitu “Rekening Pribadi” dan “Rekening Bisnis”.
  • Jika Anda ingin menggunakan PayPal untuk transaksi online, mengirim serta menerima pembayaran maka pilih opsi “Rekening Pribadi”.
  • Anda diharuskan lagi untuk memilih jenis rekening pribadi dan silahkan pilih “Saya Pembeli Online”.
  • Klik tombol “Berikutnya” lalu Anda akan diminta untuk mengisi nomor HP Anda. PayPal akan mengirimkan kode keamanan melalui SMS dan segera masukkan kode tersebut.
  • Anda diminta untuk mengisikan nama lengkap, alamat email dan juga password yang akan digunakan untuk akun PayPal Anda.
  • Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk melengkapi formulir menggunakan KTP, SIM atau kartu identitas lainnya. Jika Anda sudah mengisi semua formulir lalu pilih menu “Setuju dan Buat Rekening”.
  • Agar akun PayPal tanpa kartu kredit Anda bisa digunakan untuk transaksi maka Anda harus menggunakan virtual Credit Card atau umum dikenal VCC.
  • Untuk memiliki VCC ini Anda bisa membelinya dengan mudah di internet karena sudah banyak yang menyediakan jasa tersebut.

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan PayPal

Metode pembayaran PayPal bukan hanya menguntungkan mereka yang gemar berbelanja online namun juga menguntungkan para pebisnis online. Hal ini dikarenakan PayPal memberikan banyak kemudahan dan manfaat menarik lainnya.

Di bawah ini merupakan sederet manfaat yang bisa Anda nikmati dengan memiliki akun PayPal.

Transaksi Aman

Keamanan dalam bertransaksi merupakan prioritas utama mengingat maraknya kasus penipuan. PayPal memiliki sistem keamanan yang sangat baik sehingga dapat melindungi konsumennya.

Keamanan ini bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli. PayPal dapat mengantisipasi tindak penipuan dari pembeli nakal. Sebaliknya, pembeli dapat mengajukan komplain jika barang datang terlambat dan tidak sesuai dengan yang dipesan.

Privasi Akun Anda Terjaga

Selain membuat penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan aman, pemilik akun PayPal juga tidak perlu was-was dengan data mereka. Data Anda akan aman terjaga sehingga tidak akan disalahgunakan oleh orang jahat dan tidak bertanggung jawab.

Cepat & Efektif

Di zaman yang modern segalanya dituntut serba cepat. Proses transaksi jual beli akan semakin cepat dan efektif dengan dukungan PayPal. Dana yang Anda transfer akan segera diproses tidak lebih dari 24 jam.

Penjual Dapat Menerima Berbagai Pembayaran

Hal menguntungkan bagi para penjual yaitu memberikan fleksibilitas kepada para pembeli untuk segera membayar tagihannya. Pembeli dapat memilih pembayaran mulai menggunakan kartu kredit maupun debit. 

Pembayaran Global

Metode pembayaran PayPal tidak terbatas wilayah karena dapat digunakan untuk membayar transaksi antar Negara. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja sepuasnya tapi pusing memikirkan cara pembayaran yang rumit

Kekurangan PayPal

Meskipun PayPal memberikan banyak manfaat untuk penjual dan pembeli namun metode pembayaran ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan PayPal adalah sebagai berikut.

Penipuan Mengatasnamakan PayPal

PayPal sendiri telah menyediakan sistem keamanan terbaiknya namun juga tidak lepas dari phising dari mereka yang berniat tidak baik. Mereka akan meretas data sehingga dapat mengirimkannya ke semua email termasuk punya Anda.

Proses Penarikan Uang Lama

Anda dapat melakukan penarikan uang yang Anda miliki akun PayPal Anda. Namun, hal ini akan mengganggu sekali untuk Anda yang memerlukan uang dalam waktu cepat. Proses penarikan memakan waktu mulai 2 hingga 4 hari kerja.

Proses Add Fund Cukup Ribet

Pemilik akun PayPal yang ingin melakukan Add Fund harus melalui cara kurang praktis. Anda tidak bisa melakukan hal tersebut menggunakan kartu kredit maupun bank lokal Indonesia. Bank US merupakan satu-satunya cara yang bisa melakukan Add Fund.

Penyalahgunaan PayPal Marak

Sistem keamanan yang digunakan oleh PayPal ternyata juga tidak luput dari sasaran peretas handal. Para peretas tersebut melakukan belanja sepuasnya menggunakan akun PayPal orang lain. Hal inilah yang menyebabkan dana Anda tiba-tiba berkurang padahal Anda tidak berbelanja.

Tidak Paham Kegunaan PayPal

Bagi Anda yang suka belanja online sebaiknya cari banyak informasi tentang pembayaran yang mudah dan efektif. Kebanyakan orang hanya ikut-ikut tren menggunakan PayPal tanpa mengetahui kegunaannya.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi