Tutorial | 15 Januari 2024
Oleh : Aditya R
Bisa dibilang, Tri (3) adalah salah satu operato seluler favorit anak muda di Indonesia. Hal ini senada dengan visi Tri untuk menjadi mobile lifestyle provider. Tarifnya disebut-sebut lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya. Selain itu, dengan internet sebagai produk andalan, Tri menawarkan bermacam-macam pilihan paket internet.
Menelusuri “cuitan” warga net di platform X (sebelumnya Twitter), rupanya masih banyak yang bingung dengan cara menggunakan kuota lokal Tri. Bila kamu salah satunya, yuk simak penjelasan berikut.
Baca Juga: Kehabisan Paket Data? Ini Dia Cara Ambil Pulsa Darurat 3!
Sumber: Liputan6
Setiap operator seluler punya ketentuan pemakaian sendiri. Namun, biasanya mereka membagi kuota data menjadi beberapa bagian agar pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Begitu pun dengan Tri; ada perbedaan antara kuota reguler/utama dan kuota lokal. Kamu hanya perlu memahami syarat serta ketentuan pemakaiannya.
Kuota lokal dari Tri adalah jenis kuota data internet yang hanya bisa dipakai di wilayah tertentu di Indonesia; selama 24 jam, di semua jaringan IOH—Indosat Ooredoo Hutchison. Sebagai informasi, Tri bergabung dengan Indosat Ooredoo pada 2022 dan membentuk IOH dengan mempertahankan brand Tri dan logo “3”.
Sumber: AsiaToday
Pada dasarnya, kamu tinggal mengisi paket data internet Tri untuk mendapatkan kuota lokal. Namun, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu, apakah lokasi kartu Tri kamu masuk dalam daftar area yang mendapat kuota lokal atau tidak. Begini caranya:
Akses laman resmi Tri melalui browser di ponsel maupun PC atau laptop di alamat berikut: https://kuotalokal.tri.co.id/home. Lalu:
Kamu bisa mengetahui ketersediaan kuota lokal melalui ponsel. Simak langkah-langkahnya berikut.
Selanjutnya, kamu bisa melihat detail info lokasi beserta sisa kuota lokal yang tersedia.
Mau lebih yakin apakah kamu bisa menggunakan kuota lokal di area kamu? Hubungi saja layanan pelanggan atau customer service (CS) Tri di nomor 123 atau 0896-440-0123 (dikenakan tarif Rp300/panggilan). Mintalah staff CS untuk membantu mengecek ketersediaan kuota lokal di area-mu.
Caranya mudah banget; kirim pesan WhatsApp ke nomor 0896-440-0123, kemudian minta cek lokasi pada staff CS. Opsi lainnya adalah bertanya melalui akun resmi Tri di berbagai sosial media, seperti Facebook, X, juga Telegram.
Sebagai catatan, kuota lokal tidak dijual terpisah, tetapi digabung dengan produk bawaan Tri yang kamu beli, seperti paket HAPPY dan AlwaysON. Dua paket unggulan Tri ini sama-sama memiliki kuota utama dan kuota lokal. Fungsi kuota lokal sama seperti kuota lain, tetapi kuota ini biasanya baru akan aktif setelah kuota utama habis.
Kuota lokal dari Tri bisa dipakai di semua jaringan IOH termasuk 2G, 3G, dan 4G. Ada beberapa kemungkinan bila kamu tidak bisa menggunakan kuota lokal. Apa saja?
Baca Juga: Cara Stop Paket Tri dan Pilihan Paket Terbaik
Lalu, bagaimana cara mengatasi bila saya tidak dapat menggunakan kuota lokal? Kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:
Lakukan langkah-langkah seperti disebutkan di atas untuk memastikan apakah kamu berada di zona kuota lokal atau tidak.
Coba ubah pengaturan jaringan di ponsel kamu. Caranya: buka pengaturan ponsel, ketuk “Jaringan Seluler”, lalu cari “Mode Jaringan”, kemudian pilih “4G/LTE Only”.
Bisa saja masa aktif kuota lokal Tri dan paket internet kamu sudah habis. Cek dulu masa aktifnya melalui USSD dial ke nomor *123# atau via aplikasi Bima+. Bila masa aktif dan pulsa habis secara bersamaan, paket internet kamu tidak bisa diperpanjang otomatis. Artinya, sudah waktunya isi pulsa dan beli paket internet yang baru.
Mau beli pulsa dan paket internet tanpa ribet? Pakai Flip aja! Metode pembayarannya lengkap, prosesnya juga cepat. Caranya: instal aplikasi Flip di ponsel, selesaikan registrasi pengguna baru, lalu masuk dan langsung pilih menu data. Selanjutnya, tinggal masukkan nomor Tri dan pilih paket yang ingin dibeli.
Ayo, download Flip sekarang, gratis!
Bagikan